fbpx

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi – Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system; di singkat OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Multi-tasking Operating System juga bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,[1][2] meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang di temukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Pengertian Sistem Operasi – Sebagian Sistem operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem operasi seperti ini di sebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).

Multi-tasking Operating System utama yang di gunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  • Sistem Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang di rilis pada tahun 2009, Windows 8 yang di rilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Di rilis pada Juli 2015)).
  • Sistem Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang di modifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang di modifikasi, dan di kenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  • Sistem Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa di sebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.15 (Catalina).

Pengertian Sistem Operasi – Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang di kembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Fungsi sistem operasi :

  • 1.Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  • 2.Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer di gunakan secara efisien.
  • S3.istem operasi yang di susun/di program sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien.
  • 4.Dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

 

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi