fbpx

Penjelasan apa itu SDLC, Waterfall dan Agile

Penjelasan apa itu SDLC

 

Penjelasan apa itu SDLC: Software Development Life Cycle

Penjelasan apa itu SDLC? Dan kenapa kita perlu mengetahuinya. SDLC adalah kepanjangan dari Software Development Life Cycle ialah Putaran Alur Pengembangan Sofware. Dia adalah framework yang mendefinisikan tugas-tugas di setiap tahap-tahap proses pengembangan. SDLC di miliki di setiap perusahaan software untuk mendesign, mengembangkan dan testing kualitas software.  Dia juga disebut sebagai Proses Software Development. SDLC memiliki beberapa method yang berbeda semisal Waterfall, Agile, Extreme Programming dan lain-lain. Selanjutnya SDLC perlu diketahui untuk memudahkan industry dalam tahap-tahap pengembangan software.

Metode Waterfall

Penjelasan apa itu SDLC

Penjelasan apa itu SDLC – Seperti namanya, Waterfal metode mempunyai formasi tahap seperti air terjun. Metode Waterfall adalah metode yang paling simple di bandingkan metode lainnya, sering di gunakan karena mudah di pahami, di gunakan, di implementasi. Method Watefall harus teratus dari 1 ke 2, 2 ke 3 dan seterusnya.

Seperti contoh gambar di atas, contohnya adalah kita harus menyelesaikah langkah pertama dahulu, yaitu Requirements Analysis. Setelah selesai dengan itu kemudian baru bisa masuk ke Design. Jika Design selesai, kita dapat melanjutkan ke Development. Seperti sebelumnya, jika Development sudah selesai kita baru bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu Testing. Dan yang terakhir baru bisa eksekusi Manintenance.

Penjelasan apa itu SDLC: Metode Agile

Penjelasan apa itu SDLC

Penjelasan apa itu SDLC – Metode Agile adalah sekelompok metode dalam pengembangan software berdasarkan prinsip yang sama. Hal ini juga termasuk dalam salah satu metode dalam jangka pendek. Agile membutuhkan adaptasi cepat dalam pengembangan software dalam setiap perubahan.

Penjelasan apa itu SDLC: Metode Extreme Programming

Penjelasan apa itu SDLC

Penjelasan apa itu SDLC – Metode Extreme Programming atau di kenal sebagai XP adalah model pengembangan software yang mencoba menyederhanakan berbagai langkah dalam pengembangan software tersebut sehingga menjadi adaptif dan fleksibel.

SDLC tidak hanya memiliki 3 metode, ada lebih banyak lagi metode-metode yang di milikinya. Selanjutnya dia tidak harus di gunakan dalam semua dalam waktu yang sama. Karena SLDC adalah adat industri yang di pilih dan di gunakan sesuai kebutuhan jalan perusahaan.

Terima Kasih.

 

Jangan lupa mampir ke Instagram Comtelindo yaa 🙂