fbpx

Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan Komputer

Pada artikel ini akan di ketahui perangkat-perangkat apa saja yang bisa di gunakan atau perangkat yang mendukung suatu jaringan komputer. Karena selain kita mengenal apa itu jaringan komputer, kita juga harus mengetahui perangkat apa saja yang di butuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer.

Maka untuk membangun sebuah jaringan komputer kita memerlukan perangkat-perangkat pendukung untuk menghubungkan komputer menjadi suatu jaringan.

Nah berikut ini merupakan beberapa perangkat perangkat jaringan yang biasa di gunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Unshield Twisted Pair (UTP)

Perangkat Jaringan Komputer
Unshield Twisted Pair (UTP)

Untuk yang pertama, kabel ini merupakan Kabel UTP yang baik di gunakan untuk membangun sebuah jaringan di dalam ruangan. Di bagi menjadi beberapa kategori yang di singkat dengan Cat (dalam Bahasa inggris), di mulai dari kategori 1 (Cat1) sampai Kategori 6 (Cat6). Kabel yang di gunakan dalam praktikum ini adalah Cat5 dengan kecepatan 100Mbps (Ethernet).

Shield Twisted Pair ( STP )

Perangkat Jaringan Komputer
Shield Twisted Pair ( STP )

Yang kedua, Kabel ini adalah adalah Kabel STP baik di gunakan untuk menghubungkan antar jaringan di dalam maupun luar ruangan. Kabel STP di lengkapi dengan pelindung berupa aluminium foil yang berfungsi untuk melindungi dari cuaca lembab maupun gangguan dari gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu komunikasi data.

Coaxial Cable

Perangkat Jaringan Komputer
Coaxial Cable

Lalu untuk yang ketiga, Kabel Coaxial merupakan kabel yang di gunakan untuk jaringan komputer menggunakan topologi BUS dan RING.

Fiber Optic

Perangkat Jaringan Komputer
Fiber Optic

Selanjutnya kabel fiber optic memiliki daya jangkauan lebih baik dari kabel jaringan lainnya.

Konektor RJ45

Perangkat Jaringan Komputer
Konektor RJ45

Berikutnya Connector RJ45 merupakan perangkat jaringan yangdigunakan sebagai konektor untuk kabel UTP dan STP.

Switch Atau HUB

Perangkat Jaringan Komputer
Switch Atau HUB

Hub atau Switch merupakan perangkat jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan antar komputer (PC). Secara sekilas switch dan hub terlihat sama, namun yang membedakan adalah cara kerjanya. Switch dapat bekerja dengan cara hanya meneruskan data dari komputer pengirim ke penerima secara langsung. Sedangkan hub akan bekerja sacara broadcast (layaknya broadcast pada Radio), yaitu walaupun komputer mengirim data ke salah satu komputer, akan tetapi semua komputer akan di laluinya sehingga kinerjanya lebih lambat di bandingkan switch.

Tang Crimping

Tang Crimping

Juga merupakan salah satu perangkat penting jaringan yang di gunakan untuk mengupas kulit kabel coaxial ataupun UTP/STP, selain itu di gunakan untuk mengkrimping RJ45.

LAN TESTER

LAN Tester


Perangkat Cable Tester ini berfungsi untuk menguji kabel UTP/STP setelah selesai di rakit untuk mengetahui apakah antar ujung kabel saling terhubung (tidak putus) atau tidak, dan untuk mengetahuinya apakah kabel tersebut terhubung atau tidak, Cable tester akan memberikan tanda berupa lampu indikator, sesuai dengan urutan kabel yang di test, apabila kabel tersebut tersambung maka lampu indikator akan hidup, dan apabila kabel bermasalah, putus atau masalah lainnya, maka lampu indikator pada LAN tester tidak akan hidup atau menyala.

Router

Router

Dan yang terakhir Router merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan (network) yang berbeda.

 

Jangan lupa untuk mampir ke Website kami untuk mendapatkan informasi menarik terkait teknologi yaa

Mampir juga ke Instagram kami 🙂

sumber: https://ekuilaz.wordpress.com/2017/11/13/pengenalan-perangkat-jaringan-komputer/