fbpx

3 Contoh Laporan Keuangan Bank (Neraca, Laba-Rugi, Kualitas Aktiva)

Contoh Laporan Keuangan Bank – Laporan keuangan atau bahasa kerennya adalah financial report adalah bentuk laporan yang menyajikan informasi seputar keuangan seperti arus kas, dll untuk suatu instansi. Nah, salah satu bentuk laporan keuangan adalah laporan keuangan perbankan.

Pada umumnya laporan keuangan untuk bank tidak terlalu berbeda dengan yang lain, tetapi memang karena bank adalah sebuah instansi / perusahaan yang besar maka bentuk pelaporan keuangannyapun juga lebih detail karena ada banyak aspek yang harus dilaporkan kepada pihak yang bersangkutan.  

1. Neraca Bank

Neraca bank adalah ikhtisar / informasi yang menunjukkan posisi harta, modal, kewajiban sebuah badan usaha pada periode waktu tertentu. Disebut neraca karena adanya keseimbangan antara harta, kewajiban dari satu pihak dengan pihak yang lain (pemodal) atau biasa disebut dengan balance sheet.

Definisi neraca bank lainnya adalah laporan keuangan yang digambarkan dengan sistematis untuk menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan yang didalamnya termuat harta, hutang, dan modal. Berikut ini adalah elemen neraca bank :

Kelompok Aset

Pertama Investasi Jangka Panjang

Kedua Aset tetap dan aset yang tidak berwujud

Selanjutnya Aset lancar

Terakhir Aset lainnya

Kelompok Kewajiban

Pertama Kewajiban Lancar

Kedua Kewajiban jangka panjang

Selanjutnya Kewajiban lainnya

Terakhir Kelompok Ekuitas

Modal saham

Disagio/Agio saham

Cadangan saldo laba

  1. Cadangan saldo laba

2. Laporan Laba-Rugi Bank

Laporan laba rugi bank adalah laporan akuntansi yang utama, di mana dalam laporan ini di tunjukkan hasil dari setiap unsur-unsur pendapatan dan beban bank dalam periode akuntansi tertentu sehingga dapat di tentukan bank tersebut untung atau rugi.

3. Laporan Kualitas Aktiva Produktif Bank

Aktiva bisa di katakan adalah jasa yang akan datang berupa jasa/uang yang dapat di uangkan kecuali jasa-jaa kontrak antar 2 belah pihak yang belum terlaksana dan di dalamnya terdapat kekuatan hukum bagi kelompok tertentu.

Itu tadi adalah beberapa contoh laporan keuangan bank yang dapat kami tampilkan. Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

sumber :

rocketmanajemen.com

 

Instagram Comtelindo