fbpx

Teknologi Terkini Yang Jadi Tren Di Tahun 2022

Teknologi Terkini Yang Jadi Tren Di Tahun 2022 – Teknologi terbentuk terus dalam mempermudah hidup manusia. Oleh karenanya, teknologi hendak terus berevolusi menjajaki pertumbuhan kebutuhan manusia. Kita saksikan bersama, masing-masing tahun kemunculan teknologi terkini terus memberi warna kehidupan manusia. Banyak aspek yang tersentuh teknologi mulai dari kedokteran, komunikasi, pembelajaran, pertanian, peternakan, pertambangan sampai ekonomi.

Walaupun tahun 2022 ruang gerak manusia senantiasa akan terbatasi karena pandemi Covid-19, teknologi terkini senantiasa muncul. Apa saja teknologi tersebut? Buat mengulasnya akan susah jika memisahkan dari pertumbuhan teknologi yang dikala ini terjalin. Berikut sebagian teknologi yang muncul pada tahun 2021 :

Berikut Tren Teknologi 2021

  • Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Robotic Process Automation (RPA) merupakan teknologi terkini berbentuk fitur lunak yang bekerja secara otomatis yang kita gunakan buat menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menanggulangi informasi, serta untuk membalas email. RPA sanggup mempermudah berbagai pekerjaan serta menganalisanya dengan sangat cepat serta akurat.

  • Hybrid Cloud

Teknologi terkini ini yaitu salah satu wujud transformasi digital. Teknologi ini ialah campuran dari public serta private cloud. Biasanya, industri menaruh informasi yang sensitif memakai private cloud. Sedangkan, layanan lain tersimpan pada public cloud. Nah, hybrid cloud banyak terpakai oleh bermacam industri berbasis teknologi buat tingkatkan keamanan serta ketahanan pada bisnis mereka.

  • Edge Computing

Edge computing (EC) merupakan teknologi terkini berupa paradigma komputasi terdistribusi, yang mendekatkan komputasi serta penyimpanan informasi ke sumber informasi. Perihal ini bisa meningkatkan waktu reaksi serta mengirit bandwidth. Industri semacam AWS (Amazon Website Services), Microsoft Azure, serta Google Cloud Platform populer mempunyai layanan EC yang sangat baik.

  • Quantum Computing

Quantum computing ialah wujud komputasi yang menggunakan fenomena kuantum semacam super posisi serta keterikatan kuantum. Teknologi terkini ini juga ke ikut serta dalam menghindari penyebaran Covid-19, serta buat meningkatkan vaksin potensial. Ini bisa tercapai berkat kemampuannya buat menanyakan, memantau, menganalisis, serta menindak lanjuti informasi dengan begitu gampang.

Quantum computing juga banyak terpakai oleh perbankan serta industri keuangan non-bank buat mengelola resiko kredit, perdagangan frekuensi besar serta buat mengetahui penipuan.

  • Teknologi 5G

Tadinya kita memahami teknologi 3G serta 4G dalam menjelajahi internet, memakai layanan berbasis informasi, tingkatkan bandwidth serta yang lain secara cepat. Tahun ini, kita menantikan lahirnya teknologi terkini pada komunikasi seperti 5G. Layanan ini mengandalkan teknologi mutahir semacam AR serta VR, bersama dengan layanan permainan berbasis cloud semacam Google Stadia, serta NVidia GeForce Now.

  • Internet of Thing (IoT)

Internet of Thing (IoT) ialah konsep yang mana objek yang mempunyai keahlian mentransfer informasi lewat jaringan tanpa membutuhkan interaksi manusia ke manusia ataupun manusia ke pc. IoT sudah tumbuh dari konvergensi teknologi nirkabel, Micro Electro Mechanical Systems (MEMS) serta Internet.

Sepanjang ini, IoT sangat erat hubungannya dengan komunikasi Machine to Machine (M2M) dalam bidang manufaktur serta listrik, perminyakan, serta gas.

  • Virtual Reality

Virtual Reality (VR), bersama dengan Augmented Reality (AR), serta Extended Reality (ER) ialah teknologi terkini yang muncul tahun ini. Dalam prosesnya, VR membenamkan user dalam sesuatu area sedangkan AR menyempurnakan area mereka.

Teknologi ini utamanya kita gunakan buat bermain permainan, tetapi penggunaannya terus menjadi luas, sebab dapat kita gunakan buat pelatihan. Misalnya, fitur lunak simulasi Virtual Ship yang kita gunakan buat melatih Angkatan Laut, Angkatan Darat, serta penjaga tepi laut Amerika Serikat (AS).

Inilah sebagian teknologi terkini yang timbul pada tahun 2021. Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, pasti saja kedatangan teknologi baru tidak akan menyudahi kita, sebab akan terdapat banyak inovasi ke depan yang lebih mempermudah pekerjaan manusia.

Arah Teknologi Terkini Pada Bidang Bisnis

Memandang sebagian teknologi terkini yang muncul sepanjang ini, berarti untuk industri buat senantiasa pembaharuan keahlian serta menyesuaikan diri teknologi. Berikut ialah arah teknologi di tahun 2022.

  • Otomatisasi Yang Memesatkan Kerja Manusia

Dengan otomatisasi, waktu yang kita butuhkan buat mengerjakan sesuatu pekerjaan jadi lebih cepat. Teknologi akan menuju pada perpendeknya rantai birokrasi, sehingga sesuatu pekerjaan yang umumnya berakhir dalam 1 pekan, bisa kita perpendek jadi 1 hari ataupun kita dapat akhir dalam hitungan jam.

  • Pengambilan Keputusan Yang Cepat

Teknologi ini hendak menuju pada percepatan suatu pengambilan keputusan. Dengan suplai informasi yang lebih kilat, industri ataupun pengambil kebijakan dapat lekas membuat keputusan.

  • Penghematan Biaya

Teknologi terkini akan berorientasi pada penghematan bayaran, baik itu penciptaan ataupun pemasaran.

  • Tingkatkan Respons

Dengan teknologi terkini, sistem akan bisa terintegrasi pada seluruh kantor cabang ataupun anak industri. Sehingga akan bisa tingkatkan kecepatan dalam merespons suatu. Pihak manajemen juga hendak dengan kilat mengenali keadaan yang terdapat tanpa wajib berkunjung ke kantor cabang yang jauh serta memerlukan bayaran akomodasi.

Teknologi Terkini Yang Jadi Tren Di Tahun 2022

Semacam yang sudah saya sebutkan tadinya, kedatangan teknologi terkini tidak akan menyudahi kita pada tahun ini. Karena, kemajuan ilmu pengetahuan akan senantiasa kita barengi dengan kedatangan teknologi-teknologi baru. Terlebih sifat alami teknologi merupakan dinamis, yang maksudnya perkembangannya senantiasa bergerak menjajaki pertumbuhan pada era serta tuntutan hidup manusia.

Teknologi Terkini Yang Jadi Tren Di Tahun 2022 bagi analis dari Gartner, pada tahun depan akan terdapat 8 tren teknologi terkini yang wajib kita perhatikan. Para pakar yakin teknologi-teknologi yang akan muncul ini sangat relevan, paling tidak sepanjang 6 tahun ke depan.

  • Internet of Behavior (IoB)

Internet of Behavior merupakan tren yang lagi tumbuh. Sebutan ini mengacu pada pengumpulan serta pemakaian apa yang kita ucap digital dust, ialah jejak digital yang sudah tertinggal orang dalam kehidupan tiap hari mereka.

Teknologi terkini ini sanggup muncul dalam wujud facial recognition, pelacakan posisi, serta Big Informasi. Tercantum dari ponsel pintar serta fitur yang bisa kita kenakan, serta sensor yang kita tanamkan pada badan manusia. Gartner memperkirakan, pada akhir 2026 lebih dari separuh populasi dunia hendak berpartisipasi dalam satu program IoB.

  • Intelligent Composable Business (ICB)

Ini merupakan teknologi terkini yang bisa menyesuaikan diri serta merekayasa ulang dirinya sendiri cocok dengan suasana. Kehadirannya membolehkan user memperoleh fungsionalitas yang kita perlukan dengan cepat. Teknologi tersebut bisa tersediakan oleh vendor ataupun kita besarkan dari rumah.

  • Jejaring Keamanan Siber

Cybersecurity mesh ataupun jaring keamanan siber merupakan teknologi terkini yang membolehkan user mengakses peninggalan digital dengan nyaman, yang mana juga peninggalan ataupun user terletak. Maksudnya, sistem proteksi hendak fokus pada pengorganisasian perimeter keamanan yang dekat tiap pengguna.

Kemunculan teknologi ini akan mengakibatkan meningkatnya permintaan akan teknologi cloud serta meningkatnya jumlah karyawan jarak jauh. Banyaknya karyawan yang bekerja jarak jauh, membuat sistem keamanan internal tidak lagi berperan.

Para pakar yakin kalau pada tahun 2026, jaringan keamanan siber akan menunjang lebih dari separuh permintaan manajemen akses digital.

  • Total Experience

Total Experience ialah wujud teknologi terkini yang mengkonsolidasikan pengalaman pelanggan, karyawan, serta user dengan area multi channel. Industri memerlukan strategi konsolidasi yang berpengalaman sebab interaksi jadi lebih mobile, virtual, serta terdistribusi.

Memakai informasi terkonsolidasi buat membuat strategi terpadu bisa membagikan khasiat yang kokoh untuk bisnis. Gartner memprediksi kalau industri yang mengadopsi Total Experience hendak mengungguli pesaing dalam metrik kepuasan pelanggan sepanjang 4 tahun ke depan.

  • Hyper Automation

Pada masa depan masih terdapat permintaan yang besar buat otomatisasi proses serta tugas manual yang kesekian. Oleh sebab itu, RPA senantiasa jadi tren berarti. Nah, otomatisasi berbasis tugas ini akan terus menjadi tergantikan oleh otomatisasi berbasis proses kata Gartner selaku Hyper Automation. Teknologi terkini ini menyiratkan pengoptimalan proses bisnis pada tingkatan yang baru secara kualitatif, mempraktikkan teknologi inovatif, tercantum kecerdasan buatan serta machine learning.

  • Anywhere Operation

Anywhere Operations merupakan model bisnis yang terancang buat menunjang pelanggan, karyawan, serta layanan dari mana saja di dunia. Trennya telah terdapat tadinya, namun pandemi 2020 sudah memesatkan pergerakan ke arah ini.

Gartner yakin kalau pada akhir 2022, 40% industri akan memakai teknologi terkini buat menunjang model bisnis” Anywhere Operation”, dengan mencampurkan interaksi virtual serta raga dengan pelanggan serta karyawan.

  • AI Engineering

AI Engineering merupakan teknologi terkini yang sediakan dalam rekayasa serta struktur kokoh, yang akan menekankan ketersediaan AI serta membenarkan skala serta pelaksanaannya. Gartner menyangka ini berarti, sebab bagi riset cuma separuh dari proyek AI yang bergeser dari prototipe ke implementasi.

AI Engineering kita dasarkan pada metodologi Data Ops, Model Ops, serta Dev Ops, serta menolong tingkatkan keandalan serta kinerja model AI, dan laba atas investasi yang kita peroleh pada industri dalam kecerdasan buatan.

  • Distributed Cloud

Teknologi terkini ini sanggup mendistribusikan layanan cloud ke sebagian posisi dari luar pusat informasi penyedia. Tetapi, tanggung jawab buat pembedahan, pengelolaan, serta pengembangannya senantiasa terletak pada tangan penyedia cloud.

Untuk industri, ini berarti bisa menciptakan pusat informasi serta layanannya pada posisi yang sama, yang kurangi latensi serta menolong mematuhi peraturan yang mengharuskan penyimpanan informasi pada zona geografis tertentu. Bagi Gartner, pada 2026, sebagian besar penyedia cloud akan sediakan sebagian wujud layanan ini.

Demikianlah sebagian tren teknologi terkini yang kita perkirakan akan muncul tahun 2022. Kedatangan teknologi-teknologi ini pasti menarik buat kita perhatikan, sebab akan terus menjadi mengganti pola kerja serta ikatan antar orang pada masa depan.

Kontak Kami

Teknologi Terkini Yang Jadi Tren Di Tahun 2022 – Bagi kalian yang inggin memiliki sebuah teknologi ini, anda bisa langsung segera konsultasi bersama kami. Caranya sangat mudah kalian cukup mengunjungi situs web kami di www.comtelindo.com atau bisa juga langsung lewat wa kami yang ada bagian bawah ini.

Internet of Things