fbpx

Sensor IoT Yang Sering Di Pakai Industri Besar Di Indonesia

Sensor IoT Yang Sering Di Pakai Industri Besar Di Indonesia – Ada beberapa jenis sensor IoT yang saat ini telah banyak kita gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, seiring dengan berkembangnya industri 4.0 pada bidang teknologi. Masing-masing dari peralatan tersebut memiliki karakteristik maupun keunggulan.

Teknologi pada alat tersebut sangat kita butuhkan karena menjadi solusi untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan efisien. Banyak di antaranya yang mampu meningkatkan produktivitas kerja manusia, hingga memecahkan masalah sesuai fungsinya.

Secara umum, sensor adalah perangkat yang mendeteksi dan merespons perubahan dalam suatu lingkungan. Input dapat berasal dari berbagai sumber seperti cahaya, suhu, gerakan dan tekanan. Sensor mengeluarkan informasi berharga dan jika terhubung ke jaringan, mereka dapat berbagi data dengan perangkat dan sistem manajemen lain yang terhubung.

Sensor sangat penting untuk pengoperasian banyak bisnis saat ini. Mereka dapat memperingatkan Anda tentang masalah potensial sebelum menjadi masalah besar, memungkinkan bisnis melakukan pemeliharaan prediktif dan menghindari waktu henti yang mahal. Data dari sensor juga dapat dianalisis untuk tren yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mendapatkan wawasan tentang tren penting dan membuat keputusan berdasarkan bukti.

Sensor datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa kita bangun khusus yang mengandung banyak sensor individual bawaan, memungkinkan Anda untuk memantau dan mengukur banyak sumber data. Dalam lingkungan brownfield, penting bagi sensor untuk memasukkan input digital dan analog sehingga mereka dapat membaca data dari sensor berikut.

Jenis Sensor IoT Untuk Industri Beserta Fungsinya

Berkat teknologi canggih yang kita sematkan pada sensor masa kini, alat tersebut telah menjadi salah satu penunjang produktivitas manusia sehingga mempercepat pertumbuhan industri. Implementasinya juga kita terapkan secara luas pada berbagai bidang.

  • Pengukur Kelembapan (Humidity)

Pengukur kelembapan (humidity) sering kita gunakan untuk mengukur jumlah uap air pada udara. Umumnya, alat ini banyak kita aplikasikan pada sistem pemanas, ventilasi, pendingin udara (HVAC) untuk kebutuhan industri hingga proyek perumahan.

  • Pendeteksi Panas (Heat)

Alat canggih ini terlengkapi oleh sirkuit dengan lampu LED yang menyala secara otomatis ketika mendeteksi panas. Penggunaannya secara umum terdapat pada alarm kebakaran, indikator suhu peralatan elektronik, dan industri manufaktur.

  • Sensor Getaran (Vibration)

Peralatan ini secara umum kita gunakan untuk mengukur tingkat getaran pada perangkat tertentu seperti mesin dan sejenisnya, dengan mengambil data berupa frekuensi hingga intensitasnya. Industri manufaktur banyak yang mengaplikasikan sensor ini.

  • Sensor Temperatur (Temperature)

Sensor suhu kita gunakan untuk mengukur jumlah energi panas, mendeteksi perubahan suhu pada sebuah area, perangkat permesinan, hingga perangkat elektronik. Pengaplikasiannya banyak kita terapkan pada bidang manufaktur peralatan, pertanian, hingga industri kesehatan.

  • Memeriksa Tekanan (Pressure)

Jenis sensor IoT lainnya adalah alat pengukur tekanan yang kita gunakan untuk mendeteksi gas dan cairan pada mesin. Teknologinya juga kita pakai sebagai alat uji kebocoran dan perubahan tekanan oleh industri manufaktur.

  • Pengukur Jarak (Proximity)

Sensor jarak kita gunakan untuk deteksi objek non-kontak pada dekat sensor. Jenis sensor ini sering memancarkan medan elektromagnetik atau sinar radiasi seperti inframerah. Sensor jarak memiliki beberapa kasus penggunaan yang menarik. Di ritel, sensor proximity dapat mendeteksi gerakan antara pelanggan dan produk yang ia minati.

Pengguna sensor jarak banyak diimplementasikan pada industri ritel karena mampu mendeteksi gerakan antara pelanggan dengan produk yang kita sukai. Alat ini juga kita gunakan pada area parkir, jalur perakitan, dan distribusi manufaktur.

  • Memeriksa Kedalaman (Level)

Sensor level kita gunakan untuk mendeteksi jumlah zat tertentu pada sebuah alat seperti cairan, bubuk, dan material cair. Perusahaan minyak, pabrik minuman dan makanan, pengolahan limbah, merupakan pengguna utama peralatan ini.

  • Detektor Infra Merah (Infrared)

Jenis sensor ini merasakan karakteristik pada sekitarnya dengan memancarkan atau mendeteksi radiasi inframerah. Mereka juga bisa mengukur panas yang kita pancarkan benda. Sensor inframerah kita gunakan dalam berbagai proyek IoT yang berbeda termasuk perawatan kesehatan karena menyederhanakan pemantauan aliran darah dan tekanan darah.

Kemampuan utama dari alat ini adalah mendeteksi radiasi inframerah pada sebuah perangkat elektronik. Pengaplikasiannya banyak kita terapkan oleh industri IoT seperti manufaktur televisi digital, robotik, jalur perakitan mesin, dan lain sebagainya.

  • Sensor Optic (Optical)

Alat ini terbekali oleh teknologi yang mampu mengubah cahaya menjadi sinyal listrik secara otomatis. Karena berbasis optik, manufaktur otomotif menggunakannya pada jalur perakitan mobil dan industri kesehatan untuk melacak kanker.

Sensor optik memainkan peran besar dalam pengembangan mobil tanpa pengemudi. Sensor optik sangat umum pada ponsel pintar. Misalnya, sensor cahaya sekitar dapat memperpanjang usia baterai. Sensor optik juga digunakan dalam bidang biomedis termasuk analisis napas dan monitor detak jantung.

  • Akselerometer

Jenis sensor IoT seperti akselerometer kita gunakan untuk mendeteksi kecepatan gerak sebuah benda tertentu. Perusahaan pada bidang manufaktur, keamanan dan otomotif menggunakannya untuk melacak perubahan gerak berdasarkan kecepatan dari benda tersebut.

FungsiĀ  Aplikasi Sensor IoT Pada Industri

Jenis sensor untuk mendeteksi panas (heat), kelembapan (humidity), dan suhu (temperature), lebih banyak kita gunakan pada perusahaan manufaktur yang memproduksi alat berat, metalurgi, peleburan baja, hingga pertanian sebagai persiapan bercocok tanam.

Sedangkan sensor lainnya untuk melacak kedalaman (level), infra merah (infrared), optik (optical), jarak (proximity), kelembapan (humidity), banyak kita pakai oleh industri manufaktur yang bergerak pada istribusi minyak, otomotif, dan perakitan elektronik.

Teknologi sensor pada atas hampir semuanya kita butuhkan pada seluruh jenis industri era digital seperti saat ini. Meski demikian, implementasinya juga kita sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dari masing-masing perusahaan tersebut. Aktivitas tertentu yang tidak bisa kita selesaikan oleh manusia kini bisa kita lakukan dengan mudah berkat kemajuan pada bidang teknologi. Seperti beberapa jenis sensor IoT di atas, pekerjaan lebih efisien ketika dilakukan.

Otomisasi Industri telah banyak kita terapkan oleh industri manufaktur untuk meningkatkan efisiensi dalam proses produksi. PT COMTELINDO menyediakan produk industri untuk segala kebutuhan anda baik dalam industri manufaktur, pergudangan, dan lainnya.

Kesimpulan

Sensor IoT Yang Sering Di Pakai Industri Besar Di Indonesia – Dari semua sensor iot yang sudah mimin jelaskan banyak terdapat pada perusahaan besar guna untuk mempermudah dalam hal pemantauan dan meringankan pekerjaan.

Maka dari itu pentingnya bagi perusahaan besar menggunakan sensor ini dalam mengawasi pekerjaan agar bisa berjalan dengan lancar.

Untuk itu langsung saja gunakan iot sensor ini buat perusahaan anda dalam mempermudah proses pengontrolan saat proses pekerjaan berlangsung.

Bagi anda yang berminat dengan produk ini bisa melihat informasi pada bagian kontak kami pada bagian bawah ini.

Kontak Kami

Sensor IoT Yang Sering Di Pakai Industri Besar Di Indonesia – Jika kalian ingin memiliki sensor ini untuk industri kalian bisa segera menghubungi kami dengan cara mengunjungi situs kami www.comtelindo.com atau bisa juga melalui nomber wa kami pada bagian bawah ini.

Internet of Things