fbpx

Peraturan Jam Kerja Yang Wajib Kalian Tahu!

Peraturan Jam Kerja Yang Wajib Kalian Tahu!

Peraturan Jam Kerja – Jam kerja merupakan lama waktu yang dihabiskan seseorang karyawan buat melaksanakan pekerjaan. Gimana ketentuan jam kerja di industri tempat Kamu bekerja? Apakah menjajaki regulasi yang diresmikan pemerintah? Karena, secara universal, jam kerja sudah diatur oleh pemerintah serta industri hendaknya menjajaki ketentuan tersebut. Apakah Kamu telah mengenali ketentuan jam kerja yang berlaku dikala ini? Ikuti pembahasan sepenuhnya di dasar ini.

 

Ketentuan Jam Kerja Bagi Undang- Undang

Ketentuan jam kerja sudah diatur dalam Undang- Undang( UU) Cipta Kerja ataupun UU No 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. UU Cipta Kerja ini ialah pembaruan dari UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tidak hanya UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, terdapat pula Pasal 21- 25 Peraturan Pemerintah No 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Energi, Waktu Kerja serta Waktu Rehat, serta Pemutusan Jam Kerja yang mengendalikan tentang jam kerja. Dalam ketentuan yang terdapat tersebut, industri di perbolehkan buat memilah salah satu dari 2 skema jam kerja. 2 skema jam kerja tersebut merupakan:

 

7 jam satu hari ataupun 40 jam seminggu buat skema kerja 6 hari dalam seminggu

8 jam satu hari ataupun 40 jam seminggu buat skema kerja 5 hari dalam seminggu

 

Lama jam kerja tersebut belum meliputi jam rehat kantor. Jam rehat pula di atur dalam Undang- Undang, tepatnya Pasal 79 UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 yang setelah itu di perbarui dengan UU Cipta Kerja.

Terpaut jam rehat antara jam kerja, durasi minimun yang di resmikan merupakan separuh jam masing- masing hari kerja. Selaku contoh, John bekerja di PT N yang memberlakukan ketentuan 5 hari kerja dalam seminggu. Sehingga, dia wajib bekerja sepanjang 8 jam dalam satu hari. 8 jam dalam satu hari belum tercantum waktu rehat yang di berikan oleh industri tempat dia bekerja.

Contoh

John mulai bekerja jam 08. 00 Wib serta berakhir bekerja jam 17. 00 Wib. Sebaliknya, jam rehat yang diresmikan PT N merupakan sepanjang 1 jam, jam 12. 00- 13. 00 Wib. Walaupun dalam perhitungannya John terletak di kantor sepanjang 9 jam, mulai jam 08 pagi hingga 17 sore, namun jam kerja efektifnya yakni jam 08 pagi – 12 siang ( 4 jam) serta dilanjutkan jam 13 siang – 17 sore ( 4 jam). Jam kerja akumulatifnya senantiasa cocok dengan UU yang berlaku, ialah 8 jam.

Tidak hanya jam rehat antara jam kerja, ketentuan waktu rehat mingguan pula diatur pemerintah. Perihal ini tertuang dalam Pasal 22 Peraturan Pemerintah( PP) No 35 Tahun 2021. Industri harus membagikan waktu rehat ataupun libur sebanyak 2 hari buat skema kerja 5 hari dalam seminggu. Sebaliknya, buat skema kerja 6 hari dalam seminggu, industri harus membagikan libur sebanyak satu hari.

 

Jam rehat kerja di atur dalam Undang- Undang.

 

Jam Kerja Shift

Di kutip dari Hukumonline, ketentuan jam kerja pada poin di atas tidak mengendalikan kapan jam kerja di awali serta berakhir. Oleh sebab itu, skema kerja tersebut bisa di terapkan untuk pekerjaan dengan sistem shift. Undang- Undang tidak mengendalikan secara eksplisit kapan waktu kerja di awali serta berakhir. Bersumber pada skema jam kerja yang sudah di resmikan, satu shift terdiri dari optimal 8 jam ataupun 7 jam. Sebaliknya, jam kerja akumulatif sepanjang seminggu optimal senantiasa 40 jam, tidak boleh lebih dari itu. Terpaut waktu mulai serta berakhir, industri bisa mengendalikan jam kerja melalui peraturan yang di resmikan industri sendiri ataupun melalui perjanjian kerja, asalkan cocok dengan UU yang berlaku.

 

Sesungguhnya, tidak terdapat peraturan yang mengharuskan industri buat melapor ke Dinas Ketenagakerjaan bila industri mengganti waktu kerja. Pergantian waktu kerja yang di artikan merupakan jam kerja yang semula wajar jadi sistem shift. Tetapi, di sebagian industri, syarat jam kerja wajar jadi shift di atur dalam Peraturan Industri. Sedangkan, Peraturan Industri berlaku sehabis di sahkan oleh Menteri ataupun pejabat yang di tunjuk. Perihal ini cocok dengan Pasal 108 ayat( 1) UU Ketenagakerjaan. Hingga dari itu, bila terdapat pergantian jam kerja dari wajar jadi sistem shift, industri butuh melapor ke Dinas Ketenagakerjaan terdekat supaya di sahkan.

 

Jam Kerja Lembur

Sempatkah Kamu bekerja melebihi jam kerja yang di tetapkan? Dalam artian, Kamu wajib bekerja melebihi 7 ataupun 8 jam dalam satu hari sebab memerlukan waktu bonus buat mengerjakan suatu. Dengan catatan, industri mengenali kalau Kamu bekerja melebihi jam kerja yang di tetapkan serta menyetujuinya. Karyawan yang bekerja melebihi jam kerja yang di tetapkan di cap pula lembur. Syarat lembur di atur dalam Pasal 78 UU No 13 Tahun 2003 serta sudah di perbarui di UU Cipta Kerja.

 

Bagi UU Cipta Kerja, waktu lembur optimal merupakan 4 jam dalam satu hari serta 18 jam dalam seminggu. Bila karyawan memanglah wajib bekerja lembur, wajib terdapat konvensi antara karyawan dengan Human Resources( HR) industri. Perihal ini berkaitan dengan upah lembur yang hendak di terima karyawan. Lebih lanjut, syarat lembur pula di atur oleh pemerintah dalam PP No 35 Tahun 2021. PP No 35 Tahun 2021 mengatakan kalau lembur wajib di setujui secara tertulis serta/ ataupun lewat media digital. Setelah itu, persetujuan tersebut wajib di tandatangani oleh karyawan serta perwakilan industri.

 

Syarat lembur pula di atur dalam Undang- Undang.

 

Jam Kerja Zona Usaha Tertentu

Ketentuan jam kerja yang di paparkan di atas sudah di berlakukan oleh industri universal. Walaupun demikian, terdapat pengecualian ketentuan jam kerja buat sebagian zona usaha. Perihal ini di sebabkan ketidakcocokan dengan prosedur kerja pada indsutri yang di geluti. Sebagian zona usaha tersebut antara lain:

 

Zona usaha tenaga serta sumber energi mineral di wilayah tertentu

Ketentuan jam kerja buat zona usaha tenaga serta sumber energi mineral di wilayah tertentu di tuangkan dalam Pasal 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi No KEP- 234/ MEN/ 2003 Tahun 2003 tentang Waktu Kerja serta Rehat pada Zona Usaha Tenaga serta Sumber Energi Mineral pada Wilayah Tertentu. Pada peraturan ini, industri bisa memilah dari sebagian ketentuan jam kerja buat satu periode kerja.

 

Zona usaha perikanan di wilayah tertentu

Ketentuan buat zona ini di lansir dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi No Per. 11/ MEN/ VII/ 2010. Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi tersebut, industri bisa memilah 2 skema kerja dengan jam kerja optimal 12 jam dalam satu hari.

 

Zona usaha pertambangan universal di wilayah tertentu

Ketentuan buat zona usaha ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi No Per. 15/ MEN/ VII/ 2005 pasal 2. Dalam satu periode kerja, karyawan bekerja optimal 10 pekan berturut- turut dengan 2 pekan rehat. Sebaliknya, ketentuan jam kerjanya sama dengan zona tenaga serta sumber energi mineral di wilayah tertentu.

 

Zona usaha yang di jalankan terus menerus

Zona ini umumnya meliputi pekerjaan yang wajib di jalankan terus menerus tercantum pada hari libur. Skema kerjanya di atur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi No KEP- 233/ MEN/ 2003 Tahun 2003 Tentang Tipe serta Watak Pekerjaan yang Di jalankan Secara Terus Menerus.

 

Kesimpulan

Industri harus membiasakan syarat jam kerja dengan UU serta peraturan yang di resmikan oleh pemerintah. Demikian pula karyawan harus menaati ketentuan jam kerja yang di detetapkan oleh industri. Perihal ini berkaitan dengan ketertiban serta produktivitas karyawan dalam bekerja. Salah satu wujud ketertiban karyawan merupakan kedatangan karyawan. Kedatangan karyawan bisa dipantau lewat aplikasi absensi online. Lewat fitur pada aplikasi absensi online, Kamu bisa memandang informasi kedatangan karyawan dengan instan serta lebih efektif. Tertarik? Download aplikasi absensi online Kerjoo buat mendaftar!

 

Sumber: kerjoo. com

 

Jangan lupa mampir ke Instagram Comtelindo yaa 🙂