fbpx

Pentingnya Internet Untuk Ekonomi di Indonesia

Pentingnya Internet Untuk Ekonomi di Indonesia

Pentingnya Internet Untuk Ekonomi di Indonesia – Sudah tidak bisa di pungkiri lagi bahwa internet adalah hal yang sangat di butuhkan oleh masyarakat dunia. Bahkan di Indonesia, pemeratan jaringan internet menjadi hal yang sangat di perhatikan oleh pemerintah. Dilansir dari kompas.com, Internet dinilai mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Caranya, dengan menggunakan internet untuk membantu peningkatan bisnisnya masing-masing.

Dalam laporan “Peran Internet terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” yang dirilis oleh Deloitte Access Economics mewakili Google Asia Pasifik, menjelaskan, kontribusi internet terhadap ekonomi Indonesia mencapai 1,6 persen atau sekitar Rp 116 triliun atau setara 13 miliar dollar AS dari total pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia di tahun 2011.

Dalam lima tahun ke depan, kontribusi internet akan meningkat tiga kali lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan diharapkan mencapai 2,5 persen dari total PDB hingga 2016 atau mencapai Rp 324 triliun. Direktur Deloitte Access Economics Ric Simes menyatakan, pertumbuhan internet tersebut justru mengalahkan pertumbuhan industri lainnya, seperti tekstil dan produk kulit olahan.

Dengan menggunakan internet, para pelaku bisnis atau individu yang melakukan usaha di internet dapat meningkatkan pendapatan bisnisnya.

Manfaat internet yang di rasakan langsung oleh para pelaku bisnis di Indonesia adalah sebagai berikut:

– Mampu menggarap peluang pasar lokal (di rasakan oleh 78 persen responden)

– Biaya promosi yang murah (70 persen) Sistem distribusi yang murah (65 persen)

– Memperoleh pasar baru di Indonesia (60 persen)

– Dapat mengakses pasar yang lebih luas (15 persen)

“Kontribusi internet terhadap ekonomi Indonesia itu angka yang positif. Nilai tersebut akan berdampak ke sektor ekonomi lainnya sehingga juga akan meningkatkan PDB Indonesia,” kata Ric di Jakarta, Selasa (13/12/2011).

Dengan kekuatan internet, pembelanjaan di dunia maya (e-commerce) di perkirakan akan mencapai Rp 2 triliun atau setara 230 juta dollar AS selama 2010 atau kurang dari 0,1 persen dari PDB. Survei ini di lakukan Deloitte Access Economics terhadap 200 pengusaha usaha kecil dan menengah (UKM) di beberapa kota di Indonesia.

 

Sedangkan menurut detik.com, Chairman Yayasan Internet Indonesia, Jamalul Izza mengatakan potensi ekonomi digital yang besar di negeri ini, harus diimbangi dengan peningkatan penetrasi internet.

Merujuk riset yang dilakukan Google, Temasek, & Bain Company 2021 nilai ekonomi digital negeri ini mampu menyentuh angka USD 70 miliar dan diperkirakan bakal naik duakali lipat menjadi USD 146 miliar hingga tahun 2025.

Pentingnya Internet Untuk Ekonomi di Indonesia – Sejalan dengan itu, berdasarkan hasil survei penetrasi dan perilaku internet tahun 2021 yang di lakukan Yayasan Internet Indonesia bersama Polling Indonesia mencatat pengguna internet di Republik ini telah mencapai 220 juta atau 80.9 persen dari 272 juta penduduk.

“Jumlah pengguna internet tahun 2021 tumbuh sebesar 23 juta atau 7,2 persen. Angka pengguna internet di Indonesia itu termasuk sudah cukup besar untuk kriteria negara kepulauan,” kata Jamalul saat acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 yang digelar Kadin Indonesia, Yayasan Internet Indonesia serta bekerja sama dengan pemerintah Kota Surakarta di Edutorium UMS, Selasa (29/3).

Di lanjutkan Jamalul, sebagai negara kepulauan, tidak mudah untuk bisa merengkuh angka 80.9 persen penetrasi internet. Kerja keras seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengakselerasi jumlah pengguna internet patut di apresiasi.

BAKTI misalnya, Badan Layanan Umum (BLU) di bawah komando Kementerian Komunikasi dan Informatika ini, menargetkan sebanyak 7.904 lokasi BTS di bangun di wilayah 3T hingga akhir 2022.

“Dengan demikian, nantinya jumlah pengguna internet di Indonesia pun akan mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Pentingnya Internet Untuk Ekonomi di Indonesia – Bersamaan itu, seluruh pemangku kepentingan perlu mempersiapkan daya saing sumber daya manusia-nya (SDM). Jadi ketika seluruh usaha infrastruktur rampung, pemberdayaan SDM pun di harapkan tidak lagi gagap teknologi.

Maka, di butuhkan proses pembangunan dalam bentuk pendidikan teknis yang tepat-guna bagi calon tenaga-kerja era digital yang mampu bersaing serta adaptif terhadap kebutuhan teknologi yang terus berkembang seiring pesatnya inovasi teknologi di era digital.

“SDM tersebut harus siap berkontribusi langsung terhadap pembangunan berbasis teknologi digital, sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah pada khususnya, dan daya saing nasional pada umumnya,” tambah Jamalul.

Di sisi lain, dalam sambutan sekaligus meresmikan acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 secara virtual, Presiden Jokowi mengatakan, jika selama dua tahun pandemi, banyak pengusaha yang terdampak. Namun, di sisi lain memunculkan banyak inovasi, utamanya di dunia digital.

“Percepatan digitalisasi telah terjadi di seluruh pelosok Indonesia, yang menjadi solusi pengusaha di masa sulit pandemi Covid-19,” kata Jokowi.

 

Peran Penting Internet Dalam Pertumbuhan Ekonomi

 

Pentingnya Internet Untuk Ekonomi di Indonesia – Berikutnya ada manfaat internet dalam bidang pertumbuhan ekonomi yang sudah dilansir oleh olvista.com adalah sebagai berikut:

Menjadi Media Iklan

Internet telah menjadi media penting dalam memasarkan suatu produk. Melalui internet pemasaran dapat di lakukan dengan berbagai cara seperti melalui email, media sosial, toko online, forum, dsb, dengan sasaran audiens calon konsumen yang lebih tertarget.

 

Menyediakan Fasilitas Transaksi Keuangan Online

Adanya internet memungkinkan di lakukannya transaksi keuangan secara online. Anda dapat mentransfer uang, membayar rekening listrik, membuka deposito, dan lain sebagainya melalui internet. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat transaksi keuangan tanpa harus pergi ke bank, toko, atau gerai pembayaran rekening.

 

Menyediakan Peluang Kerja di Bidang Teknologi Informasi

Internet membuka banyak peluang kerja baru di bidang teknologi informasi. Banyak profesi baru yang di perlukan dunia internet misalnya perancang website, penulis media online, pengelola website, pengelola media sosial, dan lain sebagainya.

 

Menyajikan Pergerakan Harga

Anda dapat mengetahui pergerakan harga emas atau nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing di internet setiap saat. Para pelaku bisnis perdagangan valuta asing, emas, saham dan komoditi sangat terbantu untuk mengambil keputusan dengan cepat menggunakan informasi online yang selalu di perbarui (up to date).

 

Mempermudah Komunikasi Bisnis

Internet cenderung membuat orang-orang lebih terbuka dan banyak berbagi melalui mail list, forum, media sosial, blog, dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan pelaku bisnis untuk menemukan relasi. Bahkan orang awam sekalipun memiliki kesempatan berkomunikasi dengan pelaku bisnis, pakar bisnis, pemilik modal, dan lain sebagainya yang dapat menciptakan relasi bisnis.

 

Memangkas Jalur Distribusi

Internet memberi kemudahan dalam berkomunikasi sehingga dapat memangkas jalur distribusi. Pemilik toko dapat menghubungi langsung pihak produsen untuk mendapatkan barang dagangan tanpa harus melewati agen di daerah setempat.

 

Mempercepat Proses Transaksi

Internet dapat membantu mempercepat proses transaksi. Pemesanan barang dan jasa dapat di lakukan secara online hanya dengan mengisi formulir pemesanan online. Konsumen dapat melihat spesifikasi lengkap mengenai paket barang atau jasa yang di tawarkan penjual karena tersedia secara online tanpa harus bertatap muka.

 

Memperkecil Biaya Operasional

Internet menyediakan banyak fasilitas yang lebih murah bahkan gratis dengan tersedianya fasilitas chat, email, media sosial, forum, blog, dan website. Dahulu orang harus datang ke toko untuk membeli memilih dan membeli barang, sekarang hal ini bisa di lakukan secara online.

 

Memudahkan Pencarian Informasi Bisnis

Internet telah di gunakan secara luas untuk mencari berbagai informasi bisnis. Seperti lowongan kerja, penawaran kerjasama bisnis, seminar kewirausahaan, tutorial bisnis, hukum bisnis, perpajakan, dan lain sebagainya.

 

Meningkatkan Peluang Usaha Secara Global (Lintas Negara)

Internet memungkinkan transaksi bisnis di lakukan antar negara. Anda dapat menjual barang kepada pembeli dari luar negeri. Anda juga dapat menggunakan jasa konsultan asing secara online melalui internet.

 

Jangan lupa kunjungi Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan informasi tentang teknologi menarik lainnya.