fbpx

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3.

GNS3 Merupakan Aplikasi Simulasi Jaringan Free! Simak Uraian Lengkapnya!

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – GNS3 merupakan salah satu tipe aplikasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan simulasi jaringan pc yang menunjang bermacam berbagai merek ataupun vendor perangkat jaringan ataupun aplikasi semacam Cisco, Mikrotik, Linux, Windows, Firewall, dll.

Tidak seperti aplikasi simulasi jaringan yang lain semacam Cisco Packet Tracer yang cuma bisa melaksanakan simulasi fitur Cisco saja, GNS3 ini dapat digunakan buat berbagai macam merek serta tipe perangkat baik Switch, Router, Firewall, Server, dll.

Jadi intinya dengan memakai aplikasi GNS3 ini kita dapat mensimulasikan bermacam macam tipe fitur jaringan apalagi sistem operasi dalam satu aplikasi.

Kita tidak lagi repot – repot membuat lab secara fisik dengan memakai perangkat sungguhan yang pastinya ribet serta mahal karena wajib memiliki perangkat fisik nya. Tinggal pakai saja aplikasi GNS3 ini buat belajar membuat lab simpel ataupun yang kompleks sekalipun.

Serta yang lebih hebatnya lagi, semua itu dapat kita miliki dengan Free alias Gratis! Sebab GNS3 merupakan tipe aplikasi open source yang bisa digunakan oleh siapa saja secara bebas.

 

Sejarah GNS3

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – Buat lebih menguasai apa itu GNS3, ayo kita ikuti bersama sejarah pendek dari GNS3 ini:

GNS3 awal kali dirilis pada tahun 2008 selaku aplikasi simulator jaringan pc. Awal mulanya GNS3 cuma meniru fitur Cisco memakai perangkat lunak yang disebut Dynamips.

GNS3 saat ini sudah tumbuh serta menunjang lebih banyak perangkat dari bermacam vendor jaringan tercantum switch virtual Cisco, Cisco ASAs, Brocade vRouters, switch Cumulus Linux, Docker, HPE VSR, Mikrotik, Juniper, Fortigate, Sophos, beberapa perlengkapan Linux serta banyak yang lain.

Sampai saat ini ini GNS3 secara aktif dibesarkan, didukung serta mempunyai komunitas yang tumbuh dengan lebih dari 800.000 anggota.

Hingga kesimpulannya aplikasi GNS3 simulator ini telah lebih dari 10 juta kali diunduh di seluruh dunia. GNS3 digunakan di perusahaan – perusahaan besar di segala dunia termasuk perusahaan yang masuk di catatan Fortune 500.

 

Arsitektur Aplikasi GNS3

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – Selaku suatu aplikasi, GNS3 mempunyai arsitektur yang terdiri dari 2 tipe perangkat lunak (aplikasi) yang dapat kita pakai secara bersamaan, adalah:

GNS3-all-in-one software (GUI)

GNS3 virtual machine (VM)

 

Aplikasi GNS3-all-in-one

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – GNS3-all-in-one merupakan bagian aplikasi GNS3 yang berperan selaku client, di mana mempunyai bermacam fitur Graphical User Interface (GUI) seperti buat menggambar topologi serta pengaturan fitur yang akan di simulasikan.

Aplikasi GNS3-all-in-one bisa di install pada Komputer / Laptop yang memakai sistem operasi Windows, Linux, serta MacOS. Untuk dukungan sistem operasi sepenuhnya sebagai berikut:

  1. Pertama tama ada Windows 7 (64 bit)
  2. Yang kedua ada Windows 8 (64 bit)
  3. Berikutnya adalah Windows 10 (64 bit)
  4. Setelah itu Windows Server 2012 (64 bit)
  5. Selanjutnya Windows Server 2016 (64 bit)
  6. Lalu ada Mac OS X Mavericks (version 10. 9) and later.
  7. Dan yang terakhir adalah Linux

 

GNS3 Virtual Machine

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – Kala kita membuat topologi serta memasukkan bermacam fitur pada aplikasi client GNS3-all-in-one, fitur yang di masukkan dalam topologi tersebut butuh di simulasikan oleh Server.

Di sini kita di beri opsi buat memastikan akan memilih memakai server apa. GNS3 membagikan 3 opsi pemakaian Server, adalah sebagai berikut:

  1. Local GNS3 server
  2. Local GNS3 VM
  3. Remote GNS3 VM

Local GNS3 Server berjalan secara lokal pada Komputer / laptop yang sama di mana kita meng install aplikasi GNS3-all-in-one.

Misalnya Komputer kita memakai Windows, aplikasi GNS3 GUI serta local GNS3 Server berjalan selaku proses pada Windows. Proses tambahan akan muncul seperti Dynamips yang juga akan berjalan di Komputer yang sama.

Opsi berikutnya adalah opsi yang sangat direkomendasikan yaitu kita dapat memakai GNS3 VM sebagai server.

Kita dapat melaksanakan GNS3 VM baik secara lokal pada Komputer kita memakai aplikasi tambahan yaitu aplikasi Virtualisasi semacam VirtualBox, VMWare ataupun Hyper-V.

Ataupun kita juga bisa memakai GNS3 VM secara remote yang di install pada pc / server di posisi lain apalagi dapat juga memakai GNS3 VM di cloud.

Dengan catatan, kita selalu dapat memakai GNS3 tanpa memakai GNS3 VM. Perihal ini adalah langkah yang bagus buat mulai belajar memakai GNS3 tanpa butuh ribet melaksanakan instalasi aplikasi lain.

Tetapi butuh yang butuh di catat merupakan bila kita memakai GNS3 tanpa GNS3 VM maka akan terdapat muncul banyak keterbatasan pada topologi yang akan kita buat nanti. Tidak hanya itu, tanpa GNS3 VM tidak semua fitur dapat di jalankan.

Bila kita mau membuat topologi yang cukup kompleks serta memerlukan bermacam berbagai fitur jaringan yang dapat di gunakan, maka di rekomendasikan buat memakai GNS3 VM ini.

 

Kelebihan dan Kekurangan GNS3

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – Seperti aplikasi yang lain, GNS3 juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Perbandingan kelebihan serta kekurangan dari aplikasi GNS3 adalah sebagai berikut:

 

Kelebihan GNS3

GNS3 mempunyai bermacam kelebihan selaku berikut:

  1. Pertama tama GNS3 merupakan aplikasi Open Source serta bisa di gunakan seluruh orang secara Gratis
  2. Yang kedua GNS3 bisa di gunakan untuk mensimulasikan keadaan jaringan asli dengan fitur asli yang terdapat di dalamnya secara virtual
  3. Berikutnya GNS3 bisa di gunakan sebagai media pendidikan serta lab buat menekuni jaringan pc serta praktek buat sertifikasi misalnya CCNA ataupun MTCNA
  4. Selanjutnya tidak terdapat bayaran lisensi bulanan ataupun tahunan
  5. Tidak terdapat batas pada jumlah fitur yang bisa digunakan (batas cuma terdapat pada perangkat keras kita: CPU & memori Komputer)
  6. Menunjang bermacam opsi switching (NM-ESW16 Etherswitch module, IOU / IOL Layer 2 images, VIRL IOSvL2)
  7. Menunjang seluruh VIRL images (IOSv, IOSvL2, IOS-XRv, CSR1000v, NX-OSv, ASAv)
  8. GNS3 merupakan aplikasi network simulator yang menunjang area kerja multi vendor
  9. Bisa di jalankan dengan maupun tanpa hypervisor (GNS3 VM)
  10. Menunjang berbagai macam tipe hypervisor baik yang free ataupun yang berbayar (Virtualbox, VMware workstation, VMware player, ESXi, Fusion)
  11. Ada banyak appliance yang dapat di download secara free buat di gunakan pada GNS3
  12. Aplikasi dari bermacam berbagai vendor ada gratis
  13. Memiliki dukungan komunitas aktif yang besar dengan lebih dari 800.000 anggota komunitas

 

Kekurangan GNS3

Sebagian kekurangan dari GNS3 merupakan selaku berikut:

  1. Cisco IOS image wajib di sediakan sendiri oleh pengguna. Dapat unduh dari cisco.com ataupun membeli lisensi VIRL ataupun copy dari fitur Cisco asli.
  2. Aplikasi GNS3 butuh di install secara lokal pada sistem operasi yang di dukung.
  3. GNS3 bisa terdampak oleh setingan Komputer serta batas yang terdapat pada Komputer tersebut seperti pengaturan firewall serta security dan setingan policy tertentu.

 

Fashion Emulation serta Simulation

Penjelasan Lengkap Tentang GNS3 – GNS3 menunjang fashion emulation dan juga simulation pada fitur. Apa perbandingan keduanya? Berikut ini uraian perbandingan fashion emulation serta simulation pada GNS3.

 

Emulation

Pada fashion Emulation ini GNS3 meniru ataupun mengemulasikan perangkat keras (hardware) dari perangkat (device) sebenarnya dan melaksanakan images aslinya pada fitur virtual.

Contohnya, kita dapat meng-copy image Cisco IOS asli dari fitur Cisco sungguhan serta melaksanakan image tersebut pada area Virtual yang mengemulasikan Cisco Router / Switch pada GNS3.

Intinya GNS3 bisa memvirtualisasikan fitur asli, misalnya Switch Cisco dengan memakai image IOS dari fitur tersebut dan di jalankan pada aplikasi GNS3. Perihal ini pula dapat di coba pada merek ataupun vendor lain, seperti Mikrotik, dll.

 

Simulation

Pada fashion Simulation ini GNS3 mensimulasikan fitur serta fungsi – fungsi dari perangkat tertentu seperti switch, hub, Komputer.

GNS3 tidak melaksanakan sistem operasi sebenarnya seperi Cisco IOS, tetapi fitur simulasi yang di kembangkan oleh GNS3.

Misalnya perangkat bawaan yang terdapat di GNS3 semacam layer 2 Switch, Hub, Cloud, NAT serta VPCS.

 

sumber

tutorialmikrotik.com