fbpx

Pengukuran Tangki Otomatis Atau Automatic Tank Gauging

Automatic Tank Gauging

Tujuan dari Automatic Tank Gauging ialah buat mengukur isi tangki dan kapal buat pengendalian persediaan dan transfer tahanan. Sebagian besar pabrik proses memiliki tangki yang menampung bahan baku maupun produk jadi, dan sebagian dapat jadi memiliki lusinan tangki besar, kerap kali dengan besar dan diameter 50 kaki maupun lebih, menampung bahan baku maupun produk bernilai jutaan dolar. Pemantauan dan pengendalian volume isi tangki berarti buat membetulkan data yang akurat buat laporan keuangan, serta perencanaan dan penjadwalan penciptaan. Pengukuran yang tidak akurat dapat menimbulkan produktivitas suboptimal, kesalahan akuntansi, dan insiden zona melalui tumpahan.

Pemantauan tingkatan persediaan tangki secara tradisional mengaitkan 2 operator, satu di lapangan dan satu di ruang kontrol. Operator lapangan mengambil pembacaan dari pengukur ketinggian tangki, dan memberitahu operator ruang kontrol buat menghidupkan/mematikan pompa. Prakteknya mahal, menghasilkan bayaran ratusan ribu dolar masing – masing tahun. Tidak cuma itu, operator lapangan terpapar bahaya, tercantum jatuh dan uap berbahaya.

Buat tingkatkan keselamatan, efisiensi, dan akurasi, banyak pabrik memilah buat mengotomatiskan pengukuran tangki, dan mengintegrasikan informasi tingkatan tangki dengan sistem kontrol dan bisnis. Upaya tersebut harus terlebih dahulu mengumpulkan informasi berikut:

  • Peraturan dan standar yang relevan.
  • Tingkatan akurasi yang kita perlukan.
  • Guna bonus, mis. kontrol pompa, perlindungan overfill.
  • Persyaratan fitur lunak dan integrasi.
  • Jaringan yang terdapat maupun praktis, mis. kabel, nirkabel, seluler, serat optik.
  • Sifat- watak fluida yang terukur.
  • Konfigurasi, zona, dan properti tangki maupun kapal.

Prinsip Hidrostatik Automatic Tank Gauging

Bahan baku yang kita terima, transfer internal dan produk yang terkirim sering kita ukur dalam satuan volumetrik maupun berbasis massa yang tidak sesuai. Konversi dari volume ke massa dan sebaliknya sering terjalin, membutuhkan pengukuran yang akurat dari antarmuka air, kepadatan dan temperatur, serta tingkatan produk.

Baik tata cara pengukuran massa maupun volume dapat kita gunakan. Massa maupun volume dapat turun dari tingkatan massa dapat kita simpulkan melalui pemancar tekanan. Informasi bonus dapat kita peroleh dengan mengukur temperatur dan tekanan uap. Pengukuran densitas pula dapat kita tambahkan, dengan akurasi dari 0, 5% hingga 0, 1%. Tata cara mana pula yang terpilih, itu harus kompatibel dengan operasi segala pihak yang mengenakan data dari sistem.

Pengukur tangki hidrostatik( HTG) ialah tata metode tradisional berbasis tekanan buat mengukur isi tangki. Sistem HTG sederhana mengenakan pemancar tunggal pada bagian bawah tangki. Massa total material atas pemancar dapat kita hitung dengan mengalikan tekanan terukur dengan luas ekivalen tangki.

Automatic Tank Gauging

Dengan tingkatkan pemancar kedua pada jarak yang kita ketahui( biasanya 1,5- 2,5 m) atas pemancar sekarang, kerapatan material yang kita amati dapat kita hitung dari perbandingan tekanan. Tingkatan dapat kita hitung dari densitas dan pengukuran tekanan yang lebih rendah.

Pemancar ketiga dapat kita tambahkan ke ruang uap atas cairan buat mengimbangi akibat tekanan uap. Pendekatan ini umumnya tidak cocok buat tangki bertekanan bila mana tekanan tangki besar akan kita bandingkan dengan tekanan hidrostatik yang kita gunakan buat mengukur tingkatan tangki.

Mengenakan pemancar pintar digital yang sangat akurat, sistem HTG dapat mengukur massa hingga 0, 5% maupun lebih baik. Namun, sebagai instrumen tingkatan, akurasi HTG biasanya 40- 60 mm, yang dapat jadi tidak cukup baik buat transfer penyimpanan maupun penilaian nilai inventaris.

Sistem HTG pula mengukur kepadatan pada rentang terbatas di dekat bagian bawah tangki. Apabila tingkatan cairan bagian bawah pemancar atas, tidak ada pengukuran tekanan diferensial. Dan dalam sebagian aplikasi, densitas fluida kita dekat bagian bawah tangki berbeda dengan densitas tingkatan yang lebih besar. Stratifikasi kepadatan ini memiliki akibat yang signifikan pada nilai yang kita hitung buat tingkatan dan volume.

Sistem Berbasis Level Dalam Automatic Tank Gauging

Sesuatu alternatif buat HTG, sistem berbasis tingkatan mengenakan pengukur tingkatan dan mengombinasikan pembacaannya dengan pengukuran temperatur dan kepadatan yang terpisah. Temperatur kita ukur mengenakan spot maupun sensor temperatur rata – rata. Pengukuran temperatur rata – rata yang akurat sangat berarti buat mencapai perhitungan persediaan yang akurat, sangat utama kala temperatur cairan distratifikasi.

Kepadatan pada temperatur referensi dapat kita tentukan dengan analisis laboratorium dari ilustrasi yang kita ambil, maupun dengan mengenakan tabel referensi buat bahan yang karakterisasi dengan baik.

Volume pengamatan kotor ( GOV) kita peroleh dari pembacaan tingkatan dan tabel kapasitas tangki ( strapping). Volume standar kotor ( GSV) dihitung dengan mengoreksi GOV dengan aspek koreksi volume yang kita hitung dari temperatur, densitas pada temperatur referensi, dan tabel ASTM maupun API. Massa total sehabis itu dari hitung GSV serta kita kalikan dengan densitas pada temperatur referensi.

Koreksi dapat jadi kita perlukan buat sedimen dan air, mengenakan pengukuran antar muka yang telah tersediakan oleh instrumentasi tingkatan istimewa. Sistem pengukur tangki yang modern dan berbasis tingkatan dapat mencakup deteksi antarmuka, instrumentasi temperatur, sensor pengisian berlebih, dan kemampuan buat memprogram parameter pengikat dan kepadatan buat memberikan pengukuran yang lengkap.

Automatic Tank Gauging

Teknologi sensor yang berbeda beroperasi dengan tata cara yang berbeda, yang secara langsung pengaruhi tata cara pemasangannya. Sistem pengukuran tangki berbasis tingkatan dapat mengenakan pelampung maupun pelampung raga ( buat mengenali antarmuka antara 2 cairan yang tidak dapat bercampur), yang posisinya sepanjang probe vertikal dalam deteksi mengenakan pulsa magnetostriktif.

Bergantian, gelombang radar dapat kita kirim sepanjang panduan gelombang vertikal, diskontinuitas dielektrik di permukaan menciptakan refleksi yang dapat digunakan buat menghitung tingkatan. Radar pula dapat digunakan dalam mode” sinar terbuka” buat mengenali permukaan cairan.

Pendekatan ketiga yang berbeda ialah servo mekanis dan pengukur pelampung dan pita yang mengaitkan penyusutan pelampung maupun pemindah ke dalam tangki. Pergantian berat pelampung maupun pemindah di permukaan ( maupun antarmuka) menunjukkan tingkatan ketertarikan.

Segala membutuhkan pemasangan yang wajar buat akurasi. Sebagian besar hendak memerlukan sebagian tingkatan modifikasi tangki, dan bayaran tersebut dapat secara signifikan lebih besar daripada bayaran pemancar tingkatan. Bayaran terpasang sistem pengukuran tangki otomatis tercantum bayaran instrumentasi serta bayaran modifikasi tangki, kabel dan saluran, dan peralatan bonus.

Di Luar Tangki Automatic Tank Gauging

Pertimbangan instalasi bonus tercantum keselamatan, komunikasi dan peralatan bonus, semacam pemanas, display, modul lapangan dan fitur lunak. Banyak aplikasi pengukuran tangki mengaitkan produk yang mudah terbakar, zona berbahaya, dan paparan petir. Instrumen dapat jadi harus tahan ledakan, dan sirkuit sensor secara intrinsik aman.

Posisinya pada atas tangki penyimpanan membuat peralatan ini lebih rentan terhadap kehancuran petir, membutuhkan tata metode proteksi petir yang kita rancang dengan baik, terbukti dalam lapangan. Pentanahan dan pelindung yang cocok pula hendak membantu melindungi dari kehancuran akibat petir.

Opsi kabel, saluran dan komunikasi tidak sama buat segala tingkatan teknologi, terlebih kala pemancar kita tentukan dengan protokol keluaran yang sama. Dapat jadi ada perbandingan yang signifikan dalam harga dan ketersediaan.

Peralatan bantu dapat mencakup pemanas buat aplikasi cuaca dingin, konverter protokol buat protokol berpemilik, peralatan istimewa buat servis maupun instalasi, dan fitur lunak berlisensi. Survei website sederhana dan kutipan resmi dari produsen pengukur( dengan detail item baris) ialah tata cara terbaik buat membenarkan bayaran bonus dan menghindari kejutan.

Fitur lunak berkisar dari paket manajemen pengukur dasar hingga sistem manajemen inventaris yang terintegrasi dengan industri. Sistem manajemen inventaris dapat mengumpulkan data pengukuran dari sebagian pengukur tangki, memantau alarm dan parameter fungsional, serta menghitung volume dan massa inventaris secara real time. Volume dan massa harus kita hitung dengan tata cara yang sama semacam otoritas dan surveyor. Fitur lunak harus menyimpan parameter tabel tangki, menghitung volume yang sedang kita amati dan volume standar, benar buat air bebas, dan apabila berlaku, benar buat perendaman atap terapung.

Sistem dapat mengatur katup masuk dan keluar, menghidupkan dan mematikan pompa, menampilkan data dari pemancar lain, sajikan dokumen pengiriman, sajikan kurva tren, menampilkan grafik batang, melakukan deteksi kebocoran, menghitung laju aliran, mengatur relai pemberitahuan alarm, melakukan tugas diagnostik dan lagi.

Bayaran Siklus Hidup

Hampir segala teknologi pengukuran tingkatan dapat kita gunakan hampir segala tangki dan kita buat memenuhi persyaratan. Perbedaannya ialah bayaran siklus hidup, yang meliputi bayaran instalasi, pemeliharaan dan kalibrasi. Memahami segala pertimbangan pemasangan saat sebelum memulai akan menjauhi proyek melebihi anggaran dan meminimalkan sakit kepala.  Saat sebelum pekerjaan apa kita coba, jawablah pertanyaan – persoalan berikut:

  • Pertama apa jenis sumur penenang dan gimana pengaruhnya terhadap opsi pemancar tingkatan?
  • Kedua apa jenis dan ukuran koneksi proses, dan gimana pengaruhnya tercantum akses buat pemeliharaan?
  • Ketiga berapa banyak modifikasi yang kita perlukan buat tangki, dan berapa biayanya?
  • Berikutnya berapa total bayaran pemasangan kabel, saluran dan/maupun nirkabel yang terpaut dengan proyek?
  • Terakhir perlengkapan bonus apa ( semacam pemanas, display, dan modul lapangan) yang akan kita butuhkan, dan berapa biayanya?

Menekuni bidang pertimbangan pemasangan ini hendak membantu membenarkan teknologi mana yang sangat sesuai dengan tangki yang ada. Bicaralah dengan produsen pengukur tangki buat membenarkan persyaratan pemasangan pada masing- masing tangki, dan buat keputusan bersumber pada informasi tentang bayaran pemasangan sistem, bukan hanya spesifikasi instrumen.

 

Bagi kalian yang mau memiliki memiliki teknologi ATG ini bisa langsung konsultasi bersama kami www.comtelindo.com

Internet of Things