fbpx

Pengertian Linux Dan Contohnya Secara Singkat

LINUX

Pengertian Linux Dan Contohnya – Berikut ini definisi atau pengertian linux dan contohnya yang di bahas secara singkat. Saat ini umumnya masyarakat di Indonesia menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows buatan microsoft. Mungkin karena OS Windows lebih dahulu masuk ke Indonesia daripada OS lainnya. Seiring berkembangnya jaman dan juga teknologi, maka saat ini banyak sekali di kenal OS selain Windows di antaranya seperti macOS, dan Linux. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini mari kita kenali mengenai OS Linux yang sudah banyak di gunakan saat ini oleh para user/pengguna.

A. Apakah itu Linux?

Pengertian Linux Dan Contohnya – Yang di maksud Linux adalah perangkat lunak atau software sistem operasi yang sifatnya open source dan gratis untuk di dapatkan maupun di sebarluaskan dengan lisensi GNU. OS Linux merupakan turunan dari unix dan dapat di gunakan pada bermacam-macam komputer. Dengan Linux maka pengguna dapat memperoleh softawer yang lengkap dengan source code-nya. Bahkan pengguna dapat mengubah atau memodifikasi source code-nya, dan semua itu legal tentunya di bawah lisensi GNU.

Pada os Linux ini kebebasan dan gratis lah yang paling utama, sehinggga pengguna mendapatkan source code-nya dan tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para programer maupun para administrator. Sedangkan nama Linux di ambil dari nama yang membuatnya ialah Linus Torvalds, Linux di perkenalkan pada tahun 1991. Saat ini OS Linux sudah banyak di gunakan di Indonesia karena memiliki banyak keunggulan terutama untuk sistem operasi server karena sifatnya yang gratis dan sangat handal. Linux sendiri saat ini terus berkembang, beberapa sistem operasi linux yang populer misalnya seperti Ubuntu, Fedora, Debian, dan sebagainya.

Description: definisi linux

B. Apakah itu Distro Linux?

Pengertian Linux Dan Contohnya – Distribusi Linux atau disingkat dengan “Distro Linux” merupakan sebutan untuk sistem operasi linux yang di paketkan dengan software tertentu sedemikian rupa sehingga memiliki antarmuka dan fitur-fitur sesuai dengan keinginan pembuatnya, tentu saja dalam membuatnya menggunakan kernel Linux. Ada banyak sekali distro Linux, dan seiring berjalannya waktu akan semakin berkembang. Beberapa contoh Distro Linux yang di kenal saat ini misalnya seperti SuSE, Red Hat, Debian, Fedora, dan sebagainya.

C. Beberapa Contoh Linux

Pengertian Linux Dan Contohnya – Adapun beberapa contoh sistem operasi Linux, misalnya seperti:

a. Linux Red Hat

Merupakan salah satu sistem operasi linux yang sangat populer sekali, memiliki tampilan grafis di mulai saat melakukan instalasi, sehingga tergolong cukup mudah di gunakan.

b. Linux Debian

Merupakan sistem operasi linux yang sangat cocok di gunakan untuk komputer server, ada sejak tahun 1999 dan terus di kembangkan. Banyak sekali yang menggunakan debian sebagai sistem operasi untuk server karena cukup handal.  Debian kurang cocok jika di gunakan untuk komputer personal, karena di buat untuk server.

c. Linux Ubuntu

Merupakan OS Linux yang distribusinya berbasis kepada Debian. Ubuntu bisa di gunakan untuk komputer server, dan dapat di gunakan juga untuk komputer pribadi atau personal. Ubuntu merupakan salah satu OS Linux yang paling banyak di gunakan untuk komputer personal.

d. Linux Mint

Merupakan sistem operasi linux yang berbasis pada Debian dan juga Ubuntu. Sebenarnya Linux Mint merupakan perkembangan dari Linux Debian. OS ini di kembangkan untuk tujuan komputer persoal, Linux Mint sendiri memiliki 2 (dua) macam tampilan yaitu Cinnamon dan Mate. Sehingga pada Linux Mint dapat mengoperasikan aplikasi yang dapat di gunakan pada Ubuntu.

e. Linux Fedora

Merupakan distro linux yang berbasis RPM dan yum, di kembangkan oleh Fedora Project serta di dukung komunitas pemerograman, di sponsori oleh Read Hat. Misalnya pada fedora 24 yang mempunyai berbagai macam keunggulan baik itu dari segi platfrom maupun dari segi aplikasi.

f. Linux SuSE

openSUSE merupkan distro Linux yang open source, keunggulan dari  SuSE yaitu kelengkapan pustaka dan berlimpahnya aplikasi, support yang bagus serta mudah melakukan di teksi hardware. Selain Red Hat, SuSe merupakan distro Linux yang masih terus bertahan dan terus berkembang.

Itulah beberapa contoh dari OS Linux, masih banyak lagi yang lainnya misalnya seperti Linux centOS, Linux BlankON, dan lain-lain.

D. Kekurangan dan Kelebihan Linux

Pengertian Linux Dan Contohnya – Beberapa kekurangan Linux, misalnya seperti:

  • Masih ada pengguna/user yang belum terbiasa menggunakan OS Linux. Pada umumnya bukan karena tidak mengerti cara menggunakannya tapi masih belum terbiasa, karena banyak user yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan OS Windows.
  • Masih banyak hardware dari vendor-vendor tertentu yang kurang bershabat atau belum mendukung OS Linux.
  • Instalasi software belum semudah installasi pada OS Windows.
  • Bagi administrator sistem yang masih belum terbiasa menggunakan linux maka akan mengalami kendala, oleh karena itu di haruskan mempelajarinya.

E. Sedangkan beberapa keunggulan/kelebihan Linux, misalnya seperti:

  • OS Linux sifatnya open source dan gratis untuk didapatkan sehingga tidak memerlukan lisensi khusus. Pasti jika menggunakannya legal dan juga bisa di modifikasi.
  • Cukup aman, karena linux memiliki sifat yang multiuser. Misalnya jika ada user yang terkena virus, maka sulit menyebar ke user lainnya.
  • Saat ini sudah banyak software atau aplikasi yang dapat di gunakan pada OS Windows sudah dapat di gunakan pada Linux.
  • Memiliki tampilan GUI yang bagus, dan memiliki banyak sekali variasi.
  • Pada OS khusus untuk Server, Linux tergolong handal dan tentunya gratis di dapatkan. Sehingga banyak sekali yang menggunakan Linux sebagi OS Server karena berbagai macam kelebihan yang di milikinya.
  • Membutuhkan sedikit ruang penyimpanan untuk menginstallnya pada komputer.
  • Linux bisa di kembangkan oleh siapa saja, sehingga memiliki komunitas yang banyak.
  • Jarang sekali mengalami crash, dapat di katakan stabil.

Demikianlah penjelasan atau tulisan singkat mengenai pengertian Linux dan contohnya. Semoga penjelasan ini dapat dengan mudah pahami, dan tentunya dapat memberikan manfaat.

Source : http://www.pengertianku.net/2017/08/pengertian-linux-dan-contohnya.html