fbpx

Penerapan Smart City Luar Negeri & Dalam Negeri

Penerapan Smart City Luar Negeri & Dalam Negeri – Saat ini, pelaksanaan smart city bukan hanya sesuatu konsep ataupun impian masa depan. Berkat inovasi Internet of Things. (IoT), banyak sektor yang tumbuh pesat. Pemerintah Kota di bermacam negeri juga menggunakan teknologi nirkabel seluler serta Low Power Wide Zona Network (LPWAN) buat menghubungkan, serta tingkatkan infrastruktur, efisiensi, kenyamanan, dan mutu hidup untuk warga serta turis.

Apa Itu Smart City?

Smart city merupakan sesuatu kerangka kerja yang terdiri dari elemen Teknologi Data Serta Komunikasi (TIK) Pemanfaatkan teknologi tersebut kita gunakan buat meningkatkan, menyebarkan, serta mempromosikan aplikasi pembangunan berkepanjangan, guna menanggulangi tantangan urbanisasi yang terus menjadi bertambah.

Pada dasarnya, sebagian besar kerangka kerja teknologi tersebut merupakan sesuatu jaringan pintar antara barang serta mesin yang tersambung. Yang kita gunakan buat mengirimkan informasi memakai teknologi nirkabel serta cloud. Aplikasi IoT berbasis cloud dapat menerima, menganalisis, serta mengelola informasi secara real-time. Perihal tersebut bermanfaat buat menolong kota, industri, ataupun warga membuat keputusan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pelaksanaan smart city juga dapat tingkatkan mutu hidup warga. Sebab, mereka dapat tingkatkan distribusi tenaga, kurangi kemacetan kemudian lintas, hingga dengan tingkatkan mutu udara dengan dorongan dari IoT. Semacam contoh:

  • Lampu kemudian lintas yang tersambung, menerima informasi dari sensor mobil. Setelah itu, membiasakan irama serta waktu pergantian rambu buat memberitahukan keadaan kemacetan di jalur raya secara real-time.
  • Penerapan smart garbage, ataupun tempat sampah pintar. Yang mana akan secara otomatis mengirimkan informasi ke industri pengelola limbah serta menjadwalkan pengambilan cocok kebutuhan.
  • Menggunakan smartphone selaku SIM serta kartu ID pengendara dengan kredensial digital, yang dapat memesatkan serta menyederhanakan akses ke kota serta layanan pemerintah wilayah.

Gimana IoT Membuat Smart City Jadi Lebih Baik?

Konektivitas nirkabel yang nyaman serta teknologi IoT dapat mengganti elemen kehidupan tradisional jadi platform generasi pintar. Ruang lingkupnya mencakup integrasi tenaga surya serta menghubungkan sistem kontrol pusat berbasis cloud ke sistem lain dalam sesuatu ekosistem.

Selaku contoh, manajemen transportasi sewaan, sepeda. Dalam kota-kota besar yang sediakan sepeda free, pasti saja penanganannya tidak gampang, paling utama buat melindungi sarana supaya bertahan lama. Teknologi pengunci sepeda merupakan pemecahan yang telah ditawarkan oleh IoT. Teknologi ini memakai kunci proximity buat mengunci serta mengaktivasi pemakaian sepeda untuk warga universal.

Sistem akan melaksanakan sinkronasi dengan smartphone peminjam serta akan mengirimkan sinyal GPS di pemberhentian selanjutnya. Dengan ini, pihak swasta ataupun pemerintah dapat memantau pemakaian sarana publik lewat sistem, sehingga manajemennya jadi lebih baik.

Apa Teknologi Terbaik Buat Smart City?

Teknologi Low Power Wide Zona Network (LWAN) sesuai buat sebagian besar aplikasi smart city guna efisiensi bayaran dari tiap pemasangan. Teknologi ini tercantum LTE Cat Meter, NB-IoT, LoRa, Bluetooth, serta sebagian yang lain.

Tidak hanya itu, pemakaian Intelligent Video Analytics Recorder (IVAR), yang menolong kemanan publik ataupun industri juga tidak kalah berarti. IVAR membagikan informasi studi pasar secara real-time dengan memakai video. Pemakaian IVAR mempunyai bermacam khasiat, semacam:

  • Deteksi/pengenalan wajah
  • Analisis perilaku
  • Kecerdasan bisnis
  • Deteksi/pengakuan kendaraan
  • Deteksi objek

Salah satu industri IoT Solutions, Synnex Metrodata Indonesia memperkenalkan Gorilla Technology Intelligent Video Analytics Recorder, yang seluruhnya mengimplementasikan Intel Open VINO (Open Visual Inference & Neural Network Optimization), serta toolkit akselerasi AI Intel.

Pemakaian Gorilla IVAR hendak menunjukkan kenaikan kinerja 50% dalam analitik video, sehingga membolehkan fitur low-end buat dapat menganalisis 150% lebih banyak feed video secara bertepatan secara real-time. Pemakaian IVAR pastinya sangat sesuai buat menolong pelaksanaan smart city, smart company, serta yang lain. Bila Kamu tertarik buat mengenali lebih lanjut tentang Gorilla IVAR, Kamu dapat cari ketahui disini.

Baca Juga Keuntungan Memakai IoT Backend Selaku Layanan

Contoh Penerapan IoT Pada Smart City Luar Negeri

  • Amsterdam

Amsterdam mengawali inisiatif smart city pada tahun 2009 serta mencakup lebih dari 170 proyek. Mereka berbagi informasi kemudian lintas serta transportasi ke pihak pengembang, buat kita buatkan aplikasi pemetaan yang tersambung ke sistem transportasi kota.

Tidak hanya itu, Amsterdam membuat kapal pengiriman otonom yang diucap selaku roboats, buat mengendalikan seluruh suatu berjalan dengan pas waktu. Mereka pula membuat desa terapung yang dapat membongkar permasalahan kepadatan kota dengan alternatif berkepanjangan yang hemat listrik.

  • Copenhagen

Kota ini menggunakan informasi terbuka serta bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) buat meningkatkan sistem sepeda pintar yang inovatif. Mereka mempraktikkan sensor yang sediakan data secara real-time buat pengendara serta administrator informasi. Setelah itu, informasi tersebut kita bagikan buat memantau serta mengelola mutu udara serta kemacetan kemudian lintas.

  • San Diego

San Diego memakai kamera yang terpasang pada lampu jalur, yang tersambung buat memantau kemudian lintas pejalan kaki serta alihkan rute mobil pada jam-jam padat jadwal. Perihal ini berguna buat menjauhi musibah untuk pejalan kaki serta kurangi kemacetan.

  • London

London akan mengawali uji pada proyek parkir pintar, yang membolehkan pengemudi menciptakan tempat parkir dengan cepat.

Baca Juga Ini Fungsi Internet of Things (IoT) Pada Industri Travel Di 2022

Contoh Penerapan IoT Pada Smart City Dalam Negeri

  • Jakarta

Jakarta Smart City selaku unit pengelola kota pintar seperti DKI Jakarta sudah mengaplikasikan teknologi tersebut bermacam bidang, antara lain selaku berikut, Kamera pengaman Online, Pelacak Posisi Truk Sampah, Pelacak Posisi Bis Trans jakarta, Teknologi CityTouch, Automatic Water Tingkat Recorder.

  • Surabaya

kota Surabaya sudah unggul dalam mempraktikkan rencana strategis pemakaian TIK, mengaitkan masyarakat dalam pengambilan keputusan, memakai sistem administrasi kependudukan yang terintegrasi, sistem administrasi perizinan, partisipasi masyarakat, serta sistem monitoring zona publik. Pada jenis Smart Living, Kota Surabaya unggul dalam bermacam sarana pembelajaran ataupun sarana berarti yang lain yang diterapkannya, ialah meliputi penerimaan murid baru secara online, portal pariwisata, Kamera pengaman pemantau kemudian lintas, traffic management center, sarana wifi free pada tempat publik, sekolah online, serta lain sebagainya.

  • Bandung

Bukan cuma Jakarta dan Surabaya, kota Bandung juga terdukung dengan bermacam sarana semacam Global Positioning System (GPS) Tracking sebanyak 50 serta Closed Circuit Television (Kamera pengaman) sebanyak 4000 yang terpasang dalam wilayah rawan pelanggaran kemudian lintas, kriminalitas serta musibah. Pemantauan puluhan Kamera pengaman mutahir dalam BCC yang terdukung oleh sistem yang kita ucap Intelligent Operations Center (IOC), yang mempermudah operator dalam mengawasi keadaan kota. Tetapi secara totalitas, pelaksanaan 3 poin semacam control, connect, serta observe.

  • Yogyakarta

Tidak hanya kota Yogyakarta juga mempunyai konsep smart city terus menjadi tumbuh dengan mempraktikkan 7 ukuran Smart City ialah smart economy, smart people, smart governance, smart mobility, smart environment, smart living, serta smart disaster management. Visi Yogyakarta mempunyai 4 ialah pariwisata, pembelajaran, budaya serta pusat pelayanan jasa.

Kesimpulan

Masa depan IoT serta smart city mempunyai keahlian yang tidak terbatas, yang pastinya akan menunjang perkembangan kota tiap tahunnya. Serta kita harapkan kalau pelaksanaan smart city dapat membuat seluruh kota jadi lebih nyaman serta efektif.

Bagi kalian yang mau menerapkan teknologi IOT dan Smart City ini kalian bisa langsung konsultasi bersama kami www.comtelindo.com atau hubungi no kami pada bagian bawah ini.

Internet of Things