fbpx

Password Default Mikrotik

Seperti Ini Cara Mengetahui Password Default Mikrotik

Password Default Mikrotik – Password Default Mikrotik merupakan pasword awal yang diberikan pabrikan pada perangkat Mikrotik baru ataupun perangkat Mikrotik yang di reset.

Bila Kamu membeli perangkat Mikrotik baru, umumnya di sertakan pula kertas petunjuk metode atau cara login ke Mikrotik, tercantum default password mikrotik nya.

Tetapi bila kertas itu hilang atau Kamu tidak memperoleh nya, pasti membuat Kamu bingung gimana cara login ke Mikrotik nya.

Perihal yang sama pula terjadi saat kita melakukan reset pada perangkat Mikrotik kita, maka username serta password akan kembali ke awal (default) pabrikan nya.

Password Default Mikrotik ini sangat penting untuk dikenal apalagi wajib diingat, biar kedepannya bila Mikrotik di reset ataupun saat beli Mikrotik baru tidak kebingungan mencari username dan password default Mikrotik.

 

Metode atau Cara Mengetahui Password Default Mikrotik

Untuk Kamu yang bingung Apa Username serta Password Defaut Mikrotik? Berikut ini kami bagikan jawabannya beserta uraian tentang Default Setting Mikrotik nya.

IP Address Default Mikrotik: 192.168.88.1/24 pada port ether1

Mikrotik Default Username: admin

Mikrotik Default Password: (kosong / tanpa password)

 

Metode atau Cara Login Mikrotik dengan Password Default Mikrotik

Password Default Mikrotik di atas bisa di gunakan buat login ke Mikrotik baik memakai Winbox, Webbox, Telnet, SSH, ataupun Console.

Triknya tinggal akses ke IP default mikrotik 192.168.88.1 serta masukkan username: admin, password: kosong / tanpa password.

Tetapi harus di ingat buat login memakai IP default Mikrotik ini pastikan IP address Komputer / Laptop Kamu telah satu network dengan IP tersebut.

Bila belum, maka IP default mikrotik itu tidak dapat di akses. Buat dapat mengakses nya silakan ubah IP Address Komputer / Laptop Kamu terlebih dulu, misal memakai:

IP Address: 192.168.88.2

Subnetmask: 255.255.255.0

Gateway: 192.168.88.1 (dapat pula di kosongi)

 

Metode atau Cara Mengubah Password Default Mikrotik

Setelah bisa login ke Mikrotik, misal login ke mikrotik memakai Winbox, hal utama yang wajib di lakukan adalah mengubah user serta password default Mikrotik nya.

Hal ini sangat penting buat melindungi keamanan dari perangkat Mikrotik kita biar tidak gampang di bobol orang. Tetapi kadangkala kita malas mengubah password default mikrotik ini yang berdampak pada mudahnya Mikrotik buat di hack.

Nah, buat mengubah password default mikrotik ini, triknya adalah:

1. Yang pertama kamu harus masuk ke Winbox.

2. Klik Menu System => Users => dobel klik user admin => klik Password => Masukkan Password baru pada kolom yang disediakan 2 kali.

Untuk lebih amannya lagi, kita dapat membuat user serta password baru, setelah itu menghapus user admin. Hal ini ini jauh lebih aman sebab orang – orang tidak mengetahui username Mikrotik Kamu, sehingga akan lebih sulit buat di bobol.

Demikianlah Bimbingan Mikrotik tentang Metode atau Cara Mengetahui Password Default Mikrotik dengan gampang.

 

Terima Kasih atas kunjungannya serta mudah- mudahan Bimbingan Mikrotik Indonesia ini berguna.

 

sumber

 

tutorialmikrotik.com