fbpx

Metode Memasukkan Cisco IOS ke GNS3

Metode Memasukkan Cisco IOS ke GNS3 serta Mengkoneksikan ke Mikrotik

Metode Memasukkan Cisco IOS ke GNS3 – GNS3 juga dapat menjalankan Switch Cisco dan Router Cisco yang bisa juga dikoneksikan ke Mikrotik. Triknya dengan memasukkan image IOS Cisco ke GNS3 seperti pada Mikrotik. Tetapi buat metode import file image Cisco berbeda dengan Mikrotik, sebab Cisco memakai Dynamips sedangkan Mikrotik memakai Qemu buat emulator nya. Buat metode memasukkan Mikrotik ke GNS3 telah kita bahas pada tutor GNS3 Mikrotik sebelumnya. Pada postingan kali ini akan kita bahas bagaimana metode buat memasukkan image Cisco IOS ke GNS3 serta menghubungkan Cisco Switch ke Mikrotik di GNS3.

 

Metode Unduh Image IOS Cisco GNS3

Saat sebelum kita dapat memakai Cisco di GNS3, kita wajib memiliki file Image IOS Cisco nya yang setelah itu dapat kita import ke GNS3. Untuk sobat yang belum memiliki file IOS GNS3 Cisco dapat unduh dahulu.

 

Metode Memasukkan Image Cisco IOS ke GNS3

Image Cisco IOS nya dapat di gunakan buat memasukkan fitur Cisco Router dan juga Cisco Switch. Buat proses metode memasukkan Cisco nya ke GNS3 nyaris mirip triknya.

 

Metode Memasukkan Cisco Router ke GNS3

  1. Bila sobat telah unduh file image Cisco IOS nya, silakan buka aplikasi GNS3 nya.
  2. Masuk ke menu Edit => Preferences => masuk ke bagian Dynamips => IOS routers => Klik New
  3. Pilih Run this IOS router on the GNS3 VM => Next => New Image => Masukkan image IOS nya => Open => Next
  4. Beri nama image nya misal Cisco Router => Platform c3725 => Next => Kita dapat pilih nilai RAM yang ingin diberikan ke Cisco nya => Next => Kita dapat memasukkan slot Network adapter ke Cisco nya => Next => Kita dapat memasukkan Wireless Interface Card (WIC) pada Cisco nya => Next
  5. Terakhir serta yang sangat berarti, klik Idle => PC finder => tunggu hingga proses nya berakhir => Finish

 

Metode Memasukkan Cisco Switch ke GNS3

Triknya nyaris sama seperti metode memasukkan Cisco Router ke GNS3 di atas. Bedanya cuma pada langkah ke 4 kita pakai Platform c3725 serta centang This is an EtherSwitch router. Selebihnya sama saja dengan metode sebelumnya.

 

Sumber

tutorialmikrotik.com