fbpx

Metode Memakai GNS3 Mikrotik Konek Winbox serta Internet

Metode Memakai GNS3 Mikrotik Konek Winbox serta Internet

Metode Memakai GNS3 Mikrotik – Membuat lab simpel dengan memasukkan Mikrotik ke GNS3 serta remote memakai Winbox dan koneksi ke Internet akan kita bahas pada tutor GNS3 Mikrotik kali ini.

Seperti yang telah dipaparkan pada postingan lebih dahulu, kita dapat memakai Mikrotik buat membuat lab simpel pada GNS3. Tidak cuma Mikrotik, terdapat sebagian fitur jaringan serta server yang dapat digunakan pula pada GNS3.

Kali ini kita akan fokus buat mengulas metode import image Mikrotik CHR ke dalam GNS3 untuk dapat melakukannya serta remote memakai Winbox setelah itu koneksikan ke Internet.

Dengan metode ini kita dapat belajar Mikrotik tanpa RouterBoard memakai GNS3. Lebih dahulu juga telah di bahas tentang Metode belajar Mikrotik tanpa RouterBoard memakai VirtualBox.

Tetapi terdapat sebagian keterbatasan bila kita memakai VirtualBox serta pula cukup susah mengkoneksikan ke VM yang lain. Sehingga pemecahan terbaik nya merupakan kita pakai GNS3 Mikrotik ini.

 

Metode Install GNS3 di Windows & Linux

Metode Memakai GNS3 Mikrotik – Saat sebelum kita mulai tutor GNS3 Mikrotik nya, pastikan dahulu sobat telah Install GNS3 di Komputer / Laptopnya ya. GNS3 ini dapat di install pada Sistem Operasi Windows, Linux serta MacOS.

 

Metode Memasukkan Mikrotik ke GNS3

Metode Memakai GNS3 Mikrotik – Bila sobat telah sukses melaksanakan install GNS3 dan menghubungkan ke GNS3 VM di VirtualBox, kita lanjutkan buat proses import Mikrotik ke GNS3.

Di sini kita memakai image Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) yang dapat di unduh secara free di web nya Mikrotik.com. Image Mikrotik CHR ini akan di emulasikan memakai aplikasi Qemu bawaan dari GNS3 nya.

 

Metode Unduh Mikrotik CHR

Metode Memakai GNS3 Mikrotik – Buat melaksanakan unduh Mikrotik CHR silakan masuk ke web Mikrotik.com => Masuk ke menu Software.

Pada halaman unduh Mikrotik tersebut scroll ke bawah sampai menemukan link unduh Mikrotik Cloud Hosted Router. Pilih image yang Raw Disk Image serta klik icon Disket pada bagian Stable buat melaksanakan unduh.

Bila file image Mikrotik CHR telah berhasil di unduh, silakan buka file nya serta extract isinya. Bila sudah, kita lanjut proses import file image mikrotik CHR tersebut ke dalam GNS3 nya.

 

Metode Import Mikrotik CHR ke GNS3

  1. Buka aplikasi GNS3 serta tunggu hingga GNS3 VM nya berjalan serta konek ke GNS3 nya
  2. Masuk ke menu Edit => Preferences
  3. Masuk ke bagian QEMU => Qemu VMs => Klik New => pilih Run this Qemu VM on the GNS3 VM => Next
  4. Masukkan nama VM nya, misal diisi nama Mikrotik => Next
  5. Kita dapat merubah nilai RAM yang akan diberikan ke Mikrotik nya, dapat dibiarkan cocok aslinya saja => Next => telnet => Next
  6. Pilih New Image serta cari file Mikrotik CHR yang telah di Extract tadi => Open => Finish

Sampai di sini kita telah sukses memasukkan Mikrotik ke dalam GNS3 nya.

 

Metode Edit Mikrotik CHR di GNS3

Metode Memakai GNS3 Mikrotik – Sehabis image Mikrotik CHR nya di masukkan ke GNS3, Kita dapat jalani edit buat melaksanakan customisasi pada Mikrotik nya. Misalkan mau meningkatkan network interface nya dari 1 port jadi 10 port.

Kita dapat pula mengubah icon ataupun logo Mikrotik nya, dapat mengubah nama pula, serta masih banyak lagi yang dapat kita jalani buat customisasi Mikrotik nya.

Triknya bisa dengan klik tombol Edit, maka akan timbul jendela konfigurasi Mikrotik nya. Terdapat sebagian tab yang berisi bermacam berbagai konfigurasi sesuai fungsinya.

Bila mau menaikkan port ethernet nya masuk ke tab Network, pada bagian Adapters ubah angka 1 jadi berapapun terserah, misalkan di tukar jadi 10 hingga Mikrotik nya akan mempunyai 10 Port Ethernet.

 

Metode Memakai Mikrotik di GNS3

Metode Memakai GNS3 Mikrotik – Bila langkah – langkah di atas tadi sudah sukses di coba, kita sudah dapat mulai memakai Mikrotik nya ke dalam topologi GNS3. Triknya sangat gampang, tinggal drag & drop icon Mikrotik pada bagian panel device kiri ke bagian kanan.

Kita dapat memasukkan lebih dari satu Mikrotik ke dalam topologi nya. Buat menghubungkan antar fitur kita dapat sambungkan dengan kabel yang terdapat di bagian panel kiri dasar.

Buat menyalakan fitur Mikrotik nya dapat satu per satu dengan klik kanan di icon Mikrotik nya setelah itu klik Start. Ataupun dapat sekalian menyalakan seluruh fitur yang terdapat di topologi dengan klik tombol Start pada bagian atas menu GNS3.

 

Sumber

tutorialmikrotik.com