fbpx

Metode Install GNS3 di Windows 10 serta Linux Ubuntu Lengkap!

Metode Install GNS3 di Windows 10 serta Linux Ubuntu Lengkap!

Metode Install GNS3 di Windows 10 – Buat bisa memakai aplikasi GNS3, kita wajib melakukan instalasi GNS3 nya terlebih dulu. Cara install GNS3 bisa dicoba dengan gampang, baik install GNS3 di Windows ataupun di Linux.

Seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya, GNS3 merupakan aplikasi simulasi jaringan pc yang bisa digunakan untuik membuat lab simpel secara virtual yang menunjang banyak merek perangkat.

Aplikasi GNS3 ini sangat sesuai digunakan untuk belajar membuat lab simpel, ataupun membuat simulasi jaringan saat sebelum diimplementasikan ke jaringan sesungguhnya.

Pada kesempatan kali ini Kita akan mengulas Tutor Metode Install GNS3 di Windows 10 serta Linux Ubuntu. Karena kedua sistem operasi ini yang lumayan banyak digunakan oleh masyarakat belum lama ini.

Untuk sobat yang memakai sistem operasi lain misalnya Windows 7 ataupun Linux Mint dapat menyesuaikan, sebab prosesnya instalasi nya nyaris sama.

 

Metode Unduh GNS3

Agar dapat mengunduh file instalasi GNS3, terdapat sebagian langkah yang wajib dicoba terlebih dulu. Terdapat 2 file yang dapat kita download serta pakai ialah file GNS3-all-in-one serta GNS3 VM.

Ikuti langkah – langkah metode unduh GNS3 berikut ini:

 

Metode Unduh GNS3-all-in-one

GNS3-all-in-one merupakan bagian aplikasi GNS3 yang berperan selaku client buat menggambar topologi serta menempatkan bermacam berbagai tipe perangkat pada topologinya. Berikut ini metode mengunduh file gns3-all-in-one:

  1. Buat memperoleh link unduh GNS3, masuk ke web gns3.com => klik Gratis Unduh.
  2. Pilih tipe file yang ingin di download, misal pilih yang windows
  3. Setelah itu akan timbul opsi buat login ataupun membuat akun. Bila sobat telah memiliki akun silakan login. Tetapi bila sobat belum memiliki akun di GNS3 silakan klik Create Account untuk membuat akun baru.
  4. Isi form pembuatan akun, setelah itu klik Create Account.
  5. Sehabis sukses login ke akun GNS3 nya, masuk ke halaman unduh, pilih file yang mau di download.

 

Metode Unduh GNS3 VM

GNS3 VM merupakan bagian dari aplikasi GNS3 yang berperan selaku server yang melaksanakan proses virtualisasi dari fitur yang di masukkan ke dalam topologi pada GNS3-all-in-one. Berikut ini metode mengunduh file GNS3 VM:

  1. Buat mengunduh GNS3 VM kita tidak butuh login terlebih dulu ke akun GNS3 nya. Jikapun ingin login dulu juga tidak masalah.
  2. Silakan masuk ke halaman unduh GNS3, di bagian dasar klik link unduh the GNS3 VM, ataupun dapat langsung klik link unduh GNS3 VM ini.
  3. Silakan pilih tipe VM yang mau di unduh, misalnya ingin memakai VirtualBox hingga unduh file GNS3 VM buat VirtualBox.

 

Metode Install GNS3 di Windows 10

Windows 10 adalah tipe dari sistem operasi Microsoft Windows yang sangat banyak di gunakan belum lama ini, sehingga kita akan bahas metode install GNS3 nya memakai sistem operasi ini.

Untuk sobat yang memakai Windows lain misal Windows 7 serta 11, tidak usah takut karena proses instalasi serta langkah – langkah nya sama saja.

Berikut langkah – langkah metode install GNS3 di Windows 10:

 

Cara Install GNS3-all-in-one di Windows 10

  1. Silakan unduh file GNS3-all-in-one seperti yang telah di paparkan pada langkah sebelumnya
  2. Buka file installer GNS3-all-in-one nya buat mengawali proses instalasi
  3. Ikuti proses instalasi sepertihalnya install aplikasi biasa, klik next, agree, bila terdapat opsi yang timbul pilih opsi default saja ataupun tidak usah di rubah tinggal klik next
  4. Bila timbul tampilan penawaran aplikasi Solarwind dapat pilih Nomor saja dan klik Next
  5. Bila telah sampai pada akhir proses instalasi, centang tombol Start GNS3 => Finish
  6. Proses instalasi GNS3 telah berakhir serta aplikasi GNS3 akan terbuka secara otomatis
  7. Pada tampilan aplikasi GNS3 awal akan timbul opsi Setup Wizard, kita dapat pilih ingin memakai Server mana, apakah memakai server lokal di Komputer / Laptop sendiri ataupun memakai GNS3 VM
  8. Biar pemakaian GNS3 nya tidak terdapat keterbatasan, di rekomendasikan buat memakai GNS3 VM selaku server nya, buat proses install GNS3 VM akan di bahas selanjutnya

 

Metode Install GNS3 VM di Windows 10

  1. Saat sebelum lanjut proses install GNS3 VM, pastikan Windows 10 nya telah terinstall VirtualBox.
  2. Bila virtualbox telah terinstall, unduh file GNS3 VM nya seperti yang telah di paparkan sebelumnya
  3. Extract file GNS3 VM yang telah di download
  4. Buka VirtualBox, masuk ke menu File => Import Appliance => klik kolom file, cari file GNS3 VM.ova hasil extract lebih dahulu => Open => Next => Import
  5. Tunggu hingga proses import GNS3 VM nya selesai
  6. Bila telah berakhir, kembali ke tampilan aplikasi GNS3 nya, pilih VirtualBox selaku Server nya, pada VM name klik Refresh serta pilih GNS3 VM => Next
  7. Tunggu hingga proses sinkronisasi server nya berakhir serta GNS3 VM nya akan running secara otomatis
  8. Sampai di sini proses instalasi telah berakhir serta aplikasi GNS3 telah siap di gunakan

 

Metode Install GNS3 di Linux Ubuntu

Buat metode install GNS3 di Ubuntu serta Linux tipe lain misal Linux Mint, Kali Linux, Debian serta Linux turunan Debian yang lain nyaris mirip seperti metode install GNS3 di Windows 10 di atas.

Beda pada proses instalasi nya tidak mendownload file installer nya langsung, melainkan memakai command line pada terminal buat meningkatkan repositori serta melakukan unduh package baru mulai proses instalasi.

  1. Masuk ke web gns3.com => klik Gratis Unduh => pilih Linux => klik Download
  2. Pada Linux Ubuntu nya buka aplikasi terminal => masukkan perintah yang terdapat pada halaman unduh gns3 linux nya
  3. Tinggal copy & paste saja perintah nya ke dalam terminal
  4. Pastikan memakai perintah yang cocok dengan tipe linux yang di gunakan. Bila memakai linux ubuntu maka pakai perintah pada kolom Ubuntu – based distribution
  5. Tunggu hingga proses instalasi nya berakhir, bila timbul opsi di kala proses instalasi pilih Yes semua
  6. Sehabis proses instalasi nya berakhir, buka aplikasi GNS3 nya dengan klik menu serta pilih icon GNS3 ataupun cari / search GNS3
  7. Tampilan awal aplikasi GNS3 nya sama seperti pada instalasi Windows 10 adalah muncul Setup Wizard buat pemilihan pemakaian Server nya apakah ingin memakai server lokal ataupun memakai GNS3 VM
  8. Bila mau memakai GNS3 VM, maka pastikan linux nya telah terinstall VirtualBox, bila belum silakan jalani install VirtualBox di Linux dahulu.
  9. Unduh GNS3 VM semacam yang di paparkan sebelumnya
  10. Extract file hasil unduh GNS3 VM nya
  11. Buka VirtualBox serta import GNS3 VM nya ke VirtualBox
  12. Kembali ke aplikasi GNS3 nya, pilih VirtualBox selaku server => Klik Refresh serta pilih GNS3 VM
  13. Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai
  14. Aplikasi GNS3 telah siap di gunakan pada linux Ubuntu
  15. Bila pada proses instalasi timbul pesan error ataupun terdapat hambatan silakan cek pesan error nya ataupun log eror nya seperti apa. Dan cari di google pesan error tersebut buat memperoleh solusinya.

 

Sumber

tutorialmikrotik.com