fbpx

Jangan Salah! Berikut ini Metode Akses Router Mikrotik…

Jangan Salah! Berikut ini Metode Akses Router Mikrotik Kecuali

Bagaimana metode akses Router Mikrotik? Berikut ini Metode Akses Router Mikrotik kecuali yang akan dibahas secara lengkap pada postingan ini.

Router Mikrotik ialah perangkat jaringan yang bisa kita setting serta konfigurasi buat melakukan bermacam macam fungsi, semacam routing, QoS, load balancing, firewall, dll.

Saat sebelum dapat melaksanakan setting ataupun konfigurasi pada Router Mikrotik, kita wajib dapat mengakses Mikrotik tersebut serta login terlebih dulu.

Dengan melakukan akses login ke Router Mikrotik, kita dapat menyeting ataupun mengkonfig Mikrotik nya sesuai kemauan serta kebutuhan kita.

 

Berikut ini Metode Akses Router Mikrotik Kecuali…

Kita dapat melakukan akses ke Router Mikrotik memakai cara – cara berikut ini:

  1. API: port 8728 akses memakai aplikasi
  2. API – SSL: port 8729 akses memakai aplikasi
  3. FTP: port 21 akses memakai ftp client (Filezilla, Cyberduck, Windows Explorer, dll)
  4. SSH: port 22 akses memakai ssh client (PuTTY, WinSCP, MobaXterm, dll)
  5. TELNET: port 23 akses memakai telnet client (CMD, Halte, PuTTY, dll)
  6. WINBOX: port 8291 akses memakai Aplikasi Winbox
  7. WWW: port 80 akses memakai Website Browser (Chrome, Edge, Firefox, dll)
  8. WWW – SSL: port 443 akses memakai Website Browser (Chrome, Edge, Firefox, dll)

Selain metode akses router Mikrotik yang disebutkan di atas, maka tidak dapat digunakan buat akses Mikrotik.

Bila sobat CMT lagi mencari jawaban persoalan Metode Akses Mikrotik, maka jawabannya merupakan tidak hanya metode yang disebutkan di atas itu.

Catatan service yang dipakai Mikrotik buat akses ke router nya dapat dicek lewat menu IP => Services pada Winbox, ataupun dapat memakai perintah:

ip service print

Buat uraian lengkapnya tentang metode akses router Mikrotik, silakan ikuti pembahasan singkatnya di bawah ini:

 

Metode Mengakses Router Mikrotik

Router Mikrotik bisa diakses dengan bermacam macam metode. Salah satu metode akses mikrotik yang sangat universal digunakan merupakan memakai Aplikasi Winbox.

Tidak hanya akses Mikrotik menggunaan Winbox, terdapat sebagian metode lain yang dapat kita jalani, adalah sebagai berikut:

 

API

API adalah kepanjangan dari Application Programmable Interface yang membolehkan kita buat membuat Router Mikrotik bisa tersambung dengan aplikasi yang kita buat.

Dengan memakai API ini, kita dapat melakukan eksekusi perintah ke perangkat Mikrotik lewat aplikasi yang kita bangun.

Contoh aplikasi yang memakai API Mikrotik adalah Mikmhon. Mikmhon adalah aplikasi berbasis website buat management wifi Mikrotik.

 

API – SSL

API SSL ini sama saja dengan API, kelainannya jalur komunikasi nya lebih aman  (Secure). Semenjak Router OS tipe 6.1 kita bisa memakai API yang memakai jalur komunikasi aman (secure) memakai service API – SSL ini.

 

FTP

FTP merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol yang adalah suatu standar protokol komunikasi yang di gunakan buat melaksanakan transfer file dari server ke klien dan juga kebalikannya.

Dengan terdapatnya fitur FTP di Mikrotik memungkinkan kita untuk mengirim serta mengambil file dari dan ke media penyimpanan Mikrotik nya.

Contoh pemakaian nya merupakan kala kita ingin mengunggah file halaman login wifi Mikrotik buat merubah tampilan halaman login wifi nya.

 

Telnet

Telnet merupakan suatu protokol pada jaringan pc yang bisa di gunakan buat melakukan komunikasi 2 arah antar perangkat memakai perintah bacaan ataupun command line interface.

Mengakses Mikrotik memakai telnet tidak direkomendasikan, sebab informasi yang melalui tidak terenkripsi sehingga tidak aman. Perihal ini membuat orang dapat melihat user serta password Mikrotik kita bila informasi yang lewat di cegat.

 

SSH

SSH merupakan kepanjangan dari Secure Shell yang adalah protokol komunikasi jaringan yang membolehkan kita melaksanakan remote login ke Mikrotik lewat jalan komunikasi yang lebih aman (secure) daripada memakai Telnet.

Komunikais SSH memakai kriptografi, sehingga informasi yang melalui terenkripsi. Perihal ini lah yang membuat komunikasi memakai SSH ini lebih aman, sebab bila komunikasi nya di cegat, informasi yang di cegat itu tidak dapat di baca dengan gampang karena telah terenkripsi.

Mirip semacam telnet, akses melalui SSH jugadicoba mengunakan perintah berbasis bacaan ataupun command line interface (CLI), sehingga kita wajib mengetikkan tiap perintah pada Mikrotik buat melaksanakan setting.

 

WWW

Seperti mayoritas perangkat jaringan yang lain, perangkat Mikrotik juga dapat di akses lewat www ataupun web lewat protokol HTTP port 80 memakai Website Browser. Sarana akses Mikrotik lewat web ini di namakan Webfig.

Dengan Webfig ini kita dapat mengakses serta melaksanakan setting Mikrotik memakai menu GUI yang mirip dengan Winbox, tetapi akses nya lewat website browser semacam Chrome, Edge, Firefox, dll.

 

WWW – SSL

Akses Mikrotik lewat website browser memakai Webfig memanglah lumayan gampang serta sederhana sebab kita tidak butuh memakai aplikasi tambahan semacam Winbox, cukup akses lewat website browser saja.

Tetapi, akses Webfig lewat www dengan protokol HTTP port 80 lumayan berisiko, sebab informasi yang lewat tidak terenkripsi, sehingga cukup rawan bila di cegat.

Untuk itu, kita dapat memakai Webfig dengan protokol HTTPS port 443 dengan SSL (Secure Socket Layer) yang membuat koneksi bisa di enkripsi, sehingga lebih aman.

 

WINBOX

Winbox merupakan aplikasi berbasis Windows buatan Mikrotik yang berperan buat melaksanakan akses ke perangkat Mikrotik yang memakai Router OS selaku Sistem Operasi nya.

Dengan mengunakan Winbox ini, kita bisa melaksanakan setting serta monitoring perangkat Mikrotik dengan gampang lewat menu GUI yang ada.

Tetapi saat sebelum dapat memakai Winbox ini, kita wajib melaksanakan Unduh Winbox Mikrotik dahulu. Sehabis di unduh, Winbox nya dapat langsung di gunakan tanpa butuh Install.

 

KESIMPULAN

Demikiankan uraian Metode Akses Router Mikrotik ialah memakai api, api – ssl, ftp, ssh, telnet, www, www – ssl, serta winbox.

 

Sumber

tutorialmikrotik.com