fbpx

Manfaat Tanda Tangan Digital Untuk Para Pengusaha!

Manfaat Tanda Tangan Digital Untuk Para Pengusaha!

 

Manfaat Tanda Tangan Digital – Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak aktivitas sehari-hari yang sudah dan akan beralih untuk dilakukan secara digital.

Aktivitas yang dilakukan secara digital ini, tentunya memberikan kemudahan akses dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk untuk melakukan tanda tangan sebuah dokumen.

Tanda tangan digital tidak hanya sebatas membantu pengesahan dokumen secara sah dan legal. Rupanya, inovasi tersebut mempunyai khasiat lainnya yang belum diketahui banyak orang.

Pandemi yang terjadi mempercepat transformasi digital yang terjadi di semua lini. Namun di sisi lain, ada tantangan proses tersebut dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Karena hal tersebut, bagian hukum memerlukan regulasi khusus, terutama pada tanda tangan, materai dan sebagainya. Tujuan dari adanya regulasi tersebut agar semua dokumen dapat diakui keabsahannya, serta dapat dipertanggungjawabkan.

 

Apa itu Tanda Tangan Digital?

Di Indonesia, tanda tangan digital telah diatur oleh Pemerintah Indonesia melalui UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Untuk menerbitkan identitas digital ini hanya dapat dilakukan oleh entitas Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang telah diatur pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan dampak yang nyata dalam perubahan aktivitas sehari-hari yang biasanya dilakukan secara konvensional atau tatap muka, apalagi di kondisi pandemi saat ini.

Namun banyak dari cara konvensional ini, gak memberikan kemudahan akses lho, salah satunya adalah untuk melakukan tanda tangan dokumen.

Tapi dengan teknologi, kini anda bisa beralih dan melakukan tanda tangan konvensional menjadi tanda tangan digital sebagai verifikasi identitas anda untuk membuktikan identitas anda secara digital.

 

Manfaat Tanda Tangan Digital

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanda tangan digital yang bisa kita dapatkan, diantaranya:

 

1. Efisiensi Biaya dan Waktu

Manfaat tanda tangan digital pertama adalah biaya dan waktu yang lebih efisien. Dengan tanda tangan digital, anda tidak perlu lagi untuk, mencetak, memindai, mengirimkan dan menunggu konfirmasi secara manual yang membutuhkan banyak biaya dan waktu.

Tanda tangan digital mempercepat proses tanda tangan. Untuk memberikan tanda tangan elektronik, anda hanya perlu beberapa detik. Dokumennya pun langsung siap untuk dikirim tanpa perlu melakukan proses lainnya. Selain itu, tanda tangan secara virtual membuatmu bisa melakukannya di mana saja, kapan saja, dan di perangkat manapun.

Tidak hanya efisien di waktu, ternyata tanda tangan elektronik juga lebih efisien di banding tanda tangan secara tradisional. Hal ini adalah karena kita tidak perlu lagi membeli kertas, mencetak dokumen, menggunakan pulpen untuk tanda tangan, atau bahkan mengirimkan dokumen jika pihak penerimanya jauh. Selain itu, tanda tangan elektronik juga menurunkan biaya yang di akibatkan kesalahan saat melakukan tanda tangan.

 

2. Legalitas & Validitas Tanda Tangan Digital

Manfaat tanda tangan digital kedua adalah validitas dan legalitas tanda tangan digital. Di Indonesia tentunya sudah memiliki payung hukum yang di atur oleh Pemerintah Indonesia melalui UU dan Peraturan Pemerintah.

UU dan Peraturan Pemerintah menjelaskan jika tanda tangan digital dapat berfungsi menjadi bukti verifikasi dan autentifikasi identitas seseorang secara digital serta mengatur tentang penyelenggara yang dapat menerbitkan sertifikat digital untuk sebuah tanda tangan digital anda.

Mengutip melalui Media Indonesia, sertifikat digital merupakan identifikasi seseorang atau entitas melalui sebuah file pada sebuah jaringan di internet dan di jadikan dasar untuk melakukan tanda tangan digital

Legalitas tanda tangan digital di Indonesia sudah memiliki payung hukum melalui Undang-Undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2008 Pasal 11 Ayat 1 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 1 dan 2 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Peraturan ini menjelaskan bahwa tanda tangan digital berfungsi sebagai alat autentifikasi dan verifikasi dalam transaksi elektronik. Tanda tangan digital bisa di gunakan untuk menunjukkan persetujuan penanda tangan atas informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang di tandatangani dengan tanda tangan digital. Dengan kata lain, tanda tangan digital memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah selayaknya tanda tangan manual.

 

3. Keputusan yang Lebih Cepat

Manfaat tanda tangan digital berikutnya adalah terjadi keputusan yang lebih cepat dari pada tanda tangan konvensional. Jika anda bekerja di lingkungan yang serba cepat, penyederhanaan proses kerja menjadi sangat penting. Tentunya, salah satunya dapat di lakukan dengan melakukan tanda tangan secara digital. Karena prosesnya cepat, persetujuan terhadap suatu proyek atau keputusan lainnya menjadi lebih singkat juga. Dengan begitu, anda bisa langsung melaksanakan hal tersebut tanpa menunggu proses yang lambat.

 

Baca Juga: Jaringan 3G Dimatikan, Bagaimana Dampaknya?

 

4. Lebih Ramah Lingkungan

Manfaat tanda tangan digital selanjutnya adalah lebih ramah lingkungan karena tidak menghamburkan kertas. Alangkah baiknya bila segala sesuatu yang kita jalankan memiliki kontribusi terhadap pelestarian lingkungan, termasuk di lingkup bisnis dan pekerjaan. Menghilangkan proses pencetakan dan pengiriman dokumen juga berarti mengurangi penggunaan bahan bakar dan kertas dalam kehidupan sehari-hari. Suatu hal yang terjadi secara otomatis seiring dengan penggunaan tanda tangan digital.

 

5. Menghindari Resiko Kerusakan dan Pemalsuan Tanda Tangan

Manfaat tanda tangan digital selanjutnya adalah menghindari kerusakan dokumen dan pemalsuan tanda tangan. Dokumen dalam bentuk kertas berisiko rusak, apalagi jika harus dikirimkan lewat pos. Dengan tanda tangan digital, anda bisa langsung menandatangani dokumen di perangkat pilihanmu dan mengirimkannya lewat email atau cara lainnya tanpa harus khawatir ia akan rusak.

Selain itu, sistem tanda tangan elektronik juga meningkatkan keamanan dokumen karena telah memiliki algoritma enkripsi yang canggih. Jadi, tidak ada yang bisa memalsukan tanda tangan.

 

6. Mengembangkan Cakupan Bisnis di Tingkat Global

Manfaat tanda tangan digital berikutnya adalah dapat mengembangkan bisnis lebih luas. Kehadiran tanda tangan digital menciptakan bisnis bergaya modern. Berbagai negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, hingga negara-negara anggota Uni Eropa mengakui tanda tangan digital pada dokumen-dokumen bisnis yang mengikat secara hukum. Kondisi ini membuka peluang bagi Anda melebarkan sayap bisnis perusahaan hingga ke kancah internasional.

 

7. Meningkatkan Produktivitas

Selain dapat mengembangkan bisnis lebih luas, salah satu manfaat tanda tangan digital adalah dapat meningkatkan produktivitas. Dengan bisa menandatangani dokumen lebih cepat, tentunya produktivitas di perusahaan anda dapat meningkat.

Menurut eSign Genie, jika anda menggunakan sering format dokumen yang sama, tanda tangan bisa langsung di simpan sebagai template dan isi dokumennya dapat di ubah sesuai keputusan. Jadi, anda bahkan tidak perlu menambahkan tanda tangan berulang-ulang.

 

Menurut Jotform, berikut adalah beberapa contoh penggunaan tanda tangan secara virtual dalam berbagai industri dan organisasi:

– Kesehatan

– Hubungan industri

– Bisnis kecil dan menengah

– Pemerintahan

– Hukum

– Keuangan

 

Kesimpulan

Itulah hal-hal tentang manfaat tanda tangan digital yang dapat admin sampaikan kali ini. Tetap pantau terus Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan informasi tentang teknologi menarik lainnya.

 

 

Sumber: detik.com, danacita.co.id, glints.com, privy.id