fbpx

Hati – Hati! Ketahuilah Komponen Laptop yang Rawan Rusak Di Sini!

Hati – Hati! Ketahuilah Komponen Laptop yang Rawan Rusak Di Sini!

Komponen Laptop yang Rawan Rusak – Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Tentu saja kita sudah sering mendengar hal itu. Selain tubuh, hal yang perlu di perhatikan tentu saja laptop yang anda miliki. Salah satu gadget yang penting selain smartphone adalah laptop anda. Entah untuk urusan pekerjaan, belajar mengajar, atau sekedar mencari hiburan. Bagi anda yang diharuskan menyelesaikan pekerjaan dengan laptop, tentunya akan menjadikan perangkat ini sebagai benda yang wajib dirawat. Maka tak heran, banyak orang memilih spesifikasi laptop yang sangat mumpuni guna menghindari laptop cepat rusak karena sering digunakan.

Namun tak hanya sekedar memilih spesifikasi laptop yang canggih, anda juga perlu tetap menjaga seluruh komponen laptop agar tak cepat rusak walau digunakan secara terus-menerus. Percuma saja jika spek laptop mumpuni tetapi tidak terawat, sama saja dengan seiring berjalannya waktu akan rusak karena kurangnya perawatan sejak dini. Karena memang ada beberapa komponen laptop yang rentang atau mudah sekali rusak. Maka dari itu anda perlu merawat laptop anda dengan baik.

Di dalam artikel kali ini, Admin akan memberikan beberapa informasi mengenai Komponen Laptop yang Rawan Rusak. Lalu apa saja sih komponen tersebut? Langsung saja kita masuk ke dalam artikel.

 

Keyboard Laptop

Komponen laptop yang rawan rusak pertama adalah keyboard laptop. Sebagai komponen yang paling sering dipakai, rasanya tidak heran kalau keyboard paling gampang rusak. Oleh karena itu, anda wajib menjaganya dengan baik dan benar. Biasanya masalahnya hampir sama, yaitu salah satu atau beberapa tombol tidak berfungsi dengan semestinya.

Lalu bagaimana cara mencegah keyboard biar tidak cepat rusak?

Menurut Admin, yag pertama adalah lakukanlah kebiasaan untuk selalu membersihkan keyboard dengan menggunakan kain bersih setelah digunakan. Hal ini untuk mengurangi risiko tulisan pada tombol keyboard memudar.

Lalu yang kedua pastikan juga untuk membersihkan keyboard dari debu ataupun kotoran yang tersembunyi di sela-sela tombol keyboard. Caranya, anda bisa menggunakan bulu sikat yang halus, atau penyedot debu khusus laptop.

Tidak menekan dengan keyboard dengan keras dan brutal juga termasuk salah satu cara yang bisa anda gunakan. Dan yang terakhir, hindari menutup laptop dengan keadaan laptop masih panas agar udara panas tidak mempengaruhi keyboard.

 

Layar Laptop

Komponen laptop yang rawan rusak berikutnya adalah bagian layarnya. Layar laptop adalah komponen penting untuk visual anda. Tentu saja dengan adanya kerusakan pada layar laptop, akan membuat kita merasa terganggu. Entah itu dengan ada nya goresan di layar atau jamur yang ada pada layar laptop.

Sebisa mungkin anda menjaga layar laptop dengan menggunakan anti gores. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir goresan halus atau kasar. Tanpa disadari layar laptop kerap kali secara tidak langsung menerima sentuhan atau gesekan benda keras bahkan debu sekaligus.

Selain itu, anda juga perlu menghindari menaruh atau meletakkan benda yang memiliki bobot atau berat di atas laptop. Hal ini untuk mencegah agar layar tidak menampilkan berbagai garis-garis yang menandakan layar laptop sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Kebiasaan sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari kerusakan pada layar laptop adalah seperti tidak mendorong atau menggores layar laptop anda. Juga tidak tidak menutup laptop dengan cara membanting dengan keras atau ketika ada benda lain di atas keyboard.

 

Baterai dan Charger

Kerusakan bateri dan charger adalah masalah paling umum di dunia laptop. Siapa nih yang baterai dan charger laptopnya rawan rusak? Pasti banyak deh. Jangan heran ya, karena mereka berdua memang masuk dalam jajaran bagian yang rentan rusak.

Di mulai dari baterai terlebih dulu. Rusaknya komponen ini bisa di lihat dari kecepatan dia habis. Misalnya saat masih normal baterai bisa bertahan sampai 5 jam, saat rusak baterai hanya mampu bertahan 1 jam saja. Rusaknya baterai bisa paling sering di karena pengecasan baterai di lakukan secara berlebihan dan dapat menyebabkan baterai menggembung.

Kalau kerusakan charger biasanya paling sering berhubungan dengan kabelnya. Biasanya hal tersebut disebabkan karena kesalahan pengguna dalam menggulung kabelnya. Atau bisa juga karena teggangan yang di gunakan tidak sesuai dengan standart di Indonesia.

 

Touchpad Laptop

Untuk komponen laptop yang rawan rusak berikutnya adalah bagian touchpad laptop. Sama seperti dengan komponen laptop yang sebelumnya, bagian touchpad ini juga perlu anda jaga kebersihannya sehabis di gunakan.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain bersih. Hal ini untuk menghilangkan keringat yang tertinggal pada touchpad setelah di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, untuk meminimalisir keruskan, kamu juga bisa menggunakan mouse untuk menggantikan fungsi touchpad ini. Dan jangan lupa untuk service rutin untuk membersihkan bagian dalam laptop anda yaa.

 

Baca Juga: Ternyata Inilah Kepanjangan Dari File Extensions Format Gambar!

 

Speaker

Speaker dengan suara yang pecah pecah tentu sangan menggangu pendengaran. Bukan hanya mengganggu pendengaran kita, tetapi juga mengganggu pendengaran orang orang di sekitar kita. Komponen laptop yang rawan rusak satu ini memiliki tingkat kerusakan yang bervariasi. Ada yang speaker nya tidak bisa menyala, atau bahkan speaker laptopnya pecah sehingga suara yang di hasilkan bakal terdengar sangat mengganggu.

Apa penyebab speaker laptop rusak? Biasanya speaker laptop akan cepat rusak kalau penggunanya sering memainkan volume hingga batas maksimal yakni 100%. Untuk berjaga-jaga, mulai sekarang kamu bisa menggunakan volume di bawah 80% saja. Atau kalau tidak, kamu boleh memanfaatkan speaker eksternal biar suara kencang tanpa merusak komponen laptop.

 

Lubang Port Laptop

Salah satu komponen laptop yang rawan rusak berikutnya adalah lubang port yang ada di laptop. Bisa saja itu lubang port untuk HDMI, port untuk USB, maupun port untuk pengisian daya.

Mencolokkan kabel pengisi daya laptop dengan tidak menggunakan yang aslinya, bisa mengakibatkan umur pendek pada laptop anda. Hal ini di karenakan adanya ketidakcocokan antara laptop dengan kabel pengisi daya laptop. Misalnya saja karena perbedaan tegangannya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menggunakan kabel pengisi daya yang orisinil alias bawaan dari laptopnya. Apabila kabel asli pengisi daya yang kamu miliki hilang atau rusak, kamu bisa menggantinya dengan membelinya di gerai aslinya.

Kotor adalah salah satu penyebab kerusakan ini. Jika tidak sering sering di bersihkan, debu yang beterbangan dan menumpuk dapat menyebabkan kerusakan seiring berjalannya waktu.

 

Area Pendingin Laptop

Selain port koneksi, komponen laptop yang rawan rusak adalah pendingin laptop. Sudah bukan rahasia lagi kalau laptop pasti di bekali fan cooler atau kipas pendingin. Sesuai namanya, komponen ini bertugas untuk menjaga suhu laptop supaya nggak overheat. Anda juga perlu memastikan kebersihannya secara rutin apalagi kalau anda menggunakan laptop di area yang berdebu atau minim sirkulasi udara agar dapat bekerja secara maksimal.

Pastikan untuk selalu membersihkan lubang yang menjadi tempat pembuangan panas pada laptop. Kamu bisa membersihkannya dengan cara meniup atau menggunakan kain yang bersih untuk menghilahkan debu ataupun kotoran yang menempel.

Selain menjaga kebersihannya, kamu juga perlu mengganti thermal paste pada prosesor laptop agar proses pendinginannya dapat berlangsung dengan maksimal untuk paparan panas berlebih baik dari prosesor ataupun dari harddisk.

 

Sekian artikel kali ini. Jangan lupa untuk tetap pantau Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan informasi tentang teknologi menarik lainnya.

 

Sumber: hot.liputan6.com, urbandigital.id