fbpx

IoT Hotel Pintar Untuk Inovasi Diindustri Perhotelan

Sebab para handal di bidang IoT (Internet of Things) terus berinovasi dengan pemecahan bangunan pintar baru yang kreatif, hendak terdapat lebih banyak aplikasi yang ada di bermacam industri yang berbeda. Sebab jadi lebih gampang serta lebih hemat bayaran buat menginstal serta mengoperasikan teknologi IoT, bangunan pintar hendak jadi norma.

Banyak industri sudah mengadopsi pemecahan IoT buat membolehkan integrasi bangunan pintar yang kokoh, tercantum perawatan kesehatan, real estat, pembelajaran, ritel, serta banyak lagi. Terdapat pula banyak kesempatan buat inovasi IoT di industri perhotelan. Hotel pintar lagi bertambah, serta khasiat pemecahan IoT buat hotel berakibat baik untuk operator hotel ataupun tamu. Tetapi saat sebelum menjelajahi IoT di industri perhotelan, berarti buat menguasai dasar- dasar teknologi IoT.

Apa Itu IoT?

IoT merupakan singkatan dari Internet of Things. Kata” suatu” nyatanya tidak jelas, namun itu cuma mencakup fitur apa juga yang tersambung ke internet buat tujuan mengatur sesuatu proses, mengumpulkan informasi ataupun bertukar data dengan fitur lain.

Contoh fitur IoT berkisar dari fitur konsumen semacam Amazon Alexa ataupun Google Home sampai pencahayaan pintar berkemampuan Igor yang dipasang di ruang kantor otomatis. Apa juga industrinya, bangunan pintar yang diaktifkan dengan pemecahan IoT diketahui sanggup membagikan efisiensi, penyesuaian, serta kenyamanan yang lebih baik untuk penunggu serta tamu.

Apa Itu IoT Hotel Pintar?

Di hotel pintar, fitur yang tersambung dengan IoT dimanfaatkan buat menghasilkan pengalaman tamu yang lebih baik serta sistem manajemen hotel yang efektif buat staf serta administrator. Industri perhotelan memperkenalkan banyak kesempatan buat memakai pemecahan otomatisasi guna menyempurnakan kamar hotel pintar. Para tamu menikmati kemudahan serta kenyamanan yang lebih besar, serta owner hotel dan operator memperoleh keuntungan dari kenaikan efisiensi, penghematan bayaran serta kepuasan tamu.

Apa Itu Teknologi Kamar Pintar?

Tujuan dari kamar hotel IoT merupakan buat membagikan para tamu kontrol yang lebih besar terhadap area. Kala wisatawan tinggal di ruang pintar, mereka mempunyai opsi yang gampang buat mengendalikan serta mengotomatiskan bermacam pengaturan buat lampu, termostat, kunci pintu, serta yang lain. Hotel tersambung dengan kamar hotel pintar bermunculan di segala dunia, serta para inovator terus meningkatkan serta tingkatkan teknologi IoT di industri perhotelan.

4 Manfaat Kamar Hotel Pintar

  1. Kamar Pintar Serta Kenyamanan Tamu

Salah satu khasiat utama kamar hotel pintar merupakan kesempatan buat membagikan akibat positif untuk kenyamanan serta kemudahan tamu. Saat wisatawan menciptakan aplikasi IoT di kamar hotel standar, pengalaman mereka secara totalitas ditingkatkan. Pemecahan IoT yang disesuaikan buat hotel mencakup fitur semacam pencahayaan pintar yang bisa dikontrol tamu dengan aplikasi di ponsel mereka ataupun termostat pintar yang bisa diprogram tamu buat kenyamanan optimal pada malam ataupun siang hari.

  1. Kenaikan Keselamatan Serta Keamanan Dengan Kamar Cerdas

Kunci pintu pintar otomatis merupakan salah satu fitur keamanan hebat yang dimungkinkan dengan kamar hotel IoT. Alih- alih memakai kunci yang dapat lenyap ataupun dicuri, tamu yang menginap di kamar pintar dengan kunci pintu berkemampuan IoT bisa memakai aplikasi nyaman di ponsel mereka buat membuka kunci pintu kamar hotel mereka.

Keamanan hotel bukan cuma tentang kamar tamu. Saat hotel pintar lengkap dengan pemecahan keamanan IoT, segala bangunan bisa melindungi memakai program serta pengaturan protokol yang kita sesuaikan. Platform IoT, semacam Nexos by Igor, membolehkan pengguna membuat program buat fitur yang tersambung. Bila terjalin pelanggaran keamanan, pemrograman dikirim ke fitur secara praktis, merangsang kunci pintu, lampu darurat, serta yang lain.

  1. Proses Pemeliharaan Yang Lebih Baik

Owner hotel serta staf pemeliharaan gedung menemukan banyak khasiat dari pengumpulan informasi yang memungkinkan dengan kamar hotel IoT. Misalnya, sensor berkemampuan IoT bisa sediakan informasi real-time tentang tiap-tiap kamar-informasi semacam data hunian, pencahayaan serta mengkonsumsi tenaga, sistem pipa ledeng, serta pemakaian air.

Staf tata graha hotel bisa memakai sensor hunian buat memastikan kapan ruang tamu ataupun ruang konferensi sudah kosong serta siap kita bersihkan. Sensor lain bisa memantau pemakaian listrik serta kebutuhan pemeliharaan semacam bola lampu yang terbakar ataupun kebocoran pipa.

  1. Pemecahan Keberlanjutan Ruang Cerdas

Semacam kita sebutkan atas, sensor berkemampuan IoT bisa merevolusi proses serta sistem hotel pintar. Hotel tersambung tidak tertandingi dalam potensinya buat tingkatkan keberlanjutan. Saat sensor hunian mengetahui ruangan kosong, fitur yang tersambung dengan IoT bisa secara otomatis melaksanakan penyesuaian hemat tenaga semacam meredupkan ataupun mematikan lampu serta mengganti temperatur.

Sensor pipa bisa mengetahui serta memberi tahu kebocoran dengan kilat sehingga staf pemeliharaan bisa memperbaikinya sesegera bisa jadi, meminimalkan bayaran buat membetulkan kehancuran. Penghematan bayaran kolektif dari kamar hotel pintar berkemampuan IoT bisa menaikkan serta mengirit modal pembedahan owner hotel yang berharga dalam jangka panjang.

Menimbang Resiko IoT Dalam Industri Perhotelan

Walaupun terdapat banyak keuntungan serta manfaat memakai fitur berkemampuan IoT di hotel pintar. Terdapat juga sebagian resiko yang terpaut dengan pemakaian teknologi di industri perhotelan.

Pertama-tama, sangat berarti buat mengamankan ekosistem hotel yang tersambung dengan benar. Saat sistem IoT tidak kita amankan dengan benar, mereka rentan terhadap pelanggaran keamanan serta peretasan. Berarti buat memikirkan resiko ini saat meningkatkan sistem hotel pintar IoT. Menjajaki aplikasi terbaik keamanan internet melenyapkan sebagian resiko, jadi operator hotel butuh membenarkan mereka mempunyai protokol keamanan internet yang kokoh.

Menghilangkan Resiko Dengan Pemecahan PoE

Salah satu metode buat membuat IoT di industri perhotelan lebih nyaman merupakan dengan menggunakan teknologi PoE( Power over Ethernet). Sebab fitur PoE mengandalkan koneksi kabel, lebih gampang buat melindungi jaringan senantiasa individu serta nyaman. Jaringan nirkabel memunculkan resiko keamanan yang lebih besar sebab lebih gampang kita akses oleh pengguna serta peretas yang jahat.

Apa Teknologi Universal Dalam Industri Perhotelan?

  • Check-In Otomatis

Banyak hotel pintar bergerak mengarah kios swalayan berkemampuan IoT buat mengotomatiskan proses check-in tamu. Sama semacam kios yang saat ini jadi standar di sebagian besar konter check-in lapangan terbang, stasiun swalayan ini. Membolehkan para tamu buat menjauhi antrean di meja resepsionis serta menerima kunci kamar (ataupun kode kamar) mereka dengan gampang.

  • Pelacakan Aset

Hotel pintar IoT yang lengkap dengan teknologi pelacakan serta staf layanan tamu mempunyai keahlian buat melacak perlengkapan semacam rak bagasi serta gerobak pembersih. Pemantauan perlengkapan utama secara real-time bisa merampingkan proses tata graha serta melindungi hotel pintar senantiasa berjalan secara efektif.

  • Kustomisasi Kamar Cerdas

Hotel yang tersambung dengan IoT, terdapat bermacam pemecahan kamar hotel pintar yang membuat kamar lebih aman serta aman untuk tamu. Dengan fitur IoT yang pas terpasang serta tersambung, opsi penyesuaian serta kontrol ruang pintar bisa mencakup:

  • Pencahayaan Tercantum opsi buat peredupan, pergantian warna serta pergantian temperatur serta rona sinar.
  • Temperatur Kamar Termostat pintar membolehkan para tamu buat membuat kamar mereka aman tanpa kerumitan unit jendela A/ C kuno.
  • Temperatur Air Katup serta sensor temperatur air digital menolong mengendalikan serta melindungi temperatur air yang aman untuk tamu.
  • Gorden serta Nuansa Perawatan jendela bermotor serta otomatis berikan tamu kendali penuh dengan memencet tombol ataupun memakai aplikasi.
  • Smart Televisi Banyak orang terbiasa mempunyai smart Televisi di rumah mereka sendiri, ialah sarana berarti di hotel pintar modern.
  • Menu Santapan Menu layanan kamar digital berikan wisatawan opsi yang ada di Televisi pintar ataupun aplikasi telepon. Preferensi tamu apalagi bisa kita taruh buat kunjungan selanjutnya.

Bagi kalian yang mau memiliki teknologi IOT Hotel Pintar ini bisa langsung konsultasi bersama kami www.comtelindo.com

Internet of Things