fbpx

IoT Devices (Internet of Things Devices)

Apa Itu Fitur IoT?

Fitur IoT merupakan fitur komputasi tidak standar yang tersambung secara nirkabel ke jaringan serta mempunyai keahlian buat mengirimkan informasi, semacam banyak fitur di internet of things (IoT).

IoT Devices (Internet of Things Devices) mengaitkan ekspansi konektivitas internet di luar fitur standar, semacam desktop, laptop, smartphone, serta tablet, ke bermacam fitur raga serta barang tiap hari yang secara tradisional ataupun tidak berkemampuan internet. Tertanam dengan teknologi, fitur ini bisa berbicara serta berhubungan lewat internet. Mereka pula bisa dipantau serta dikendalikan dari jarak jauh.

Apa Contoh Fitur IoT?

Fitur yang tersambung merupakan bagian dari ekosistem di mana tiap fitur berdialog dengan fitur terpaut yang lain di area buat mengotomatiskan tugas rumah serta industri. Mereka bisa mengomunikasikan informasi sensor yang bisa digunakan kepada pengguna, bisnis, serta pihak lain yang dituju. Fitur bisa dikategorikan ke dalam 3 kelompok utama: konsumen, industri serta industri.

Fitur yang tersambung ke konsumen tercantum Televisi pintar, speaker pintar, mainan, fitur yang bisa dikenakan, serta perlengkapan pintar.

Di rumah pintar, misalnya, fitur dirancang buat merasakan serta merespons kedatangan seorang. Kala seorang datang di rumah, mobil mereka berbicara dengan garasi buat membuka pintu. Begitu terletak dalam, termostat telah mereka sesuaikan dengan temperatur yang kita idamkan, serta pencahayaan kita setel ke keseriusan serta warna yang lebih rendah, sebab informasi jam tangan pintar mereka menampilkan kalau ini merupakan hari yang menegangkan. Fitur rumah pintar yang lain tercantum perlengkapan penyiram yang membiasakan jumlah air yang kita berikan ke taman bersumber pada ramalan cuaca serta penyedot debu robot yang menekuni zona rumah mana yang sangat kerap kita bersihkan.

Fitur IoT industri merupakan fitur tepi yang terancang buat kita gunakan oleh bisnis. Terdapat bermacam berbagai fitur IoT industri yang ada. Fitur ini bermacam-macam dalam keahlian namun cenderung kita tunjukan buat memelihara sarana ataupun tingkatkan efisiensi operasional. Sebagian opsi tercantum kunci pintar, termostat pintar, pencahayaan pintar, serta keamanan pintar. Tipe konsumen dari teknologi ini pula terdapat.

Di industri, fitur pintar bisa menolong rapat. Sensor pintar yang terletak di ruang konferensi bisa menolong karyawan menciptakan serta menjadwalkan ruang yang ada buat rapat, membenarkan tipe, dimensi, serta fitur ruang yang pas ada. Saat partisipan rapat merambah ruangan, temperatur hendak membiasakan cocok dengan hunian, lampu hendak meredup saat PowerPoint yang cocok kita lansir dalam layar serta pembicara mengawali presentasinya.

Gimana Metode Kerja Fitur IoT?

Fitur IoT bermacam-macam dalam perihal fungsionalitas, namun fitur IoT mempunyai sebagian kesamaan dalam metode kerjanya. Awal, fitur IoT merupakan objek raga yang terancang buat berhubungan dengan dunia nyata dalam sebagian metode. Fitur bisa jadi berbentuk sensor pada jalan perakitan ataupun kamera keamanan pintar. Dalam kedua permasalahan tersebut, fitur merasakan apa yang terjalin di dunia raga.

IoT Devices (Internet of Things Devices) Fitur itu sendiri mencakup CPU terintegrasi, adaptor jaringan, serta firmware, yang umumnya terbentuk atas platform open source. Dalam mayoritas permasalahan, fitur IoT tersambung ke server Protokol Konfigurasi Host Dinamis serta mendapatkan alamat IP yang bisa kita gunakan fitur buat berperan di jaringan. Sebagian fitur IoT bisa kita akses secara langsung lewat internet publik, namun sebagian besar rancang buat beroperasi secara eksklusif pada jaringan individu.

Walaupun bukan persyaratan absolut, banyak fitur IoT yang kita konfigurasi serta kita kelola lewat aplikasi fitur lunak. Sebagian fitur, bagaimanapun, mempunyai server website terintegrasi, sehingga melenyapkan kebutuhan hendak aplikasi eksternal.

Sehabis fitur IoT kita konfigurasi serta mulai beroperasi, sebagian besar kemudian lintasnya keluar. Kamera keamanan, misalnya, mengalirkan informasi video. Demikian pula, sensor industri mengalirkan informasi sensor. Sebagian fitur IoT semacam lampu pintar, bagaimanapun, menerima input.

Baca Juga Ini Alasan Kenapa Internet of Things (IoT) Begitu Berarti?

Apa Itu Manajemen Fitur IoT?

Sebagian tantangan bisa membatasi keberhasilan pelaksanaan sistem IoT serta fitur yang tersambung, tercantum keamanan, interoperabilitas, keahlian energi/pemrosesan, skalabilitas, serta ketersediaan. Banyak dari sini bisa kita atasi dengan manajemen fitur IoT baik dengan mengadopsi protokol standar ataupun memakai layanan yang mereka tawarkan oleh vendor.

Manajemen fitur menolong industri mengintegrasikan, mengendalikan, memantau, serta mengelola fitur berkemampuan internet dari jarak jauh. Dalam skala besar, menawarkan fitur- fitur berarti buat melindungi kesehatan, konektivitas, serta keamanan fitur IoT di selama siklus hidupnya. Fitur tersebut meliputi:

  • Pendaftaran serta aktivasi perangkat
  • Otentikasi/otorisasi perangkat
  • Konfigurasi perangkat
  • Penyediaan perangkat
  • Pemantauan serta diagnostik perangkat
  • Pemecahan permasalahan perangkat
  • Pembaruan firmware perangkat

Protokol manajemen fitur standar yang ada tercantum Manajemen Fitur Open Mobile Alliance serta Mesin-ke-Mesin Ringan.

Layanan serta fitur lunak manajemen fitur IoT pula ada dari vendor, tercantum Amazon, Microsoft, Google, IBM, GE, serta banyak yang lain.

Konektivitas Serta Jaringan Fitur IoT

Protokol jaringan, komunikasi, serta konektivitas yang kita gunakan dengan fitur yang menunjang internet sangat tergantung pada aplikasi IoT tertentu yang terpakai. Sama semacam terdapat banyak aplikasi IoT yang berbeda, terdapat banyak opsi konektivitas serta komunikasi yang berbeda.

Protokol komunikasi tercantum CoAP, DTLS, MQTT, DDS serta AMQP. Protokol nirkabel tercantum IPv6, LPWAN, Zigbee, Bluetooth Low Energy, Z-Wave, RFID serta NFC. Seluler, satelit, Wi-Fi serta Ethernet pula bisa kita pakai.

Tiap opsi mempunyai pengorbanannya sendiri dalam perihal mengkonsumsi energi, jangkauan, serta bandwidth, yang seluruhnya wajib kita pertimbangkan saat memilah fitur serta protokol yang tersambung buat aplikasi IoT tertentu.

Dalam mayoritas permasalahan, fitur IoT tersambung ke gateway IoT ataupun fitur edge lain tempat informasi bisa kita analisis secara lokal ataupun terkirim ke cloud buat kita analisis. Sebagian fitur mempunyai keahlian pemrosesan informasi terintegrasi yang meminimalkan jumlah informasi yang wajib dikirim ke cloud ataupun ke pusat informasi. Tipe pemrosesan ini kerap memakai keahlian pendidikan mesin yang terintegrasi ke dalam fitur, serta jadi terus menjadi terkenal sebab fitur IoT membuat lebih banyak informasi.

Resiko Keamanan Apa Yang Ditimbulkan Oleh Fitur IoT?

Interkoneksi fitur tradisional bodoh memunculkan sebagian persoalan dalam kaitannya dengan keamanan serta pribadi. Semacam yang kerap terjalin, teknologi IoT sudah bergerak lebih kilat daripada mekanisme yang ada buat melindungi fitur serta penggunanya.

Para periset sudah mendemonstrasikan peretasan jarak jauh pada perlengkapan pacu jantung serta mobil. Pada Oktober 2016, serbuan penolakan layanan terdistribusi besar yang sebutannya Mirai. Mempengaruhi server DNS di tepi laut timur Amerika Serikat, mengusik layanan di segala dunia. Permasalahan yang kita telusuri kembali ke peretas yang menyusup ke jaringan lewat fitur IoT, tercantum router nirkabel serta kamera yang tersambung. Demikian pula, pada tahun 2015 suatu regu periset meyakinkan tentang teknologi fiktur IoT ini. Kalau Jeep bisa kita kendalikan dengan menggunakan jaringan seluler serta bis Jaringan Zona Pengendali kendaraan.

Tetapi, melindungi fitur IoT serta jaringan yang mereka hubungkan bisa jadi tantangan. Sebab beragamnya fitur serta vendor, dan sulitnya meningkatkan keamanan ke fitur dengan sumber energi terbatas. Dalam permasalahan botnet Mirai, perkaranya kita telusuri kembali ke pemakaian kata sandi default pada fitur yang teretas. Kata sandi yang kokoh, otentikasi/otorisasi serta manajemen bukti diri, segmentasi jaringan, enkripsi, serta kriptografi merupakan langkah-langkah keamanan IoT yang kita anjurkan.

Bagi kalian yang mau memiliki teknologi IoT Devices (Internet of Things Devices) ini bisa langsung konsultasi bersama kami www.comtelindo.com

Internet of Things