fbpx

Internet Mahakam Ulu Mulai Menunjukkan Taringnya!

Mahakam Ulu Kalimantan Timur

Dengan adanya rencana pembangunan ibu kota baru Indonesia di Pulau Kalimantan, menjadikan Kalimantan Timur sebagai Provinsi yang sangat gencar dalam hal pembangunan. Pembangunan ini tidak hanya akses jalan, listrik dan bangunan tempat tinggal/kantor, melainkan juga termasuk pembangunan infrastruktur jaringan internet, terutama Internet Mahakam Ulu.

Menurut Wikipedia, Mahakam Ulu adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Mahakam Ulu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sedangkan untuk Ibu Kota Kabupaten Mahakam Ulu ini berada di Desa Ujoh Bilang. Desa Ujoh Bilang termasuk dalam wilayah Kecamatan Long Bagun. Kabupaten Mahakam Ulu atau biasa disingkat Mahulu ini memiliki 5 Kecamatan di dalamnya.

Yaitu:

-Pertama Kecamatan Laham

-Kedua ada Kecamatan Long Apari

-Ketiga Kecamatan Long Bangun

-Selanjutnya Kecamatan Long Hubung

-Dan yang terkhir ada Kecamatan Long Pahangai

 

Internet Mahakam Ulu

Sudah bukan rahasia umum lagi jika jaringan internet di Indonesia ini sudah mulai membaik. Dengan kata lain, telah ada pemerataan dalam hal jangkauan jaringan internet hingga ke daerah pelosok. Dengan adanya internet yang sudah menjangkau masyarakat luas, informasi yang di terima masyarakat pelosok pun akan diterima dengan sangat cepat. Hal ini juga dapat membuat perekonomian mereka menjadi lebih baik dengan adanya internet. Misalnya saja mereka sudah bisa memulai menjajakan hasil karyanya ke dalam marketplace yang tersedia.

Kegiatan sekolah pun beberapa tahun belakangan ini juga terganggu karena adanya pandemi Covid-19. Sekolah sekolah di liburkan dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Alhasil SFH (School From Home) pun di lakukan untuk mengatasi masalah ini. Tanpa internet, SFH (School From Home) pun jadi tidak bisa. Maka dari itu, dengan adanya pemerataan jaringan internet sampai ke Mahakam Ulu ini akan sangat membantu para siswa/i ataupun mahasiswa/i untuk berkembang dalam hal pendidikan.

Memahami kondisi geografis Kabupaten Mahakam Ulu yang di dominasi oleh hutan hujan tropis, pembangunan infrastruktur jaringan internet pun tidak bisa langsung jadi. Sedikit informasi, luas hutan Mahulu mencapai 2.413.322 Ha atau sekitar 72% dari keseluruhan luas Kabupaten Mahakam Ulu itu sendiri. Kabupaten Mahakam Ulu merupakan kawasan Hulu dari Sungai Mahakam, sungai dengan panjang 920 KM dan terpanjang di Provinsi Kalimantan Timur.

Tapi setidaknya ada progress yang berjalan. Perlahan tapi pasti, berbagai kegiatan pembangunan pun terus digenjot Pemerintah Daerah, termasuk masalah infrastruktur internet, mulai dari Kabupaten, Kecamatan hingga masuk ke dalam Kampung.

 

Internet Mahulu

Berdasarkan kutipan dari kaltimkece.id, Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh dalam amanatnya di Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-6 Mahulu, yang bertempat di Lapangan Ujoh Bilang, Sabtu, 14 Desember 2019, mengatakan bahwa hingga hari ini, pembangunan sektor komunikasi yang ditunjang perangkat komunikasi seluler, juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sinyal memang masih sering mengalami gangguan dan kapasitas terpasang, perangkat menara komunikasi utama belum merata, namun dengan dukungan sistem komunikasi 4G, kita sudah bisa mengirim dan menerima data dan gambar dalam waktu yang sama

Dan berdasarkan dari rri.co.id, Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Telematika, Dinas Komunikasi dan informatika, Statistik dan Persandian Mahulu, Evodius Awang berkata:

β€œDi Kabupaten sendiri ada yang namanya β€œBandwidth Integrasi”, itu untuk mengatur bandwidth internet se-kabupaten Mahakam Ulu, khususnya lingkungan OPD dan Kantor Kecamatan. Itu secara keseluruhan sudah 100 persen, dengan kecepatan rata-rata 10 Mbps”

Hanya saja menurutnya, sebagian OPD ada yang menggunakan fiber optik, sebagiannya lagi menggunakan radio optik, karena sering terjadi FO Cut. Sehingga alternatif sementara menggunakan Radio Optic.

Baca Juga: Internet di Kutai Timur Semakin Terasa, UMKM Tumbuh Bersama Comtelindo!

Kemajuan jaman sudah sampai di era digital. Semua orang membutuhan informasi yang cepat dan tepat. Tidak hanya itu, kemampuan untuk melakukan kegiatan secara otomatis sudah terdengar biasa di jaman ini. Secara garis besar, kita sekarang mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupan menjadi serba digital.

Maka itu, Evodius mengharapkan kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan baik, mencari informasi yang bermanfaat dan memanfaatkan teknologi untuk berinovasi. Melakukan perubahan yang lebih baik untuk diri sendiri, masyarakat luas dan untuk Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Diungkapkan Kadis Kominfo Mahulu Nasution Hibau Djaang, kini masyarakat Kecamatan Long Apari (salah satu Kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu), dapat menikmati jaringan seluler. “Untuk tower yang ada di Long Apari, Alhamdulillah sudah aktif dan masyarakat di sana bisa berkomunikasi dan bertukar kabar dengan saudara mereka yang jauh, kemarin begitu mendengar kabar kita langsung tanggapi tepatnya tanggal 11 Desember kemarin kita kirim tim teknisi untuk memperbaikinya,” jelasnya.

 

Layanan Internet Mahakam Ulu Kalimantan Timur

Oleh karena itu, dengan info Mahulu di atas, sebagai Internet Service Provider PT COMTELINDO dapat memulai ekpansi jaringan internet lebih luas lagi. Bagi UMKM Start Up yang ingin berkembang lebih jauh di daerah Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, sudah tidak perlu khawatir. Sebab, PT COMTELINDO siap untukΒ  memberikan layanan Internet dan layanan Telekomunikasi untuk siapapun.

PT COMTELINDO Tidak hanya memberikan produk dan layanan internet berkualitas. Tetapi juga memberikan produk dan layanan Telekomunikasi, Multimedia, serta segala bentuk solusi IT yang dibutuhkan para UMKM Start Up di Mahakam Ulu (Mahulu).

 

Berikut Adalah Beberapa Produk Dari PT COMTELINDO Sang Solusi Penyedia Jasa IT, Internet dan Multimedia di Mahakam Ulu (Mahulu):

 

– Dedicated Internet Access (Fiber Optic, Radio, VSAT)
– Broadband Internet Access (Fiber Optic, Radio)
– Connectivity Services (VoIP, MPLS, Leased Line, VPN, Local Loop, etc)
– Software Development
– Data Center
– IT LAN Infrastructure
– CCTV
– Radio Trunking
– Access Control
– Video Conference
– PABX / IP PBX
– Manage IT Support / Device
– General Service & Outsourcing
– Software Project
  1. Aplikasi E-Procurement & Logistic PT. NAJ
  2. Aplikasi Penjualan Tiket PT. Cendana Mitra Travel
  3. Website Pt. Cendana Mitra Travel
  4. Aplikasi Marketing PT. Syahdina Land
  5. Aplikasi Billing SIstem PT. Borneo Vision
  6. Website Landing Page Kelas Pengusaha Muda
– Smart City
  1. Website DISPERINDAG Kutai Kartanegara
  2. SIHABOK DISPERINDAG Kutai Kartanegara
  3. e-Database Bappeda
– IOT (Internet of Things)
  1. Portable Truck Measurement System
  2. Automatic Tank Gauge
– Others
  1. Klikcoaching
  2. Health Care Society
  3. Aplikasi Undian Doorprize BLC
  4. Website PT. Cosyindo Teknik
  5. Website YBK Tour & Travel
– Dan Masih Banyak Lagi.

Kami menjamin kualitas dan layanan after sales dari produk yang kami tawarkan. Tentu saja dengan harga yang ramah di kantong tentunya.

 

KARENA:

PT COMTELINDO adalah Internet Service Provider Terbaik Untuk Bisnis Anda.

Internet dari PT COMTELINDO Siap Menjadi Mitra Bisnis Anda Hingga ke Puncak Dunia!

 

Apakah Anda berada di Mahakam Ulu dan sedang mengalami masalah tentang Internet, Telekomunikasi, atau bingung mencari solusi bagi UMKM Start Up Anda?

Jangan pernah ragu klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya!

Internet Mahakam Ulu