fbpx

Internet di Kutai Timur Semakin Terasa, UMKM Tumbuh Bersama Comtelindo!

Kabupaten Kutai Timur

Sudah tidak di ragukan lagi, pembangunan mulai menjamah Pulau Kalimantan. Tidak hanya infrastruktur bangunan, infrastruktur telekomunikasi juga sudah berkembang. Dengan adanya infrastruktur telekomunikasi, internet di Kutai Timur semakin terasa. Kutai Timur atau biasa di singkat Kutim, adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sedangkan untuk ibu kota Kabupaten Kutai Timur sendiri berada di Sangatta.

Dengan adanya pandemi Covid-19, perilaku hidup masyarakat mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman. Sebagai contoh, kegiatan yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka, sekarang sudah harus beraktivitas jarak jauh menggunakan jaringan internet. Seperti School From Home (SFH) dan Work From Home (WFH) adalah contoh dampak dari pandemi ini.

Sebagai salah satu Kabupaten yang mengusung konsep Smart City, internet sangat di butuhkan hingga ke daerah Kecamatan yang berada di Kutai Timur. Apalagi Sangatta sebagai ibu kota Kabupaten nya.

Inilah yang di sadari betul oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur di bawah kepemimpinan Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bilang (ASKB). Untuk itulah ASKB memerintahkan Dinas Kominfo Perstik Kutai Timur (Kutim) untuk mempercepat koneksi internet segera masuk ke desa – desa.

Seperti yang telah di lansir pada TRIBUNKALTIM.CO, pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah meresmikan internet desa atau telah di resmikannya program Merdeka sinyal.

Pada awalnya, program ini di cetuskan pada saat kampanye pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman – Kasmidi Bulang (atau biasa disebut ASKB) sebagai komitmen dalam menata Kutim sejahtera untuk semua.

Program Merdeka Sinyal telah menjadi salah satu program yang tercantum dalam 7 prioritas pembangunan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman – Kasmidi Bulang di Kabupaten Kutai Timur.

Demikian di sampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kutai Timur, Ery Mulyadi pada kegiatan peresmian internet desa.

“Khususnya dalam bidang infrastruktur, salah satu komitmennya adalah penyediaan jaringan internet di setiap desa,” ujarnya.

(Dilansir dari TRIBUNKALTIM.CO)

 

Internet Kutai Timur 2022

Diskominfo Perstik Kutim pun bergerak cepat dengan menyediakan fasilitas Internet berupa VSAT (Verry Small Aperture Terminal) dan Internet Wireless yang terhubung dengan satelit di 72 Desa sebagai layanan internet gratis. Dan pada Kamis (30/12/2021) Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik melaksanakan peresmian tersebut.

Terlansir dari siaran pers Kadiskominfo Perstik Kutim Eri Mulyadi pada hari yang sama, bahwa acara peresmian internet desa ini di laksanakan pada dua tempat, yaitu di dalam ruang Live Room Diskominfo Perstik dan di Desa Pulau Miang. Di mana dalam ruang Live Room Diskominfo Perstik di pimpin oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan di Desa Pulau Miang yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

β€œDalam program itu, Pemkab Kutim melalui Diskominfo Perstik memberikan fasilitasi akses internat VSAT dan internet Wireles yang terhubung dengan satelit di 72 desa secara gratis,” tegas Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman.

β€œTujuan dari program ini untuk menyediakan akses internet di desa yang sebelumnya belum ada. Lebih utama, program ini untuk meningkatkan literasi masyarakat di berbagai bidang seperti pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital,” tambah Ardiansyah Sulaiman.

β€œDengan internet Desa, warga desa khususnya generasi muda bisa belajar secara online apalagi di masa pandemi covid 19 dan semakin membuka akses informasi, pendidikan dan meningkatkan produktivitas juga pemasaran produk – produk lokal,” harapnya.

(Dilansir dari gpriority.co.id)

 

Baca Juga: Ternyata Inilah Internet Selain IndiHome di Balikpapan!

 

Internet Sangatta Indonesia

Ardiansyah Sulaiman sang Bupati Kutai Timur, berkeinginan agar akses internet ini dapat mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mempromosikan produk – produk lokal mereka dengan menggunakan saluran e-commerce atau market place yang ada.

β€œBUMDes dapat bekerja sama dengan Start Up lokal menggunakan Internet of Things (IoT) untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi aktivitas ekonomi. Pada gilirannya kesejahteraan masyarakat akan meningkat melalui inovasi digital,” tuturnya.

Sementara itu di Pulau Miang, Kadis Kominfo Perstik Eri Mulyadi yang hadir menemani Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyampaikan bahwa peresmian Internet Desa atau Program Merdeka Signal ini sesuai dengan komitmen β€œMenata Kutim Sejahtera untuk Semua” yang tercantum dalam 7 Prioritas pembangunan ASKB.

7 Prioritas pembangunan yang disebut di atas adalah berada di bidang:

  1. Ekonomi
  2. Infrastuktur
  3. Pendidikan
  4. Kesehatan
  5. Sosial dan Kependudukan
  6. Pertanian Peternakan dan Nelayan
  7. Pariwisata dan Kebudayaan

β€œKhususnya dalam bidang Infrastuktur, salah satu Komitmennya adalah Penyediaan Jaringan Internet di setiap desa,” ujar Eri Mulyadi.

(Dilansir dari gpriority.co.id)

 

Internet Kutim Indonesia

Sedangkan anggota DPRD Kutim, Alfian Aswad mengatakan, untuk membuka terisolirnya wilayah tentu terkait jangkauan jaringan internet. Dengan begitu informasi yang beredar juga bisa sampai di daerah terpencil. Termasuk Kecamatan Sandaran (salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur)

Kalaupun anggaran yang di siapkan ternyata hanya sedikit. Paling tidak bisa di lakukan pekerjaan bertahap. Namun tiap tahun selalu ada kelanjutan dari rencana perluasan jaringan internet tersebut. Sehingga tak terkesan program yang berjalan mandek.

β€œMisal, tiap tahun ada penambahan dua tower saja. Saya rasa itu cukup, asal terus berlanjut,” tegas Alfian Aswad.

Terlebih lagi kebutuhan akan teknologi informasi ini sudah jadi kebutuhan primer masyarakat di Indonesia, termasuk masyarakat Kutai Timur. Sebab hampir semua anggota DPRD mendapat aspirasi masyarakat agar dapat memperluas jaringan internet. Maka dia menyimpulkan, persoalan ini sudah jadi kebutuhan dasar bagi warga.

β€œTapi perencanaan juga harus berjalan baik. Harus melihat kebutuhan yang prioritas dulu,” tutur Alfian Aswad.

Untuk membuka akses internet di wilayah pelosok dan pesisir, ini merupakan langkah brilian.

β€œKami siap mendorong itu. Fungsi pengawasan dan anggaran terkait perataan jaringan internet hingga pelosok siap kami dorong,” tandasnya.

(Dilansir dari kaltimtoday.co)

 

Layanan Internet Sangatta Kutai Timur

Dengan berita Kutim di atas, PT COMTELINDO dapat memulai ekpansi jaringan internet lebih luas lagi. Bagi UMKM Start Up yang ingin berkembang lebih jauh di Sangatta, Kutai Timur, sudah tidak perlu khawatir. Sebab, PT COMTELINDO siap untuk Β memberikan layanan Internet dan layanan Telekomunikasi untuk siapapun.

PT COMTELINDO Tidak hanya memberikan produk dan layanan internet berkualitas. Tetapi juga memberikan produk dan layanan Telekomunikasi, Multimedia, serta segala bentuk solusi IT yang di butuhkan para UMKM Start Up di Sangatta.

 

Berikut Adalah Beberapa Produk Dari PT COMTELINDO Sang Solusi Penyedia Jasa IT, Internet dan Multimedia di Sangatta:

 

– Dedicated Internet Access (Fiber Optic, Radio, VSAT)
– Broadband Internet Access (Fiber Optic, Radio)
– Connectivity Services (VoIP, MPLS, Leased Line, VPN, Local Loop, etc)
– Software Development
– Data Center
– IT LAN Infrastructure
– CCTV
– Radio Trunking
– Access Control
– Video Conference
– PABX / IP PBX
– Manage IT Support / Device
– General Service & Outsourcing
– Software Project
  1. Aplikasi E-Procurement & Logistic PT. NAJ
  2. Aplikasi Penjualan Tiket PT. Cendana Mitra Travel
  3. Website Pt. Cendana Mitra Travel
  4. Aplikasi Marketing PT. Syahdina Land
  5. Aplikasi Billing Sistem PT. Borneo Vision
  6. Website Landing Page Kelas Pengusaha Muda
– Smart City
  1. Website DISPERINDAG Kutai Kartanegara
  2. SIHABOK DISPERINDAG Kutai Kartanegara
  3. e-Database Bappeda
– IOT (Internet of Things)
  1. Portable Truck Measurement System
  2. Automatic Tank Gauge
– Others
  1. Klikcoaching
  2. Health Care Society
  3. Aplikasi Undian Doorprize BLC
  4. Website PT. Cosyindo Teknik
  5. Website YBK Tour & Travel
– Dan Masih Banyak Lagi.

 

Kami menjamin kualitas dan layanan after sales dari produk yang kami tawarkan.

Tentu saja dengan harga yang ramah di kantong tentunya.

 

KARENA:

PT COMTELINDO adalah Internet Service Provider Terbaik Untuk Bisnis Anda.

Internet dari PT COMTELINDO Siap Menjadi Mitra Bisnis Anda Hingga ke Puncak Dunia!

 

Apakah Anda berada di Sangatta dan sedang mengalami masalah tentang Internet, Telekomunikasi, atau bingung mencari solusi bagi UMKM Start Up Anda?

Jangan pernah ragu klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya!

Internet Kutai Timur