fbpx

Gerbang Logika Dasar yang Harus Kalian Pahami

Gerbang Logika Dasar

Gerbang Logika atau gerbang logika dasar, dapat di artikan dalam bahasa Inggris sebagai Logic Gate. Yaitu adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (keluaran). Contoh sederhanya adalah jika kalian menekan (input) saklar lampu, maka lampu tersebut akan menyala (output). Dan masih banyak sekali contohnya di kehidupan sehari hari. Terlebih lagi dengn kemajuan jaman sekarang ini, menyebabkan gerbang logika sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari hari atau pun dalam industri.

Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean. Gerbang Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.

 

Jenis – Jenis Gerbang Logika Dasar

Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu :

 

  1. AND Gate
  2. OR Gate
  3. NOT Gate
  4. NAND Gate
  5. NOR Gate
  6. X-OR (Exclusive OR) Gate
  7. X-NOR (Exlusive NOR) Gate

 

Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input (masukan) yang menghasilkan Output (keluaran) Logis disebut dengan “Tabel Kebenaran” atau “Truth Table”.

 

Input dan Output pada Gerbang Logika hanya memiliki 2 level. Kedua Level tersebut pada umumnya dapat dilambangkan dengan :

 

HIGH (tinggi) dan LOW (rendah)

TRUE (benar) dan FALSE (salah)

ON (Hidup) dan OFF (Mati)

1 dan 0

 

Contoh Penerapannya ke dalam Rangkaian Elektronika yang memakai Transistor TTL (Transistor-transistor Logic),  maka 0 Volt dalam Rangkaian akan diasumsikan sebagai “LOW” atau “0” sedangkan 5 Volt akan diasumsikan sebagai “HIGH” atau “1”.

 

Berikut ini adalah Penjelasan singkat mengenai 7 jenis Gerbang Logika Dasar beserta Simbol dan Tabel Kebenarannya.

 

Gerbang AND (AND Gate)

 

Gerbang AND memerlukan 2 input atau lebih untuk menghasilkan hanya 1 output. AND Gate akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua masukan (Input) bernilai Logika 1 dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 jika salah satu dari masukan (Input) bernilai Logika 0. Sehingga AND Gate hanya membutuhkan 1 trigger saja, agar output menjadi 1 atau ter triger. Simbol yang menandakan Operasi Gerbang Logika AND adalah tanda titik (“.”) atau tidak memakai tanda sama sekali. Contohnya : Z = X.Y atau Z = XY.

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang AND (AND Gate)

Gerbang Logika Dasar

Gerbang OR (OR Gate)

 

OR Gate atau Gerbang OR memerlukan 2 input atau lebih untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang OR akan menghasilkan Keluaran (Output) 1 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0. Bisa di artikan bahwa jika salah satu input saja mendapat triger, maka output akan tertriger. Jika ada lebih dari satu input tertriger, maka output tetap mendapatkan triger. Jika salah semua input 0 atau tidak ada triger maka output akan 0.

 

Simbol yang menandakan Operasi Logika OR adalah tanda Plus (“+”). Contohnya : Z = X + Y.

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang OR (OR Gate)

Gerbang Logika Dasar

 

Gerbang NOT (NOT Gate)

 

Note Gate atau Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah Masukan (Input) untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (Output). Gerbang NOT disebut juga dengan Inverter (Pembalik) karena menghasilkan Keluaran (Output) yang berlawanan (kebalikan) dengan Masukan atau Inputnya. Berarti jika kita ingin mendapatkan Keluaran (Output) dengan nilai Logika 0 maka Input atau Masukannya harus bernilai Logika 1. Gerbang NOT biasanya dilambangkan dengan simbol minus (“-“) di atas Variabel Inputnya.

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOT (NOT Gate)

Gerbang Logika Dasar

 

Gerbang NAND (NAND Gate)

 

Arti NAND adalah NOT AND atau BUKAN AND, Gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang AND. Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran Logika 0 apabila semua Masukan (Input) pada Logika 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1. Cukup mudah di pahami bukan?

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NAND (NAND Gate)

Gerbang Logika Dasar

 

Gerbang NOR (NOR Gate)

 

Arti NOR adalah NOT OR atau BUKAN OR, Gerbang NOR merupakan kombinasi dari Gerbang OR dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang OR. Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran Logika 0 jika salah satu dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika ingin mendapatkan Keluaran Logika 1, maka semua Masukan (Input) harus bernilai Logika 0. Gate ini hanya kebalikan dari Gate OR yaa.

 

Baca Juga: 7 Penyedia Blog Gratis Terbaik

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOR (NOR Gate)

Gerbang Logika Dasar

 

Gerbang X-OR (X-OR Gate)

 

X-OR adalah singkatan dari Exclusive OR yang terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output) Logika. Gerbang X-OR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan-masukannya (Input) mempunyai nilai Logika yang berbeda. Jika nilai Logika Inputnya sama, maka akan memberikan hasil Keluaran Logika 0. Hanya dengan salah satu perbedaan di dalam input, suatu data akan mengirim sinyal ke output untuk triger.

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang X-OR (X-OR Gate)

Gerbang Logika Dasar

 

Gerbang X-NOR (X-NOR Gate)

 

Seperti Gerbang X-OR,  Gerban X-NOR juga terdiri dari 2 Masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output). X-NOR adalah singkatan dari Exclusive NOR dan merupakan kombinasi dari Gerbang X-OR dan Gerbang NOT. Gerbang X-NOR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang sama dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang berbeda. Hal ini merupakan kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR).

 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang X-NOR (X-NOR Gate)

Gerbang Logika Dasar

 

Kesimpulan

Setelah melihat artikel di atas, kita dapat asumsikan bahwa sebenarnya kita masih bisa untuk melakukan hal hal menarik lainnya di dunia ini. Admin berharap, seseorang yang telah melihat artikel ini akan dapat mengerti arti dari Gerbang Logika Dasar sederhana ini. Tapi jika masih kurang mengerti, kalian bisa langsung komen di bawah kok.

 

Jika ingin melihat artikel artikel menarik lainnya, jangan lupa untuk mampir ke Website kami yaa..

Mampir juga ke Instagram kami.

 

Sumber: teknikelektronika.com