fbpx

Gadget Buat Bangunin Sahur Nih! Kalian Udah Punya Belum?

Gadget Buat Bangunin Sahur Nih! Kalian Udah Punya Belum?

Pahala dari setiap ibadah, di tentukan dari tingkat kesulitannya. Memasuki bulan Ramadhan ini, salah satu ibadah yang wajib di lakukan adalah Puasa. Di dalam puasa, kita juga harus makan sahur di sepertiga malam setiap harinya. Bagi orang yang sudah bangun seperti admin, hal ini tentu saja adalah tantangan yang besar. Untuk menghindari telat bangun sahur, admin sudah rangkumkan beberapa gadget buat bangunin sahur lhoo.

Bukan hanya alarm smartphone saja yang berada di jajaran rekomendasi admin kali ini. Ingin tau apa saja itu? Ayo simak ulasannya!

Seperti yang telah di kutip dari detik.com, berikut adalah rekomendasi gadget buat bangunin sahur:

 

1. Smart Lamp / Lampu Pintar

Gadget buat bangunin sahur yang pertama adalah Smart Lamp. Lampu pintar memungkinkan kita menggunakan smartphone untuk menyalakan dan mematikan bohlam, dan membuatnya bekerja sesuai jadwal yang sudah ditentukan juga. Banyak jenis lampu pintar juga hadir dengan fitur yang akan memudahkan kita bangun tidur dengan meniru waktu dan warna Matahari terbit yang terlihat alami.

Dengan intensitas terang secara bertahap, lampu – lampu seperti ini bertujuan untuk membangunkan kita dengan cara yang sama seperti cahaya Matahari. Beberapa bohlam, seperti yang ada dalam rangkaian produk Philips Hue, dapat menyesuaikan waktu Matahari terbit di lokasi kalian dan akan terprogram otomatis.

Ada juga jenis lampu pintar yang cukup di beri tahu kapan harus membangunkan diri kita, dan tingkat kecerahannya bisa di tentukan selama beberapa menit. Pengaturan bisa di lakukan lewat aplikasi di smartphone.

Bohlam Lifx adalah salah satu merek yang punya kemampuan ini. Kita bisa mengatur waktu Matahari terbit dan terbenam, dan aplikasi Lifx menangani sisanya (termasuk mencocokkan warna Matahari terbit atau terbenam).

Beberapa lampu pintar juga dibuat khusus untuk membuat kita bangun dari tempat tidur secara alamai. Pada waktu yang dipilih, Philips SmartSleep Sleep atau Wake-up Light misalnya, akan secara bertahap mengisi kamar tidur kita dengan cahaya. Ini bisa membantu kita bangun di malam hari juga, dengan menghasilkan siklus cahaya dan suara yang menenangkan untuk membantu lebih cepat tertidur agar tidak terlambat bangun.

 

2. Smartwatch / Fitness Tracker

Gadget buat bangunin sahur yang kedua adalah Smartwatch. Manfaat menggunakan jam tangan pintar atau fitness tracker untuk membangunkan tidur ada dua. Pertama, gadget ini dapat memantau berbagai tahap tidur yang bisa memberi informasi kualitas tidur. Kedua, smartwatch dan fitness tracker dapat membangunkan kita dengan getaran lembut alih-alih bunyi yang berisik.

Wearable gadget ini juga dapat memantau gerakan kita sepanjang malam, hingga melacak saat kita mengalami tidur nyenyak. Kemudian kita bisa menggunakan data itu untuk menentukan waktu terbaik untuk bangun, dan untuk tetap berpegang pada rutinitas yang menampilkan waktu tidur dan waktu bangun yang sama.

Beberapa smartwatch dan fitness tracker memungkinkan kita memilih periode waktu kapan ingin bangun. Ada juga pengaturan getaran yang berguna jika kebetulan tidur dengan orang lain yang harus bangun di waktu yang berbeda. Sebagian besar smartwatch dan fitness tracker biasanya sudah punya fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, misalnya Samsung Galaxy Watch dan Fitbit Inspire.

 

3. Alarm Radio

Alarm Radio menjadi gadget buat bangunin sahur berikutnya. Jika kita tidak terlalu suka teknologi modern atau ingin ada sedikit sentuhan dekorasi retro di kamar tidur, mungkin bisa mengandalkan alarm radio. Tak perlu selalu beli yang baru, kita bisa bersihkan alarm radio lama yang mungkin sudah bertahun-tahun tidak di sentuh sejak kita punya smartphone.

Beberapa alasan mengapa alarm radio lebih efektif membangunkan tidur ketimbang alarm di smartphone: kita harus benar-benar bangun dari tempat tidur untuk mematikannya (usahakan taruh alarm cukup jauh dari tempat tidur), benda ini dapat memperdengarkan berita utama di hari itu atau genre musik favorit, dan itu berarti kita bisa menyingkirkan smartphone dan semua notifikasi yang mengganggu semalaman agar tidak merusak kualitas tidur.

Jika kita belum pernah memilikinya, harga alarm radio pun relatif lebih murah di bandingkan gadget modern. Beberapa fitur alarm radio tergantung pada model yang di dapatkan. yang punya cahaya Matahari terbit terintegrasi seperti Jall Wake Up Light Sunrise Alarm atau ada juga merek Dream Sky yang secara bertahap menyesuaikan volume alarm sehingga kita tidak kaget saat bangun.

 

Baca Juga: Dampak Layanan 3G Dimatikan Bagi Smartphone

 

4. Speaker Pintar

Gadget buat bangunin sahur yang berikutnya adalah Speaker Pintar. Speaker pintar tampaknya sudah menjadi gadget yang umum ada di ruang tidur atau ruang keluarga modern, sehingga kita mungkin sudah mulai menggunakan salah satu perangkat ini untuk membangunkan di pagi hari.

Speker pintar seperti Amazon Echo atau Google Home, dapat mengatur alarm berulang untuk waktu yang sudah dipilih. Menyetel atau mengubah alarm, dan mematikannya pun mudah, cukup dengan perintah suara.

Speaker pintar Amazon dan Google ini juga fungsi lain seperti menyalakan lampu pintar, mendengarkan berita pagi, mulai mendengarkan podcast, menikmati beberapa lagu saat bangun tidur, melaporkan prakiraan cuaca, hingga kondisi jalanan jika kita akan pergi di pagi hari.

Perlu di ingat, sangat penting untuk memulai hari dengan baik, dan menemukan gadget yang tepat untuk membuat kita bangun tanpa kaget dan tergesa-gesa adalah bagian besar dari itu. Ingat, kita tidak harus bergantung pada smartphone untuk melakukannya.

 

5. Google

Dan gadget buat bangunin sahur yang terakhir, seperti yang di lansir dalam tek.id, Google ikut meramaikan Ramadhan tahun ini dengan memberikan sentuhan pada layanannya. Ubahan ini di sesuaikan agar mampu membantu pengguna menjalani ibadah selama bulan Ramadhan. Mulai dari Google Search, Google Assistant hingga Google Play di rancang untuk membantu pengguna selama Ramadhan. Sejumlah layanan Google ini juga memberikan menu baru sesuai dengan momen Ramadhan.

Sementara itu di Google Assistant, pengguna bisa memasang alarm untuk membangunkan sahur. Bahasa yang tidak formal pun akan dimengerti oleh Google Assistant. Misalnya dengan mengatakan “bangunin sahur jam 3 pagi”, maka Google Assistant akan mengatur alarm untuk membangunkan kita.

Pengguna juga bisa membuat pengingat melalui Google Assistant misalnya untuk mengingatkan jadwal meeting atau buka bersama (bukber). Asisten virtual Google ini juga bisa membantu kita mencarikan tempat oleh-oleh, dengan mengatakan “tempat oleh-oleh dekat sini”.

Google Play juga ikut meramaikan Ramadhan. Di Ramadhan kali ini, Google Play akan menampilkan berbagai rekomendasi aplikasi, games atau produk lainnya yang sedang promo selama Ramadhan.

 

Kesimpulan

Seperti itulah ulasan singkat yang bisa admin share kali ini. Tetap jangan lupa berolah raga dan banyak minum air putih ya sobat. Semoga kalian sehat selalu.

Terus kunjungi Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan berbagai informasi tentang teknologi menarik lainnya.