fbpx

Cara Reset Mikrotik Yang Benar

Harus Tau! Seperti Ini Cara Reset Mikrotik Yang Benar

Cara Reset Mikrotik Yang Benar – Metode atau Cara Reset Mikrotik yang Benar perlu di lakukan bila terjadi hal yang tidak di idamkan dengan perangkatr Mikrotik kita. Misalnya saat lupa password mikrotik, saat Mikrotik ngehang serta tidak dapat di remote, ataupun kala mau melakukan setting Mikrotik dari awal

Melakukan reset pada perangkat Mikrotik bisa jadi jalan keluar dari keadaan tersebut. Mengingat dengan melakukan reset Mikrotik, maka perangkat Mikrotik bisa kembali ke keadaan awal (default).

Sehingga saat kita kurang ingat password mikrotik, kita dapat kembali login ke Mikrotik dengan password default Mikrotik setelah direset.

Sama halnya kala perangkat Mikrotik kita seketika ngehang serta tidak merespon apapun yang kita jalani, telah coba direstart namun tetap tidak terdapat reaksi serta tidak dapat login pula.

Pada keadaan tersebut mereset mikrotik bisa jadi salah satu solusinya. Tetapi pada keadaan tertentu pula keadaan tersebut tidak dapat berakhir cuma dengan reset. Lebih lanjut bisa coba dituntaskan dengan metode install ulang dengan memakai software Netinstall.

Oke, kali ini kita tidak akan mengulas tentang Netinstall, tetapi metode atau cara mereset Mikrotik yang benar dengan metode soft reset ataupun hard reset.

 

Metode atau Cara Reset Mikrotik Lewat RouterOS

Sistem Operasi RouterOS Mikrotik telah dilengkapi dengan fitur buat melakukan reset konfigurasi baik lewat perintah terminal ataupun Command Line Interface (CLI) ataupun menu Graphical User Interface (GUI) nya.

 

Mereset Mikrotik lewat Command Line Interface( CLI)

1. Login ke Mikrotik, dapat lewat Winbox, Webfig, Telnet, SSH, ataupun Console

2. Jika login Mikrotik via Winbox ataupun Webfig, buka terminal

3. Ketikkan perintah berikut: /system reset-configuration

4. Ketikkan y dan tekan enter

 

Mereset Mikrotik lewat Graphical User Interface( GUI)

1. Login ke Mikrotik, dapat lewat Winbox maupun Webfig.

2. Klik Menu System => Reset Configuration

3. Akan muncul tampilan opsi reset, dapat dicentang sesuai dengan kebutuhan. Bila tidak yakin, hilangkan seluruh centang nya.

4. Klik Reset Configuration

 

Seperti itu 2 metode reset mikrotik lewat RouterOS. Nampak gampang kan?

Tetapi pada keadaan tertentu umumnya kita tidak dapat masuk ataupun login ke Mikrotik nya, sehingga kecuali metode di atas tidak dapat di lakukan.

Tenang, masih terdapat metode atau cara lain buat mereset Mikrotik. Yaitu dengan melakukan hard reset, ataupun reset lewat tombol hardware yang terdapat pada RouterBoard Mikrotik nya.

Pada seluruh perangkat buatan Mikrotik telah dibekali dengan tombol reset, baik tombol reset yang nampak dari luar, ataupun pin jumper reset yang terdapat di dalam board nya yang cuma dapat dijangkau dengan membuka casing Mikrotik nya.

 

Metode Reset Mikrotik Memakai Tombol Hardware

Cari posisi tombol reset pada RouterBoard Mikrotik, sebab setiap routerboard posisi tombol reset nya berbeda – beda. Tetapi umumnya terdapat lubang kecil di bagian depan routerboard dekat colokan power.

Di dalam lubang reset tersebut ada tombol kecil yang wajib di tekan dengan metode di tusuk dengan barang yang mempunyai ujung runcing ataupun tipis. Umumnya kita dapat memakai Pensil, Pulpen, Obeng kecil ataupun barang runcing yang lain.

Kamu dapat coba menusuk lubang reset nya, buat meraba posisi tombol reset di dalam nya. Bila telah ketemu biasanya saat di tekan akan memunculkan sensasi seperti terdapat tombol yang di tekan serta kadangkala berbunyi “tek”.

Jangan terlalu keras dalam memencet tombolnya, tekan seperlunya saja tetapi juga pastikan telah tertekan dengan benar tombol nya. Bila terlalu keras dalam memencet tombol resetnya bisa jadi terlepas dari tempatnya serta akan memunculkan permasalahan baru.

 

Metode Mereset Mikrotik Mengguakan Tombol Reset

1. Pastikan perangkat Mikrotik dalam keadaan mati.

2. Tekan serta tahan tombol reset

3. Nyalakan perangkat Mikrotik nya sembari tetap menahan tombol reset serta tunggu beberapa saat sampai lampu penanda berkedip – kedip.

4. Lepas tombol reset serta restart Mikrotik nya.

5. Jika setelah di restart Mikrotik belum pula ter – reset, coba lagi langkah di atas.

Bila sehabis sebagian kali percobaan masih belum dapat ter- reset pula, hingga dapat berupaya metode berikutnya.

 

Metode Mereset Mikrotik Memakai Jumper Reset

Nyaris seluruh perangkat Mikrotik Routerboard di lengkapi dengan lubang jumper reset. Tetapi pada beberapa tipe perangkat, lubang jumper reset nya terdapat di dalam casing, sehingga wajib melepas casing Mikrotik nya terlebih dulu.

Kita dapat melepas casing Mikrotik RouterBoard nya dengan memakai Obeng. Berikutnya cari posisi dari jumper reset nya.

Buat melakukan reset mikrotik memakai jumper reset, triknya adalah sebagai berikut:

1. Pertama pastikan RouterBoard Mikrotik dalam keadaan mati

2. Lalu yang kedua hubungkan jumper reset dengan memakai obeng ataupun barang lain (konduktor)

3. Selanjutnya sembari tetap menghubungkan jumper reset, nyalakan Mikrotik nya.

4. Tunggu beberapa saat, setelah itu lepas jumper nya serta restart Mikrotik.

Demikianlah sebagian Metode atau Cara Reset Mikrotik yang Benar beserta pembahasannya.

 

sumber

 

tutorialmikrotik.com