fbpx

Cara Netinstall Mikrotik

Netinstall Mikrotik Adalah Obat Mikrotik Kerap Hang

Cara Netinstall Mikrotik – Metode atau Cara Netinstall Mikrotik sebagai obat buat Mikrotik yang error serta kerap hang akan kita bahas pada Bimbingan Mikrotik kali ini. Untuk yang belum tau tentang Netinstall, kita akan bahas dahulu uraian tentang apa itu Netinstall.

 

Apa itu Netinstall?

Netinstall merupakan aplikasi buatan Mikrotik yang didesain buat sistem operasi Windows yang bisa digunakan buat melakukan instalasi Router OS MikroTik ke Komputer ataupun ke RouterBoard lewat jaringan Ethernet.

Netinstall akan melakukan format ulang pada media penyimpanan (disk) perangkat Mikrotik serta mengenai file sistem pada disk tersebut dengan file baru.

Format ulang disk tersebut menyebabkan seluruh konfigurasi (config) pada Mikrotik lenyap, namun tidak melenyapkan informasi lisensi key RouterOS nya.

Hal tersebut bisa menanggulangi bermacam permasalahan pada perangkat mikrotik yang diakibatkan oleh aplikasi yang corrupt. Seperti suka ngehang, ataupun error tidak dapat diakses.

Netinstall juga bisa digunakan buat menanggulangi kasus lupa password mikrotik, sebab setelah dilakukan netinstall maka sistem operasi RouterOS akan kembali ke keadaan awal (default). Sehingga kita dapat login ke Mikrotik memakai Password Default Mikrotik.

Perangkat Mikrotik yang akan di lakukan Netinstall wajib menunjang boot dari ethernet. Tidak hanya itu, wajib terdapat koneksi ethernet langsung dari Komputer / Laptop yang di gunakan buat netinstall ke perangkat Mikrotik sasaran.

Jadi intinya Netinstall itu bisa di gunakan buat melakukan install ulang sistem operasi RouterOS serta membetulkan bermacam macam error pada sistem operasi RouterOS sebelumnya.

Karena yang butuh di cermati merupakan perangkat RouterBoard Mikrotik itu mirip seperti Komputer / Laptop yang mempunyai Hardware (RouterBoard) dan juga Software (RouterOS).

Bersamaan dengan berjalannya waktu maka bisa saja terjalin error pada sitem operasi RouterOS nya, sehingga menyebabkan perangkat Mikrotik tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Sama halnya dengan Komputer / Laptop, jika telah lama di pakai kadang kala OS Windows nya error, kena virus, ataupun file nya corrupt sehingga membuat lemot ataupun error. Salah satu solusinya adalah dengan install ulang OS nya.

 

Metode atau Cara Netinstall Mikrotik

Agar dapat melakukan Netinstall pada perangkat Mikrotik, kita membutuhkan beberapa perlengkapan serta juga software yang di gunakan untuk netinstall. Siapkan peralatan seperti berikut:

  • Software Netinstall dapat unduh dari websitenya Mikrotik: mikrotik.com/download
  • File RouterOS Mikrotik yang akan di gunakan buat install ulang. Unduh di websitenya Mikrotik: (link sama seperti di atas)
  • Kabel UTP
  • Barang yang memiliki ujung tipis ataupun runcing untuk memencet tombol reset, misalnya obeng, pensil, pulpen, dll.

Setelah seluruh peralatan telah siap, ayo lanjut ke caranya.

1. Pertama tama pastikan unduh softwware Netinstall tipe Stable serta unduh File Main Package RouterOS cocok dengan jenis perangkat Mikrotik dengan tipe Stable pula.

2. Berikutnya matikan seluruh koneksi pada Komputer / Laptop yang di gunakan buat Netinstall kecuali koneksi ke Mikrotik target netinstall

3. Selanjutnya kamu bisa rubah setingan IP Address pada Komputer/ Laptop dengan konfigurasi seperti berikut:

  • IP Address: 192.168.0.1
  • Subnetmask: 255.255.255.0

4. Setelah itu buka software Netinstall => klik tombol Net Booting => centang Boot Server enabled => masukan IP Address: 192.168.0.2

5. Jika sudah, matikan perangkat Mikrotik serta cabut kabel power nya.

6. Berikutnya tekan serta tahan tombol reset Mikrotik sembari menyalakan Mikrotik nya.

7. Terus tahan tombol resetnya sampai pada tampilan Software Netinstall nya muncul tipe serta MAC Address dari RouterBoard nya.

8. Lepaskan tombol reset => klik MAC Address RouterBoard nya di software Netinstall => Cari folder posisi file RouterOS yang ingin di install => Centang file RouterOS nya => Klik Install

9. Selanjutnya silakan tunggu sampai proses instalasi berakhir.

10. Bila proses telah berakhir, perangkat Mikrotik akan melakukan reboot / restart secara otomatis

11. Setelah berakhir, buka winbox serta login ke Mikrotik untuk melakukan konfigurasi

 

Begitulah langkah – langkah nya. Bila masih terdapat hambatan di kala melaksanakan netinstall, coba lagi ulangi langkah – langkah di atas.

 

sumber

 

tutorialmikrotik.com