fbpx

Cara Mengatasi Laptop Hang atau Not Responding, It’s Work!

Cara Mengatasi Laptop Hang atau Not Responding, It’s Work!

 

Cara Mengatasi Laptop Hang Laptop hang atau not responding menjadi momok mengerikan bagi kita sang pekerja ataupun pelajar. Bayangkan saja jika kita sedang melakukan kegiatan yang di tuntut oleh deadline di dalam laptop, lalu tiba tiba laptop kita hang atau not responding dengan sendirinya? Sedih, marah, bingung, semua perasaan bercampur menjadi satu pastinya.

Tidak ada dari kita yang menginginkan hal di atas yaa. Tapi di dunia ini semua bisa terjadi. Jadi kita sudah harus mempersiapkan kemungkinan kemungkinan terburuknya. Di dalam artikel kali ini, admin akan membagikan cara mengatasi laptop hang atau not responding.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi laptop hang atau not responding:

 

1. Berikan Waktu Bagi Laptop Untuk Memproses.

Cara mengatasi laptop hang yang pertama adalah memberikan waktu bagi laptop untuk memproses. Terkadang layar laptop blank sejenak karena laptop sedang memproses tugas yang rumit. Karena itu, cobalah tunggu dan beri waktu beberapa menit agar laptop dapat memproses.

 

2. End Task Program Yang Tidak Merespon.

Cobalah lihat apakah Caps Lock pada laptop Anda bisa dihidupkan dan dimatikan. Jika bisa, maka sebetulnya Windows masih berfungsi, namun ada program lain yang mungkin tidak merespon dan menyebabkan laptop hang. Kita bisa melakukan langkah berikut: Tekan Ctrl+Alt+Del untuk membuka Windows Task Manager => Lihat program yang not responding dan pilih end task.

 

3. Uninstall Aplikasi.

Salah satu cara mengatasi Laptop hang berikutnya adalah Uninstall Aplikasi. Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk.

Mulailah untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang jarang dipakai. Setelah itu Anda bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi – aplikasi tersebut untuk mengurangi lemot. Anda cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun.

 

4. Lakukan Reboot.

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, Anda mungkin harus mencoba melakukan reboot ulang laptop Anda. Caranya adalah Tekan dan tahan tombol power sampai laptop mati. Setelah laptop dalam keadaan mati, tunggulah beberapa detik baru kemudian hidupkan lagi dan biarkan laptop menyala seperti biasa.

 

5. Gunakan Antivirus.

Selanjutnya, virus pada perangkat elektronik menjadi salah satu penyakit yang membuat laptop sering not responding. Gunakan aplikasi antivirus dan gunakan dengan semestinya.

 

6. Install Pembaruan Terbaru.

Jika Anda tidak menginstal pembaruan terbaru dengan tepat waktu maka laptop Anda mungkin bisa gagal berfungsi dengan lancar. Itu sebabnya cobalah untuk selalu menjalankan Microsoft Windows yang resmi dan mengunduh pembaruan terkini.

Anda bisa mengatur pembaruan tersebut secara otomatis, atau dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Pada windows Vista, windows 7, windows 8, windows 8.1: Buka Control Panel => Klik opsi System and Security => Klik opsi Windows Update => Windows Update akan mengecek apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, Anda bisa melihat pembaruan apa yang tersedia, lalu instal semua pembaruan yang penting terlebih dahulu.

Pada Windows 10: Buka Settings => Klik Update & Security => Klik Windows Updates => Klik Check for updates => Klik restart now setelah pembaruan diunduh ke perangkat laptop Anda.

 

7. Gunakan Aplikasi untuk Mengatasi Laptop Lemot.

Ketahuilah tentang spesifikasi laptop Anda. Hal ini berguna untuk memasangkan aplikasi sesuai dengan spesifikasi Processor dan RAM laptop Anda. Jika terlalu memaksakan install aplikasi, padahal laptop tidak mampu menampung atau menerima, maka siap-siap saja laptop menjadi lemot. Jadi jangan sembarang install game yang terlalu berat yah.

 

8. Jalankan Pemeriksaan Memori.

Jika Anda merasa cara mengatasi laptop hang atau not responding yang Anda alami adalah dari memori atau RAM, maka cobalah memeriksa memori dengan menjalankan Windows Memory Diagnostics dengan cara sebagai berikut: Tekan tombol Windows + R => Ketik mdsched.exe pada kotak input => Tekan enter => Pilih restart now and check for problems => Windows kemudian akan di-restart dan Anda bisa melihat tampilan blue screen yang menunjukkan proses pemeriksaan memori. Pantau hasil diagnosa pada akhir proses.

 

9. Buka Aplikasi Pilihan.

Menyalakan aplikasi secara berlebihan menjadi salah satu penyebab laptop not responding, karena hal ini memaksakan kinerja RAM. Anda perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang di miliki. Bijak untuk memilih ya sobat.

 

Baca Juga: Cara Ganti Password WiFi, Paling Simple Untuk Kalian!

 

10. Jalankan System File Checker.

Untuk melihat apakah ada system file yang hilang atau rusak, Anda bisa mengikuti beberapa langkah  pada Windows 10 ini untuk mengatasinya: Klik start, lalu ketik cmd di bagian search box => Klik kanan Command Prompt, pilih Run as administrator, dan klik Yes => Ketik sfc /scannow dan tekan enter => Windows akan memindai sistem Anda untuk melihat file apa yang rusak dan berusaha untuk memperbaikinya => Jika sudah selesai ketik exit dan tekan enter

 

11. Bersihkan Desktop.

Menaruh banyak aplikasi di bagian desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot dalam merespon perintah dari user. Cara mengatasi laptop hang dengan membersihkan Dekstop memang pantas untuk di coba. Selain itu, pastikan juga untuk mengawasi aplikasi yang berjalan ketika laptop sedang dalam aktivitas starup.

 

12. Lakukan Pemindaian Malware.

Lakukan malware scan untuk melihat apakah ada virus atau malware yang menyebabkan masalah hang atau freeze pada laptop Anda.

Anda bisa menggunakan antivirus defender bawaan windows 10 atau dengan mencoba tools anti malware lainya seperti seperti Malwarebytes.

 

13. Tambah Kapasitas RAM.

Cara mengatasi laptop hang atau not responding lainnya ada pada penambahan RAM. Namun jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikiasinya, mulai dari jenis RAM dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

 

14. Lakukan Pembersihan Drive C.

Jika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun, karena di ruang Drive C tersimpan file sistem dari laptop kita. Karena itu pastikan laptop Anda memiliki cukup ruang kosong pada Drive C. Untuk itu, salah satu solusinya adalah melakukan pembersihan Drive C. Lakukan juga uninstall dari program dan juga aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk memperbaiki kinerjanya.

 

15. Reset Ulang Windows.

Usia laptop yang sudah tua tidak hanya memengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga software. Oleh karena itu, Anda perlu mereset atau install ulang software yang digunakan.

 

16. Gunakan Thermal Paste.

Kegunaan Thermal Paste adalah untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas. Kalau suhu prosesor stabil, tentunya akan membantu kinerja laptop menjadi stabil dan tidak lemot.

 

17. Gunakan Cooling Pad.

Jika Anda memperhatikan bahwa laptop Anda lebih cepat panas, maka cobalah periksa kipas pada laptop Anda. Biasanya salah satu alasan laptop overheating adalah karena debu yang menghalangi exhaust ports dan kipas yang tersumbat. Itu sebabnya salah satu cara mengatasi laptop hang adalah dengan menggunakan cooling pad untuk memberikan pendinginan tambahan pada laptop Anda.

 

18. Ganti Komponen Hard Drive.

Hard drive yang rusak juga bisa menyebabkan hang dan masalah sejenisnya. Jadi lakukanlah pemindaian kesehatan hard drive Anda. Jika setelah diperiksa ternyata ditemukan ada masalah, mungkin ini saatnya Anda mengganti hard drive pada laptop Anda.

 

Sekian artikel Cara Mengatasi Laptop Hang yang bisa admin share, jangan lupa untuk pantau terus Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

 

Sumber: merdeka.com, ekrut.com