fbpx

Cara Ganti Password WiFi, Paling Simple Untuk Kalian!

Cara Ganti Password WiFi Paling Simple

Cara Ganti Password WiFi – Siapa yang tidak mengenal internet sekarang? Internet adalah kebutuhan pokok yang dapat mempengaruhi kualitas hidup kita. Perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan koneksi internet sebagai salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi di jaman sekarang. Dari mulai kehidupan sehari-hari, pekerjaan bahkan sekolah hari ini bergantung pada internet.

Kita bisa mendapatkan fasilitas internet dengan cara membeli kuota internet. Bisa melalui provider kartu nomor, bisa juga melalui kuota WiFi. WiFi merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan konektivitas jaringan. Koneksi WiFi dibuat menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat hotspot – area di sekitar router nirkabel yang terhubung ke jaringan dan memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan internet. Banyak orang menggunakan WiFi karena kemudahan pemakaian hingga harganya yang kini cukup terjangkau. Itulah mengapa pengguna WiFi semakin terus meningkat.

 

Bagaimana Cara Mengganti Password WiFi?

Untuk menggunakan WiFi, kita harus terhubung ke jaringan WiFi. Pasalnya, ketika kita memasang WiFi, akan terdapat pengaturan password. Di mana password tersebut menjadi syarat agar semua pengguna bisa mengakses WiFi jika memiliki passwordnya. Password berfungsi menjaga jaringan WiFi kita dan agar tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. Nah, oleh karena itu kita tidak hanya perlu memasang password, namun juga secara reguler menggantinya (jika perlu) agar WiFi kita terlindungi.

Bagaimana caranya ganti password WiFi? Mari kita simak ulasan singkatnya berikut ini!

 

Secara umum, penggantian password WiFi dapat di lakukan melalui:

1. Laptop / Personal Computer (PC)

2. Smartphone

 

Cara Ganti Password WiFi Melalui Laptop / Personal Computer (PC)

Untuk pertama, kita akan membahas tentang cara ganti password WiFi melalui Laptop / Personal Computer (PC). Caranya adalah:

1. Kita bisa buka halaman konfigurasi router lewat 192.168.1.1 atau alamat yang tercantum di bagian belakang router pribadi kita.

2. Lalu lakukan “login” menggunakan “username” dan “password” administrasi router. Kita bisa masuk secara default melalui informasi yang terdapat di bagian belakang router.

3. Setelah itu, klik menu “Network “yang berada pada bagian kiri layar.

4. Berikutnya, cari menu “Wireless” atau “WLAN”.

5. Setelah menemukan menu “Wireless” atau “WLAN”, pilihlah menu “Setting”.

6. Ketika sudah masuk ke menu “Setting”, cari lalu klik “Security”.

7. Silahkan cari kolom yang berlabel “WPA Passphrase”.

8. Lalu masukkan kata sandi baru yang kita inginkan.

9. Jika sudah selesai memasukkan password WiFi yang baru, kita hanya perlu mengklik tombol “Apply” atau “Save” sebagai langkah terakhir.

 

Baca Juga: Browser Ringan Untuk Laptop, Anda Pakai yang Mana?

 

Cara Ganti Password WiFi Melalui Smartphone

Selain bisa ganti password WiFi melalui Laptop / Personal Computer (PC), kita juga bisa ganti password melalui smarphone kita sendiri. Caranya pun kurang lebih hampir sama, caranya adalah:

1. Pertam tama, buka aplikasi browser di smartphone kita dan kunjungi halaman pengaturan router melalui 192.168.1.1.

2. Jika alamat tersebut tidak bisa diakses, silahkan lihat alamat IP default pada bagian belakang router.

3. Lalu kita harus “Login” menggunakan “username” dan “password”.

4. Jika lupa, kita bisa melihatnya di bagian belakang router.

5. Setelah selesai “Login”, silahkan pilih menu “Network”.

6. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah klik “Wireless” atau “WLAN”.

7. Berikutnya, kita bisa cari kolom bertuliskan “WPA Passphrase” untuk mengganti password WiFi.

8. Lalu masukkan kata sandi baru yang kita inginkan.

9. Jika sudah selesai memasukkan password WiFi yang baru, kita hanya perlu mengklik tombol “Apply” atau “Save” sebagai langkah terakhir.

 

Router akan membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan proses perubahan kata sandi. Jika sudah berhasil, seluruh perangkat yang terhubung akan diputus. Sehingga, kita perlu memasukkan kembali password baru di perangkat yang akan terhubung dengan WiFi kita.

Cukup mudah bukan?

Inilah informasi tentang cara ganti password WiFi yang cukup simple. Perlu dicatat bahwa password WiFi kita bukanlah konsumsi publik, jadi harap ingat baik baik password WiFi kita yaa. Jika jaringan sudah mulai lemot, kita bisa kok cek penggunaan nya. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang mencuri data kita.

Seperti itulah artikel kali ini, tetap ikuti terus Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

 

Sumber: cnbcindonesia.com