fbpx

Begini Cara Blokir Youtube di Mikrotik

Begini Cara Blokir Youtube di Mikrotik Sangat Gampang!

Cara Blokir Youtube di Mikrotik – Gimana cara blokir Youtube di Mikrotik? Persoalan ini sering timbul kala banyak user / client kita yang mengakses Youtube serta menyedot banyak bandwidth yang menimbulkan koneksi Internet lemot.

Perihal ini sesungguhnya tidak cuma terjalin pada youtube saja, tetapi nyaris seluruh web yang sediakan layanan video streaming tentu akan memakan banyak bandwidth.

Dampaknya pasti akan cukup parah kala koneksi internet kita mempunyai bandwidth yang pas – pas an. Belum lagi bila terdapat batas kuota FUP (Fair Usage Policy) yang bila terlampaui menyebabkan kecepatan internet turun ekstrem.

Pada dasarnya kita dapat memblokir web apa saja di Mikrotik. Yang butuh kita lakukan cuma melaksanakan setting blokir youtube di Mikrotik ataupun web apapun yang kita mau.

Metode blok youtube di Mikrotik bisa kita terapkan dengan fitur firewall di Mikrotik. Yaitu dengan mencampurkan fitur Mikrotik Firewall Filter serta Layer 7 Protocols.

Metode kerja campuran setingan blok youtube di mikrotik adalah dengan membuat rule layer 7 dengan kata kunci youtube. Setelah itu digabungkan dengan rule filter buat melaksanakan drop koneksi layer 7 tersebut.

 

Langkah – langkah Metode Blokir Youtube di Mikrotik

Buat melakukan setting metode blok youtube di Mikrotik, silakan ikuti langkah- langkah nya berikut ini:

  • Buka aplikasi Winbox Mikrotik, bila belum memiliki silakan unduh Winbox Mikrotik
  • Masuk ke menu IP => Firewall => Layer 7 Protocols => Tambahkan rule baru => Isikan dengan informasi seperti berikut:
  • Name: youtube
  • Ragexp:^.+( youtube).*$
  • Bila sudah, klik OK
  • Masuk ke Tab Filter Rules => tambahkan rule filter baru seperti berikut:
  • Tab General
  • Chain: forward
  • Tab Advanced
  • Layer7 Protocol: youtube
  • Tab Action
  • Action: drop
  • Bila sudah, klik OK

Saat ini coba uji buka youtube. Bila masih tetap dapat buka youtube, ikuti uraian di bawah ini

 

Kelemahan Blok Youtube Mikrotik Layer 7 Protocol

Apakah metode layer 7 ini jitu dalam melaksanakan blokir?

Seharusnya jitu dan efisien buat membendung koneksi ke youtube, tetapi terdapat sebagian kekurangan yang bisa menimbulkan blokir youtube di mikrotik ini tidak berjalan.

1. Blokir tidak berlaku pada Website Browser yang lebih dahulu telah buka Youtube

Bila saat sebelum rule blokir youtube di mikrotik ini dijalankan Kamu telah membuka Youtube di website browser nya, maka saat rule blokir youtube nya diaktifkan youtube tetap dapat diakses.

Tetapi kebalikannya, misal kita baru buka website browser yang belum dipakai akses youtube lebih dahulu, maka saat rule blokir diaktifkan youtube akan terblokir.

Buat pengetesan rule blokir youtube nya jalur apa tidak, pastikan memakai website browser lain yang tidak sering dipakai paling utama buat buka youtube, misal Internet Explorer ataupun Microsoft Edge.

2. Blokir Youtube bisa dibuka (bypass) dengan memakai metode tertentu

Pemblokiran ataupun censor pada Internet bukanlah hal yang di inginkan para netizen. Sebab pada prinsipnya internet itu merupakan ruang leluasa yang dapat di akses siapa saja serta kemana saja tanpa halangan.

Oleh sebab itu, kala di berlakukannya pemblokiran akses, maka akan tetap terdapat metode buat mengakalinya. Terdapat sebagian metode ataupun metode membuka blokir youtube di Mikrotik seperti pada bimbingan Mikrotik di atas.

Metode membuka blokir internet nya ialah dapat memakai metode selaku berikut:

  1. VPN (Virtual Private Network)
  2. Proxy
  3. Private DNS
  4. dsb

Membuka Blokir Youtube

Buat metode membuka blokir youtube di Mikrotik nya tidak akan di bahas di sini ya, tetapi akan kita coba jabarkan pada postingan berikutnya.

Bila bimbingan Metode Blokir Youtube di Mikrotik di atas masih dapat di bobol, apakah ada cara yang 100% dapat memblokir akses ke youtube? Tentu saja ada, tetapi agar bisa di terapkan di Mikrotik kayaknya belum bisa.

Perihal ini sebab Mikrotik bukanlah fitur firewall murni yang memanglah mempunyai guna firewall mendalam. Jadi kita memerlukan fitur firewall murni yang memanglah di desain buat itu, misalnya fitur firewall merek Fortinet, Sophos, Palo Alto, ataupun yang yang lain.

Jadi itu saja bimbingan serta uraian tentang Cara Blokir Youtube di Mikrotik yang dapat Kamu coba terapkan di fitur Mikrotik masih masing.

Mudah – mudahan Bimbingan Mikrotik Indonesia ini berguna.

 

sumber

 

tutorialmikrotik.com