fbpx

Browser Ringan Untuk Laptop, Anda Pakai yang Mana?

Browser Ringan Untuk Laptop, Anda Pakai yang Mana?

Browser ringan untuk laptop? Kenapa tidak? Dewasa ini, penggunaan RAM sudah terhitung sangat penting. Dengan banyaknya aplikasi yang ada di dalam sebuah laptop, membuat kinerja RAM dapat menurun. Apalagi di jaman yang seba canggih seperti sekarang. Dengan canggihnya aplikasi yang ada, tentu saja membutuhkan kapasitas RAM atau memori internal yang cukup besar.

Karena perpaduan RAM yang kecil dan kapasitas aplikasi yang besar ini, membuat kegiatan surfing kita di internet menjadi terganggu. Bisa saja laptop kita menjadi panas ataupun ngelag. Tidak mungkin kita harus selalu menunggu terus ya kan?

Benar sekali. Karena berselancar di internet sudah menjadi hal yang pokok sekarang ini. Terlebih dengan adanya Pandemi yang melanda, membuat pembatasan kontak fisik antar manusia dilakukan. Dengan adanya hal ini, internet menjadi sata satunya pilihan yang rasional untuk menujang kehidupan kita agar bisa terus berlanjut.

Tapi tenang saja, tanpa harus mengeluarkan budget berlebih, kita bisa mengakali laptop lemot saat surfing di internet. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Web Browser dengan kapasitas yang ringan. Bahkan, secara kualitas, browser yang akan kita bahas kali ini tidak kalah cepat dan terbukti sangat menghemat RAM atau memori internal kita. Sangat Cocok dipakai pada laptop dengan RAM yang kecil.

 

Berikut adalah rekomendasi browser yang ringan untuk laptop Anda, simak ulasannya yah.

 

1. Midori

Browser Midori ini layak dijadikan pilihan yang masuk akan dalam jajaran browser ringan untuk laptop. Terlebih lagi jika kita hanya menggunakan internet untuk browsing kebutuhan mendasar saja. Browser Midori ini di kembangkan oleh Astian Foundation. Dan untuk mesin pencari bawaannya, Midori menggunakan DuckDuckGO dan browser engine nya menggunakan WebKit.

Midori sendiri merupakan peramban open source yang menawarkan beragam fitur pilihan yang cukup mumpuni. Selain mampu menghemat RAM, Midori juga dikenal sebagai peramban yang hemat dalam konsumsi baterai. Yang menarik dari Browser ini adalah terdapat fitur keamanan seperti anonymous dan do not track. Browser ini memiliki kekurangan terkadang bisa mengalami crash saat menjalankannya.

 

2. Maxthon Cloud Browser

Browser ringan untuk laptop yang berikutnya ini bernama Maxthon. Maxthon Browser ini dikembangkan oleh Maxthon Internasional Ltd. Browser ini menggunakan mesin pencari bawaan dari Google sedangkan browser engine menggunakan WebKit, Trident.

Jangan khawatir dengan fitur yang ada di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan fitur screen capture, mode malam, mode pembaca, pemblokir iklan, notepad, RSS feed, dan lain sebagainya. Selain itu tersedia pula fitur Magic Fill yang merupakan pengelola kata sandi. Tidak seperti peramban lainnya, Maxthon dapat melakukan sinkronisasi data pengguna melalui layanan cloud khusus, Passport (layanan cloud milik Maxthon).

Meskipun dinilai cukup ringan namun untuk tingkat keamanannya sudah sangat baik. Browser ini juga memiliki fitur sandboxing.

 

3. Vivaldi

Browser ringan untuk laptop yang selanjutnya adalah Vivaldi. Vivaldi Web Browser merupakan salah satu browser yang umurnya terbilang muda. Namun berkat kinerjanya yang andal, Vivaldi Web Browser langsung menuai popularitas. Vivaldi pun menggunakan mesin Google Chrome, namun dengan ukuran yang jauh lebih ringan. Penggunaan browser ini akan membuat RAM komputer menjadi bekerja tidak terlalu berat.

 

4. Torch

Selanjutnya ada Torch Web Browser. Browser ringan untuk laptop ini merupakan solusi terbaik jika Anda menggunakan internet untuk menikmati multimedia yang ada di dalamnya. Peramban yang dapat diunduh secara gratis ini memiliki banyak fitur yang dapat diatur sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam memainkan dan mengelola fitur multimedia yang ada.

Salah satu fiturnya adalah Torch Music yang merupakan layanan berbasis Youtube. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mengakses semua musik dan video pada satu tempat.

 

5. Falkon

Browser ringan untuk laptop ini di kembangkan oleh KDE Projects. Dan untuk mesin pencarian bawaannya menggunakan DuckDuckGo. Sedangkan mesin browsernya menggunakan Blink.

Falkon juga di lengkapi beberapa fitur seperti history, tabs dan bookmark.

 

6. Comodo IceDragon

Browser ringan untuk laptop di urutan ke enam adalah Comodo IceDragon. Comodo IceDragon di kembangkan oleh perusahan keamanan siber terkenal, peramban ini memiliki fitur yang mirip dengan Mozilla Firefox. Tidak hanya itu, dukungan keamanan yang kuat menjaga data dan riwayat pencarian tetap aman.

 

7. Chromium

Web Browser ini dikembangkan oleh The Chromium Project. Browser ini menggunakan mesin pencari bawaan cari Google sedangkan untuk mesinnya menggunakan Blink.

Kekurangan dari Browser ringan untuk laptop ini adalah tidak ada fitur auto update seperti Google Chrome. Selain itu Browser ini juga bersifat open source di mana semua orang bisa memodifikasi browser ini dan sangat mudah untuk menyisipkan virus untuk para hacker.

 

Baca Juga: Hobi yang Wajib dicoba pada tahun 2022!

 

8. Microsoft Edge

Browser ringan untuk laptop selanjutnya merupakan browser default yang terletak di Windows 10 yang tidak tersedia di sistem operasi Windows lama (sebelumnya). Hal ini karena Microsoft mempunyai dua browser dan kedua-duanya berjalan yaitu Internet Explorer dan Microsoft Edge.

Microsoft Edge ini sangatlah nyaman untuk digunakan. Browser ini super cepat, mode bacaannya juga terintegrasi yang membuat situs rumit jadi lebih enak untuk dibaca.

Microsoft juga memastikan bahwa Edge ini tidak akan mengalami pelanggaran keamanan. Jadi kalian yang sangat memperhatikan keamanan akan cocok menggunakan browser ini.

 

9. Slimjet

Browser ini di kembangkan oleh FleshPeak Inc. Slimjet menggunakan mesin pencari bawaan dari Google sedangkan untuk mesinnya menggunakan Blink.

Yang menarik dari Browser ini kamu bisa mengganti background tema dari Browser tersebut. Selain itu Browser ini juga memiliki fitur seperti form filler, adblock bawaan, rekam layar dan tambah plug in.

 

10. Safari

Web Browser Safari ini tentunya tidak asing bagi para pengguna produk – produk Apple. Browser ringan untuk laptop yang satu ini tidak hanya tersedia untuk PC namun juga ada di iPhone.

Safari memiliki kemampuan untuk menjelajah internet dengan cukup cepat sehingga akan sangat memuaskan para penggunanya.

 

11. K-Meleon

Web Browser ini di kembangkan oleh Dorian, KKO, et al. Untuk mesin pencari bawaan menggunakan DuckDuckGo dan mesinnya menggunakan Goanna (Gecko-fork).

Yang menarik adalah adanya fitur custom untuk mengatur letak tombol, letak toolbar, menu proxy, cookies, javascript dan lain-lain sesuai dengan keinginan Anda. Namun sayangnya Browser ini tidak dapat mengakses YouTube.

 

12. Mozilla Firefox Quantum

Browser ringan untuk laptop berikutnya yaitu Mozilla Firefox Quantum. Mozilla Firefox Quantum di nilai telah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Merombak sekitar 75% source code pada engine webnya, Mozilla Firefox Quantum menawarkan kecepatan berselancar di dunia maya 2x lebih cepat dari pada firefox biasa.

Di dukung dengan desainnya yang cantik, peramban web ini juga lebih hemat penggunaan RAM dan bahkan 30% lebih ringan dari google chrome.

 

13. Opera Browser

Opera browser adalah browser ringan untuk laptop yang terakhir. Salah satu fitur unggulan Opera browser adalah Battery Saver, di mana fitur ini mampu memberikan pengalaman menjelajah internet lebih lama untuk pengguna.

Fitur block Ads yang menjadi bawaan browser, di klaim mampu menampilkan halaman yang bebas dari iklan yang sering membuat browser menjadi lambat.

 

 

Nah itulah beberapa browser ringan untuk laptop Windows yang bisa Admin share kali ini. Apakah kalian sudah pernah menggunakannya? Jika sudah, langsung tulis pengalaman kalian di kolom komentar yaa!

 

Jangan lupa untuk tetap pantau Website Resmi PT Comtelindo untuk mendapatkan informasi menarik lainnya yaa!

 

Sumber: gadgetren.com, hitekno.com