fbpx

Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard

Metode Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard Memakai VirtualBox Install Mikrotik di VirtualBox

Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard – Untuk sobat yang tidak memiliki perangkat Mikrotik dapat Belajar Mikrotik tanpa Routerboard Memakai VirtualBox dengan metode Install Mikrotik di VirtualBox.

VirtualBox merupakan suatu aplikasi hypervisor type 2 yang bisa diinstall pada bermacam berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux serta MacOS.

VirtualBox ini adalah aplikasi Open Source serta Free, yang bisa digunakan buat memvirtualisasikan serta menjalankan bermacam berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS apalagi Mikrotik juga dapat dijalankan di VirtualBox ini.

Mikrotik yang dapat dijalankan pada VirtualBox merupakan tipe Mikrotik yang memakai arsitektur x86, baik yang diinstall dari file iso ataupun image Mikrotik CHR.

Untuk sobat yang belum memiliki VirtualBox, silakan unduh serta Install VirtualBox nya dahulu.

 

Perbandingan Metode Install Mikrotik di VirtualBox

Terdapat 2 metode yang dapat kita pakai buat install Mikrotik di VirtualBox, yaitu Install Mikrotik di VirtualBox memakai file iso Mikrotik dan Import Mikrotik ke VirtualBox memakai image Mikrotik CHR.

Perbandingan metode install Mikrotik di VirtualBox ini mempunyai kelebihan serta kekurangan masing – masing.

Bila kita install Mikrotik dengan file iso Mikrotik maka setelah selesai install kita cuma memiliki wakti 24 jam buat memakai Mikrotik nya secara Free.

Setelah 24 jam Mikrotik nya tidak dapat di gunakan lagi kecuali kita upgrade Lisensi nya.

Bila kita import Mikrotik dengan file image Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR), maka tidak terdapat batas waktu pemakaian Mikrotik nya, tetapi terdapat batas pada kecepatan (speed limit) interface nya.

Lisensi free pada CHR mempunyai batas kecepatan 1 Mbit, bila mau memingkatkan batasannya wajib upgrade lisensi nya.

 

Kekurangan Install Mikrotik di VirtualBox

Menjalankan Mikrotik di VirtualBox adalah salah satu metode kita buat dapat belajar Mikrotik tanpa RouterBoard dengan dorongan aplikasi virtualisasi.

Cara ini mempunyai bebrapa kekurangan, antara lain adalah:

  1. Jumlah network interface (ethernet) yang dapat di gunakan optimal cuma 4. Ini adalah keterbatasan pada aplikasi VirtualBox nya itu sendiri. Jadi kita tidak dapat menaikkan port ethernet Mikrotik lebih dari 4.
  2. Buat menghubungkan Mikrotik yang di jalankan di VirtualBox dengan perangkat ataupun VM VirtualBox lain lumayan susah serta ribet. Sebab tidak terdapat foto topologi yang dapat menolong kita memvisualisasikan nya. Tidak hanya itu kita wajib menkonfigurasi setingan network masing – masing VM secara manual supaya dapat saling tersambung antar VM.
  3. Sebab tidak terdapat foto topologi seperti yang sebelumnya, maka pengelolaan perangkat nya mana saja yang tersambung kemana itu cukup susah serta membingungkan.

 

Metode Install Mikrotik di VirtualBox Dengan File ISO

Cara Install Mikrotik ini adalah metode yang sama seperti kita melaksanakan install sistem operasi lain dengan booting ke file installer ISO nya.

Sehingga kita wajib unduh file iso Mikrotik nya terlebih dulu sebelum dapat menjalankan instalasi Mikrotik nya.

File Installer ISO Mikrotik bisa kita unduh secara Free di web mikrotik.com.

Bila telah masuk ke halaman unduh Mikrotik nya, scroll ke dasar cari x86, unduh yang CD Image yang tipe Stable.

  1. Bila telah unduh file iso Mikrotik nya, buka VirtualBox serta buat Virtual Machine (VM) baru dengan spek yang tidak butuh sangat besar, misal RAM 256 MB, Disk 1 GB, CPU 1 Core.
  2. Bila VM Mikrotik nya telah terbuat, masuk ke Menu Settings => Storage => Pada foto CD Empty klik icon CD di kanan => Cari file ISO Mikrotik yang lebih dahulu telah diunduh => OK.
  3. Jalankan VM Mikrotik nya dengan klik Start => Tunggu hingga VM nya booting ke file ISO nya.
  4. Berikutnya akan timbul menu instalasi Mikrotik nya, klik pada VM Mikrotik nya ketikkan tombol “a” pada keyboard buat memilah seluruh paket yang ingin di install. Kemudian ketikkan tombol “i” pada keyboard buat mulai proses instalasi => ketik “y” => ketik “y” lagi => enter
  5. Sehabis proses instalasi Mikrotik berakhir, pastikan buat melepas file ISO Mikrotik nya. Agar tidak terus masuk ke menu Instalasi di kala berakhir booting.
  6. Butuh di ingat kalau Mikrotik dengan metode install ini cuma dapat di gunakan secara free sepanjang 24 Jam saja seperti yang telah di jelaskan di atas.

 

Metode Import Mikrotik ke VirtualBox Memakai Image CHR

Metode ini lebih sederhana serta gampang dari pada hasrus Install manual Mikrotik nya memakai file iso. Sebab kita tidak butuh lagi membuat VM baru serta tidak butuh menjalankan Instalasi Mikrotik nya.

Kita tinggal unduh file OVA template Mikrotik CHR dari halaman unduh Mikrotik di mikrotik.com. Setelah itu extract dan import file hasil extract nya tersebut ke VirtualBox.

Setelah proses import selesai, tinggal start VM nya serta Mikrotik siap di gunakan. Tetapi dengan batas kecepatan 1 Mbit seperti yang telah jelasakan lebih dahulu.

 

Metode Remote Mikrotik di VirtualBox Memakai Winbox

Dari kedua metode install Mikrotik di VirtualBox di atas, keduanya belum dapat di remote memakai Winbox. Harus terdapat pengaturan pada bagian Networtk VM Mikrotik nya terlebih dulu.

 

Metode Mengkoneksikan Mikrotik di VirtualBox ke Internet

Gimana metode Mikrotik di VirtualBox dapat konek ke Internet? Triknya gampang tinggal setting network adapter di VM Mikrotik nya memakai NAT ataupun Bridge.

 

Sumber

tutorialmikrotik.com