fbpx

Automatic Tank Gauging Banyak Di Minati Pertamina

Automatic Tank Gauging (ATG) merupakan pengukuran permukaan cairan (Liquid Tingkat), volume, serta besaran-besaran lain dari cairan yang terdapat pada tangki, baik itu tangki crude ataupun tangki produk. Instalasi Tangki serta Pengapalan (ITP) pada industri migas ialah unit yang sebagian besar memakai perlengkapan instrumentasi tersebut, sebab ITP ialah unit pengumpul umpan (Feed Oil) selaku bahan baku ke kilang, ataupun produk dari kilang, yang tertampung pada tangki-tangki penimbun.

Dengan kita pasangnya ATG, hingga besar permukaan minyak dari tiap tangki bisa dikenal secara orang maupun pergroup, kita lihat serta kita baca baik di lokal ataupun pada layar monitor yang terpasang dalam ruang pengendali ITP. Automatic Tank Gauging (ATG) merupakan perlengkapan pengukur tingkat cairan dalam tangki baik buat tangki crude ataupun tangki produk yang memakai sistem digital serta bekerja secara otomatis, pintar serta bisa membagikan data-data yang dibutuhkan buat perhitungan volume tangki.

Secara pendek bisa dipaparkan kalau data-data ATG dari lapangan dikirim ke Central Processing Unit (CPU) buat kita olah serta terhitung setelah itu hasilnya akan tertampilkan pada monitor (CRT) dalam control room. Tank Gauging System dengan memakai ATG ini berharap sanggup menanggulangi kasus ataupun kekurangan yang terdapat pada sistem pengukuran yang terpakai tadinya ialah pengukuran secara manual semacam:

  1. Ketelitiannya yang rendah.
  2. Kecepatan pengukurannya yang rendah.
  3. Informasi dari hasil pengukuran cuma bisa kita dapat pada satu tempat
  4. Informasi hasil pengukuran tidak bisa kita peroleh tiap saat.

Sistem Pengukuran ATG terdiri dari 3 bagian ialah:

  • Field Device yang terdiri dari Proservo NMS 531, Prothermo NMT 535, serta Promonitor NRF 560.
  • Interface : Remote Halte Unit (RTU)
  • Receiver System : Personal Computer (Komputer) dengan Fuels Manager Sofware (fitur lunak).

Field Device

Field device ialah bagian input yang terucap juga selaku elemen sensor ataupun transducer. Yang mana tugas sensor merupakan merubah sesuatu besaran fisis jadi besaran fisis yang lain serta juga memonitor keadaan pengukuran dilapangan. Proservo NMS531 ialah sesuatu perlengkapan ukur yang digunakan buat mengukur tingkat, interface tingkat, density dan tank bottom.

NMS531 bisa kita gunakan buat sesuatu aplikasi yang berdiri sendiri ataupun selaku sesuatu sistem pengukuran tangki dengan temperatur rata-rata serta tank site monitor. Keluaran NMS531 dapat kita seleksi antara keluaran digital, keluaran analog ataupun kedua-duanya. Prinsip kerja dari tingkat transmitter ini memakai prinsip Bouyancy ialah atas bawah Hukum Archimides yang berkata kalau :

“ Bila mana sesuatu barang kita tenggelamkan ke dalam fluida hingga barang tersebut akan menemukan style tekan ke atas dari fluida sebesar berat fluida yang kita pindahkan oleh barang tersebut.“ Oleh karenanya berat dari barang hendak menurun sebesar berat style tekan ke atas dari fluida.

Interface

Interface ialah penghubung dan mengkomunikasikan antara field deviceke Receiver system. Bagian ini tugasnya melaksanakan pengolahan informasi ataupun sinyal yang kita berikan oleh bagian input buat modifikasi, kita kuatkan ataupun kita ubah jadi wujud lain cocok dengan besaran ataupun signal yang kita perlukan oleh Receiver system. Remote Halte Unit (RTU) 8130 merupakan sesuatu unit fitur terkecil dalam sistem pengendalian terdistribusi yang memiliki keahlian melaksanakan akui sisi informasi, pengendalian ataupun memantau kondisi atau status proses.

Rancang bangun RTU ialah pengembangan dari sistem pengendalian berbantuan mikro pc. Rangkaian RTU 8130 terdiri dari power supply, plugterminasi, high-performance 16 bit pc mikro, subsistem komunikasi serta sesuatu komplemen digital serta analog input atau output. RTU yang basis bawah terbangun selaku Motherboard dengan 4 konektor buat materi ekspansi expansion modules.

Jantungnya RTU 8130 merupakan sesuatu Intel 80C188EB mikroprosesor yang beroperasi pada 18. 432 MHz. yang terancang spesial paling utama buat aplikasi yang real-time,μP meliputi timer ataucounters, interrupt controller, serta chip-select pula meliputi 2 saluran serial yang bisa kita tunjuk selaku COM0 serta COM3.

Sesuatu pengendali komunikasi serial terpisah berguna buat COM1 serta COM2. Mikroprosesor menolong melakukan performa guna, semacam halnya sediakan RAM serta PROM. Boot sistem ada dalam PROM yang ialah bagian dari μP. Memori program kita taruh dalam flash memory. Informasi base bisa kita simpan lebih dari 64 Bit di dalam nonvolatile RAM. Tabel, informasi kita kumpulkan serta kita simpan dalam RAM.

Receiver System

Receiver System ialah bagian output yang berperan memperagakan data yang menghasilkan bagian proses dalam wujud cocok dengan kebutuhan sistem. Sistem pc bawah terdiri dari Central Processing Unit (CPU), memory Unit dan Input ataupun Output Unit. CPU ialah unit buat mencerna informasi serta melaksanakan program yang tersimpan dalam memory Unit. Input ataupun Output Unit berperan selaku pintu yang menghubungkan sistem pc tersebut dengan dunia luar. Fuels Manager (FM) merupakan fitur lunak Supervisory Control and Informasi Acquisition (SCADA) yang spesial kita gunakan buat aplikasi tank inventory system.

FM ialah aplikasi client ataupun server yang beroperasi dengan memakai Sistem pembedahan Microsoft Windows (NT, 2000 ataupun XP). Dengan FM, operator bisa mengendalikan serta memonitor keadaan pembedahan ataupun sarana totalitas secara nyaman serta efektif. Fuels Manager bisa beroperasi pada Komputer tunggal (Standalone Komputer) ataupun selaku bagian dari sesuatu jaringan.

FM pula bisa berbentuk Workstation ataupun Server. FM terancang selaku sesuatu sistem yang terbuka (Open System). Yang membolehkan para pemakai buat mengintegrasikan seluruh tipe pengukuran tanki semacam floater, radar, servo, hidrostatis, intel ligent magnet ostrictive dan tipe pengukuran tanki yang lain ke dalam satu sistem. Seluruh parameter tangki yang terolah serta kita taruh dalam FM semacam tingkat, temperatur, serta lain-lain bisa kita peragakan dalam monitor komputer.

Dengan FM, operator dapat memandang keadaan pembedahan dalam wujud grafis secara real-time. Cara ini bisa kita gunakan selaku sesuatu total sistem buat memonitor serta mengatur seluruh fitur semacam pompa, valve, motor, mixer serta perlengkapan yang lain. Sistem bisa memonitor tingkat, temperatur, alarm, volume, flow, serta variablel tangki yang lain hingga dengan 2000 tangki.

Baca Juga Ini Manfaat Serta Keuntungan Dari Automatic Tank Gauge

Sistem Pengukuran Automatic Tank Gauging Pada Tangki

Metode pengukuran ATG terdiri dari Field Device, Interface serta Receiver System. Field deviceter diri dari Proservo NMS 531 serta Prothermo NMT 535 terpasang pada atas tangki. Sebaliknya promonitor NRF 560 terpasang serta kita tempatkan pada samping dasar tangki. NMS 531 berperan selaku tingkat transmitter yang mengetahui tingkat cairan dalam tangki yang bekerja serta kita kendalikan secara otomatis.

NMT 535 berperan selaku temperature transmitter yang mengukur temparatur cairan dalam tangki yang memakai tata cara pengukuran temperatur rata-rata (Average Temperature), NRF 560 berperan selaku monitoring NMS 531 serta NMT 535. Kala displacer kita turunkan serta memegang cairan ataupun lagi mengetahui peningkatan permukaan cairan, berat displacer hendak menurun oleh sebab terdapatnya style tekan keatas (Buoyancy force).

Baca Juga Ini Sistem Pengukur Tangki Otomatis Untuk Pertamina

Apa Keuntungan Serta Manfaat Dari ATG?

Dalam membangun suatu bisnis tiap industri tentu mencari yang namanya keuntungan. Dalam perihal ini merupakan industri yang bergerak dalam bidang bahan bakar minyak. Pasti saja industri wajib mempersiapkan seluruh sesuatunya dengan lengkap. Mulai dari SDM (Sumber Energi Manusia) sampai suatu perihal yang bertabiat teknis.

Berdialog menimpa perihal yang bertabiat teknis, dari sini kami akan mangulas komponen yang berarti. Serta lebih mempermudah user dalam memantau keadaan yang terjalin pada tank storage. Perlengkapan tersebut bernama Automatic Tank Gauge (ATG). Semacam dari namanya ialah bila kita maksud ke dalam bahasa indonesia selaku“ pengukur tanki otomatis”.

Guna perlengkapan ini sendiri selaku pengukur tanki yang mana tanpa wajib menyusahkan para pekerja. Buat turun atau terjun langsung ke lapangan dengan memandang tanki storage. Hanya dengan memandang monitor ataupun gadget kita telah dapat mengenali berapa liter ketersediaan pasokan minyak buat sebagian waktu kedepan.

Baca Juga Ini Pengukuran Tangki Otomatis Atau Automatic Tank Gauging

Manfaat Yang Kita Peroleh Dari Memakai ATG?

  1. Efisiensi kerja karyawan, sebab karyawan cuma tinggal memantau pertumbuhan tanki storage menimpa jumlah dini apalagi hingga temperatur pada tanki, lewat gadget tanpa wajib turun langsung ke lapangan yang malah bisa membuang waktu.
  2. Mengetahui jumlah stok dengan sangat akurat apalagi tingkatan ketelitian menggapai 1 liter (0,1).
  3. Mampu membuat laporan mengenai stok dini, stok akhir sampai ke penjualan kemudian laporan tersebut akan mengirimkan langsung ke user.

Bagi anda yang ingin mendapatkan teknologi terkini yaitu Automatic Tank Gauging ini langsung saja segera hubungi kami sekarang juga.

Tunggu apa lagi ayo segera Call No Whatsapp Kami atau kunjungi situs kami www.comtelindo.com 

Internet of Things