fbpx

Automatic Tank Gauge (ATG) Pengukuran Level pada Tangki

Pengertian Automatic Tank Gauge (ATG)

Hallo, bertemu lagi dengan Admin di sini. Kali ini Admin akan membahas tentang Automatic Tank Gauge (ATG). Jika kalian penasaran apa itu ATG, kalian boleh kok simak ulasannya di bawah ini. Jangan lupa si save dan di share yaa.

Ketelitian pengukuran di dalam tangki merupakan salah satu aspek penting yang perlu di perhatikan dalam kegiatan di industri. Ketelitian pengukuran ini bisa mengacu kepada volume, ketinggian, dan bahkan suhu yang ada di dalam sebuah tangki di suatu industri.

Kenapa sih di lakukan pengukuran yang cukup spesifik seperti ini? Hal ini di lakukan untuk tercapainya peningkatan mutu standar kinerja utama dalam hal pengukuran. Karena sebelumnya, pengukuran di lakukan secara manual melalui dipping saja, dan masih banyak menimbulkan miss di dalam pengukurannya.

Namun sekarang, berdasarkan pada pedoman instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) yang di terbitkan oleh PT. Pertamina (Persero) nomor A-/F00200/2011-SO teknologi Automatic Tank Gauge (ATG) di legalkan menjadi salah satu alat ukur level yang resmi dalam kegiatan industri  yang dapat di pergunakan di Indonesia.

Sistem Manajemen Benda Cair

Automatic Tank Gauge (ATG) ini merupakan instrument ukur penting di suatu industri yang memiliki kombinasi mekanikal dan kumpulan barang elektronik. Dan dapat mengukur volume, ketinggian, dan suhu benda liquid atau cair (minyak / air) secara otomatis dengan ketelitian yang tinggi dan cepat. ATG memiliki komponen utama berupa coupling magnet dengan konfigurasi magnet khusus dan bandul.

(Wet Stock atau Liquid Management System) adalah solusi untuk memberikan & meningkatkan profitabilitas atas kontrol benda cair.

Pengukurannya meliputi:

– Pertama ada Volume

– Kedua ada Ketinggian

– Dan terakhir Suhu

1.ATG (Automatic Tank Gauge), Automatic Tank Gauge (ATG), ATG, Automatic Tank Gauge, Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

Automatic Tank Gauge (ATG) adalah seperangkat alat elektronik yang menjadi salah satu solusi sistem pengukuran otomatis secara real time dengan sensor magnetotrictive berakurasi tinggi.

Menggunakan bahan stainless steel, fungsi dasar ATG adalah melakukan pemantuan tingkat persediaan barang atau produk cair yang terdapat pada tangki selama periode waktu tertentu.

2.ATG (Automatic Tank Gauge), Automatic Tank Gauge (ATG), ATG, Automatic Tank Gauge, Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

Kelengkapan Produk

Lalu apa sih yang bisa kita dapatkan dalam ATG ini?

Tentu saja kalian akan mendapatkan ATG Sensor Magnetostictive. Di mana ATG Sensor Magnetostictive adalah sensor yang terdiri dari sensor level Produk Cair, Air, dan Suhu dalam satu komponen. Sangat simple dan bisa menghemat tempat bukan.

Selanjutnya ada Human Machine Interface (HMI) yang di plot sebagai unit visualisasi dari konversi atas ketinggian serta volume Produk Cair. Jadi kalian sudah bisa melihatnya melalui layar LCD yang sudah di siapkan saja untuk mengeceknya.

Berikutnya ada Tank Monitor Aplication yang berfungsi sebagai aplikasi penyimpanan data dan laporan atas volume serta ketinggian Produk Cair. Sehingga semua orang dengan akses bisa langsung memonitoring tangki tersebut.

Dengan adanya PC Server sebagai sebagai visualisasi Tank Monitor Application, para operator dari tangki yang di awasi tidak perlu repot repot lagi untuk melakukan pengecekan secara manual.

Yang terakhir tidak lupa juga bahwa Wireless Radio sangat berperan sebagai media alternatif komunikasi pengganti kabel jika jarak tangki dan ruang control terlalu jauh.

Baca Juga: Internet of Things – Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Produk

Parameter teknis

Jika melihat dalam parameter teknis yang di sediakan, kalian bisa melihat table di bawah untuk informasi dari Automatic Tank Gauge (ATG) ini.

3.ATG (Automatic Tank Gauge), Automatic Tank Gauge (ATG), ATG, Automatic Tank Gauge, Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

Contoh bentuk visualisasi di pemasngannya adalah sebagai berikut:

4.ATG (Automatic Tank Gauge), Automatic Tank Gauge (ATG), ATG, Automatic Tank Gauge, Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

Serta kami akan memberikan bocoran visualisasi dari aplikasi yang di tayangkan di PC:

5.ATG (Automatic Tank Gauge), Automatic Tank Gauge (ATG), ATG, Automatic Tank Gauge, Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

6. ATG (Automatic Tank Gauge), Automatic Tank Gauge (ATG), ATG, Automatic Tank Gauge, Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

Teknologi, Comtelindo, Migas, Industri Minyak, Industri Gas

Mekanisme data Automatic Tank Gauge (ATG)

Automatic Tank Gauge (ATG) ini memiliki memiliki transfer data sebesar 5 Kbps / 5 menit. Dengan menggunakan daya 300 Watt (estimasi). Dan juga sudah menggunakan sistem jaringan wireless local.

 

Kesimpulan

Kecenderungan perkembangan teknologi di industri harus menjadi perhatian penting bagi siapapun dalam menyikapi perkembangan teknologi di lingkungan kerja. Dengan berkembangnya teknologi, tidak memungkinkan untuk penggeseran pekerjaan manusia. Maka dari itu siapapun harus meng upgrade dirinya sendiri untuk bisa mengikuti perkembangan jaman yang ada, khususnya teknologi.

Dan jika Anda tertarik dengan produk dari Comtelindo, Anda dapat langsung Klik tombol di bawah untuk mendapatkan penawaran langsung dari kami!

Pemesanan

1 komentar untuk “Automatic Tank Gauge (ATG) Pengukuran Level pada Tangki”

  1. Ping-kembali: Internet of Things (IoT) - Pengertian, Manfaat, Contoh Produk - Comtelindo

Komentar ditutup.