fbpx

7 Penyedia Blog Gratis Terbaik

Penyedia Blog Gratis

Penyedia Blog Gratis Terbaik – Selamat datang kembali ke artikel Admin berikutnya. Jika Kalian adalah para penulis yang sedang bingung bagaimana caranya untuk menyampaikan tulisan Kalian kepada para viewers, Kalian bisa menyimak artikel berikut ini. Mungkin jika jaman dahulu kita masih membaca koran untuk mendapatkan informasi informasi terbaru. Tapi karena kemajuan jaman, percetakan koran jadi semakin tersingkir. Jadi para penulis juga berangsur angsur sudah memilih platform lain selain koran untuk bisa menyampaikan blog atau tulisannya sendiri. Maka dari itu, mari kita simak artikel berikut ini agar Kalian juga tidak bingung lagi.

Ada beberapa aplikasi atau platform yang dapat membantu Kalian membuat blog secara gratis untuk mempublikasikan artikel-artikel Kalian. Beberapa tidak perlu membutuhkan kemampuan teknis yang baik, cukup mengikuti beberapa panduan sederhana dan Kalian sudah bisa membuat konten yang bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.

 

Daftar Website Penyedia Blog Gratis Tebaik

Berikut ini beberapa platform / website populer untuk membuat blog gratis yang bisa Kalian coba:

WordPress.com

Penyedia Blog Gratis

WordPress adalah salah satu platform penyedia blog gratis yang terkenal di seluruh dunia. WordPress.com dapat Kalian gunakan secara gratis. Pengguna cukup mendaftar pada halaman website dan langsung dapat membuat website menggunakan server hosting web milik WordPress. Baru deh Kalian bisa membuat blog kalian sendiri tentang sharing, tutorial atau pun info info yang bermanfaat untuk orang banyak.

Platform ini sangat fleksibel untuk digunakan, karena Kalian dapat menambahkan berbagai macam kebutuhan yang Kalian butuhkan. Contohnya seperti plugin, mengganti tema, dan bahkan menggunakan tema Kalian sendiri. Ada ratusan bahkan ribuan tema dari toko online, aplikasi perkantoran, hingga teknologi terbaru yang bisa Kalian temukan ketika menggunakan platform WordPress. Kalian juga bisa menemukan berbagai tema dengan mencarinya di Google sesuai dengan selera masing masing. Bahkan untuk kalian yang jago coding, Kalian bisa untuk membuatnya sendiri loh.

Namun ada beberapa fitur di WordPress yang hanya bisa digunakan ketika Kalian menggunakan akun bisnis atau berbayar.

 

Medium.com

Penyedia Blog Gratis

Siapa yang tidak mengenal Medium.com? Platform penyedia blog gratis ini adalah salah satu platform penulisan yang bisa Kalian gunakan secara gratis. Medium dikembangkan oleh Evan Williams. Siapa dia? Dia adalah mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang Blogger. Bersama dengan temannya Biz Stone, mereka mulai mengembangkan Medium.com. Sejak tahun 2012 Medium.com sudah digunakan oleh banyak penulis untuk membagikan tulisannya di sana. Tampilan yang cukup menarik dan terkesan minimalis inilah yang membuat orang orang betah untuk berlama lama di dalamnya.

 

Wix.com

Penyedia Blog Gratis

Perkenalkan penyedia blog gratis beriktnya, Wix.com. Wix.com hadir untuk menantang website builder lainnya. Mereka atau Wix.com menawarkan pengembangan website. Dari pengembangan website  yang sangat simpel untuk pengguna baru atau bahkan pengguna yang sudah terbiasa di dalam pengembangan website. Sampai dengan saat artikel ini di publish, Wix.com sudah digunakan lebih dari 125 juta pengguna di seluruh dunia. Menakjubkan bukan?

 

Ada ratusan template profesional dan berbeda dari yang lain di sini. Sama seperti website builder pada umumnya, Wix.com juga menawarkan beberapa aplikasi tambahan yang bisa Kalian gunakan untuk menjalankan website sesuai dengan kebutuhan Kalian sendiri, contohnya seperti toko online dan sosial media. Cukup menarik kan?

 

Baca Juga: Portable Truck Measurement System (PTMS)

 

Blogger.com

Penyedia Blog Gratis

Siapa sih yang tidak tau Blogger.com? Platform penyedia blog gratis ini tentu tidak asing lagi untuk Kalian. Blogger.com bahkan sudah ada sejak Admin sendiri masih SD! Tercatat platform ini sudah ada sejak tahun 2003 yang di kembangkan oleh Google melalui Pyra Labs. Pada umumnya blogger di akses menggunakan alamat dengan domain milik Blogger.com sendiri yaitu blogspot.com.

 

Blogger.com adalah salah satu platform yang sangat terkenal di dunia saat ini. Jaminan keamanan dan kemudahan yang di berikan karena terintegrasi dengan Google menjadi nilai plus yang di miliki oleh platform ini.

 

Pengembangan website pun cukup mudah menurut Admin. Navigasi yang di sediakan tidak terlalu membingungkan bagi Kalian yang bahkan sama sekali belum pernah mencobanya. Selain itu, ada fitur custom domain yang bisa Kalian gunakan untuk membuat website dengan menggunakan domain Kalian sendiri.

 

Postach.io

Penyedia Blog Gratis

Para pengembang Postach adalah orang yang ikut serta di dalam pengembangan aplikasi pencatatan seperti Evernote. Postach.io dengan jargonnya “easiest way to blog” menjadi salah satu platform penyedia blog gratis yang terintegrasi dengan beberapa aplikasi pencatatan online.

 

Salah satu fitur dari Postach adalah integrasi dengan Evernote. Jadi Kalian hanya cukup menghubungkan aplikasi catatan (Evernote) ke Postach.io dan kemudian check list catatan menjadi “Pusblised” sehingga bisa di akses oleh banyak orang. Kalian juga dapat melakukan beberapa penyesuaian seperti tema, penambahan dari website lain, komentar diskusi, dan opsi untuk menggunakan Dropbox sebagai pengganti untuk menyimpan konten. Sangat menarik yah?

 

Tumblr.com

Selanjutnya adalah Tumblr.com. Platform penyedia blog gratis ini beberapa waktu lalu sempat menuai kontroversi terkait dengan pemblokiran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di Indonesia. Tumblr terblokir karena di anggap menyebarkan konten yang melanggar undang-undang di Negara Kita. Pemblokiran Tumblr sudah terjadi sebanyak dua kali sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang. Namun saat ini sudah bisa di akses kembali.

 

Tumblr.com ternyata menjadi idola di beberapa penulis blog. Mereka menganggap bahwa platform ini memberikan visualisasi yang sangat menarik. Mulai dari konten seperti gambar, video, musik, dan beberapa lainnya dapat di tampilkan dengan sangat mudah, bahkan dari yang sudah sering membuat blog dan yang awam sekalipun.

 

Ghost.org

Apakah platform blog gratis ini tidak familiar di telinga Kalian? Benar sekali, Ghost.org merupakan platform blog gratis baru yang mungkin bisa bersaing dengan WordPress dan Blogger. Platform blog gratis yang di dirikan oleh John O’Nolan pada tahun 2013. Ghost.org merupakan open source blogging platform yang di tulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

 

Salah satu kelebihan platform blog gratis ini adalah navigasi yang mudah di pahami oleh blogger pemula sekalipun. Karena di buat dengan JavaScript, Ghost.org memiliki waktu akses yang relatif cepat. Seperti WordPress, Ghost juga memiliki dua layanan hosted dan non hosted. Jika Kalian ingin mencoba untuk pertama kalinya, bisa menggunakan versi hosted nya alias tidak berbayar.

 

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak website yang bisa menjadi referensi sarana untuk menyebarkan Blog special Kalian secara gratis dan mudah. Selain menawarkan kemudahan, mereka juga memberikan tampilan yang relatif menarik sehingga tidak membosankan bagi pengunjung untuk membaca artikel-artikel yang ada di dalamnya. Tidak hanya bisa bermain pada satu platform saja, Kalian juga bisa menggunakan beberapa platform sekaligus untuk menyebarkan blog yang ingin Kalian buat.

Sumber: www.niagahoster.co.id

 

Jangan lupa untuk mampir ke Website kita untuk menemukan informasi menarik lainnya yaa.

Mampir juga ke Instagram kita.