fbpx

3 Cara Buka Web yang Diblokir Mikrotik

3 Cara Buka Web yang Diblokir Mikrotik

Buka Web yang Diblokir Mikrotik – Metode memblokir web di mikrotik bisa di coba dengan memakai Firewall filter serta layer 7 protocol.

Nah saat ini gimana cara buka web yang di blokir Mikrotik? Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang jawaban dari persoalan tersebut.

Terdapat banyak alasan mengapa akases ke sesuatu web tertentu di blokir ataupun di larang buat di akses. Pemblokiran akses web ini sering kali di coba para pengelola jaringan dengan dalih beragam.

Sebagian besar pemblokiran di coba untuk melindungi user nya dari bermacam berbagai dampak negatif dari internet. Terdapat pula web yang di blokir buat melindungi user lain dari koneksi yang lemot akibat pemakaian bandwidth yang kelewatan oleh user yang lain.

Apapun sebabnya, tentu yang namanya pemblokiran itu tidak di sukai oleh netizen. Perihal ini pasti menimbulkan banyak kreatifitas buat berupaya membobol ataupun membuka blokir tersebut.

Ada beberapa metode ataupun cara untuk buka web yang diblokir Mikrotik. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas 3 saja yang sangat sering dan mudah digunakan, yaitu:

  1. VPN (Virtual Private Network)
  2. Proxy
  3. Private DNS

 

Dari ketiga cara buka blokir web tersebut bisa jadi terdapat yang belum sering kamu dengar. Nah, buat itu akan kita jelaskan satu persatu beserta dengan metode buat memakainya. Ayo kita bahas bersama.

 

Buka Web Yang Diblokir Mikrotik Memakai VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu tata cara buat membuat koneksi nyaman yang ter-enkripsi pada jaringan publik yang dapat di gunakan buat bermacam macam keperluan. Seperti untuk melakukan remote access ke jaringan lokal, ataupun hanya buat mengakses web yang di blokir.

Pada prinsipnya pemakaian VPN ini metode kerja nya secara universal dengan melakukan dial ke VPN Server memakai jaringan internet apa saja.

Sehabis terkoneksi ke Server VPN, firewall tidak dapat membaca kita akses kemana saja. Sehingga seluruh web yang di blokir dapat kita akses tanpa di temukan oleh firewall.

Terdapat bermacam berbagai VPN yang dapat kita pakai, seperti:

 

VPN Biasa Yang Memakai Tata Cara Dial Up

VPN tipe ini biasanya memakai protokol PPTP, SSTP, L2TP, IKEv2, dsb yang dapat di atur pada Sistem operasi tanpa terdapatnya aplikasi bonus. Lumayan memasukkan Alamat VPN Server, Username serta Password.

VPN ini umumnya di gunakan oleh industri buat melaksanakan remote access ke jaringan lokal industri mereka. Tetapi terdapat pula yang di gunakan oleh penyedia layanan VPN untuk mengakses web yang di blokir.

Untuk memperoleh akun VPN ini dapat berlangganan ke provider VPN ataupun membuat sendiri server VPN nya memakai Mikrotik.

 

VPN Yang Memakai Aplikasi Tambahan

VPN ini umumnya di sediakan oleh provider VPN yang pada biasanya berbayar. Sehingga kita wajib berlangganan VPN dahulu dari salah satu provider VPN setelah itu unduh aplikasi yang di sediakan baru setelah itu dapat di gunakan.

 

VPN Yang Memakai Website Browser

VPN tipe ini umumnya memakai ekstensi bonus pada website browser semacam Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.

Dengan memakai ekstensi website browser tersebut kita dapat mengakses VPN dengan gampang. Terdapat beberapa penyedia ekstensi VPN ini yang sediakan layanan VPN free, tetapi terdapat juga yang berbayar.

Buat memperoleh VPN ini silakan masuk ke menu ekstension pada browser kesayangan kamu, setelah itu cari extension VPN. Nanti akan muncul banyak extension VPN nya, seleksi saja yang review nya sangat bagus, setelah itu pasang extension nya.

 

Buka Web Yang Diblokir Mikrotik Memakai Proxy

Bisa jadi telah banyak dari kamu yang tau tentang Proxy ini. Ya, Proxy memanglah telah universal di gunakan buat membypass blokir web serta lumayan gampang dalam penggunaannya.

Tidak hanya itu, kita juga dapat dengan gampang mencari Proxy server yang free dengan mendatangi bermacam web penyedia list proxy free seperti www.freeproxylists.net ataupun situs yang lain, tinggal cari saja di google dengan keyword “gratis proxy list”.

Tetapi butuh di cermati dalam pencarian proxy kita wajib teliti dalam memfilter proxy yang akan di gunakan. Sebab bila asal ambil saja maka bisa jadi koneksi internet malah jadi lemot apalagi bisa saja tidak ingin konek buat browsing.

Perihal ini terjadi sebab proxy server gratisan ini banyak yang mengenakan, sehingga rawan lemot apalagi down ataupun mati server nya. Tidak hanya itu koneksi tiap – tiap proxy server pula berbeda – beda, terdapat yang cepat, terdapat juga yang lemot.

Pada sebagian penyedia proxy list free umumnya telah di beri perinci performa tiap – tiap proxy server. Pastikan pilih yang performa nya bagus, serta yang butuh di cermati pula merupakan pilihan yang dari negeri Indonesia ataupun negeri yang tidak sangat jauh dari Indonesia. Perihal ini cukup mempengaruhi pada kecepatan koneksinya nanti.

Buat memakai proxy server nya kita dapat memasang proxy nya di Website Browser ataupun di sistem operasinya. Lebih gampang kita pasang di website browser saja, sebab bila proxy nya lemot ataupun mati, koneksi internet Komputer / Laptop nya tidak turut mati. Cuma website browser nya saja yang tidak dapat konek.

Silakan masuk ke setingan Network pada Website Browser kesayangan Kamu, setelah itu seleksi Manual Proxy, Masukkan IP Address Proxy serta port nya. Baru setelah itu di coba buat akses kemana saja, bila koneksi lemot dapat coba ubah proxy yang lain.

 

Buka Web Yang Diblokir Mikrotik Memakai Private DNS

Private DNS merupakan DNS (Domain Name System) yang bersifat individu (private) sehingga di kala mengakses internet provider tidak dapat mengintip kita mengakses apa sebab telah terenkripsi.

Pada intinya, di kala kita mengaktifkan Private DNS ini otomatis web yang di blokir oleh Mikrotik apalagi oleh ISP sekalipun dapat di buka tanpa butuh memakai VPN ataupun Proxy.

Kita dapat merubah sendiri alamat DNS pada Website Browser maupun pada perangkat Android yang telah mempunyai minimun OS Android 9.

Buat memakai Private DNS pada website browser, kita dapat memakai Mozilla Firefox. Triknya dengan masuk ke setingan Network seperti pada setingan Proxy di atas. setelah itu scroll ke bawah akan terdapat opsi Enable DNS over HTTPS, centang opsi tersebut. Seleksi Provider DNS nya memakai Cloudflare.

Saat ini coba buka seluruh web yang di blokir, seharusnya telah bisa di akses semua. Pemakaian private DNS ini lebih gampang dan cepat daripada memakai VPN ataupun proxy. Kecepatan Internet juga tidak tersendat, sehinga senantiasa dapat mudah browsing.

Seperti itu 3 Metode Buka Web yang Di blokir Mikrotik yang dapat kamu coba terapkan buat membuka blokir situs – situs tertentu. Kita rekomendasikan buat memakai Private DNS sebab lebih sederhana, cepat dan tidak butuh install aplikasi bonus lagi.

Silakan di coba serta mudah – mudahan tutorial Mikrotik Indonesia ini berguna.

 

sumber

tutorialmikrotik.com